Yuk Ketahui 30 Under 30 Indonesia yang Inspiratif

30 Under 30 Indonesia

Apakah Anda tahu apa itu 30 under 30 Indonesia? Forbes 30 under 30 ini merupakan serangkaian daftar yang diumumkan setiap tahunnya di sebuah majalah dengan berisi beberapa tokoh. Daftar tokoh yang ada pada majalah merupakan tokoh-tokoh inspiratif dari beberapa negara, salah satunya Indonesia.

Perlu diketahui juga bahwa forbes 30 under 30 ini adalah daftar yang dirilis setiap tahunnya. 30 under 30 berisi hampir 600 orang berusia di bawah 30 tahun dengan pencapaian atau karier yang berdampak pada 10 industri dunia.

Industri yang terdaftar meliputi hiburan, olahraga, keuangan, teknologi, pemasaran, dan industri-industri lainnya. Di Indonesia sendiri ada beberapa anak muda yang masuk ke dalam daftar forbes 30 under 30 asia 2023 ini. Mereka masuk ke dalam beberapa bidang sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

10 Daftar Forbes 30 Under 30 Indonesia yang Inspiratif

Ada beberapa anak muda di Indonesia yang namanya sudah berhasil terdaftar pada forbes 30 under 30 ini. Mereka tersebar ke dalam beberapa kategori yang telah disesuaikan dengan industri yang dikuasainya. Berikut 10 tokoh forbes 30 under 30:

  • Alwyn Rusli

Tokoh asal Indonesia yang berhasil masuk ke dalam forbes 30 under 30 ialah Alwyn Rusli. Ia telah mendukung lebih dari sepuluh perusahaan pada tahap awal dan dana VC. Rusli ikut dalam mendirikan sebuah perusahaan komersial dan proyek industri di Indonesia.

  • Giovanni Wilson

Giovanni Wilson merupakan anak muda yang sukses dalam bidang fintech, media, logistic, dan agritech. Ia juga terlibat dalam investasi beberapa perusahaan startup.

  • Mirsa Sadikin

Dalam bidang manajemen, Anda akan mengenal Mirsa Sadikin yang bisa menyederhanakan manajemen logistik sebuah perusahaan. Pihak dari Sadikin juga mulai bekerja sama dengan beberapa perusahaan ternama yang ada di Indonesia.

  • Andre Septiano

Andre merupakan tokoh pendiri dan CFO sebuah perusahaan logistik. Perusahaan yang ia pegang sudah menjalankan lebih dari 40 gudang rantai di 22 kota yang ada di Indonesia.

  • Bayu Anggara

Siapa yang tidak mengenal Anggara? Bayu Anggara salah satu pendiri perusahaan dan menjadi CEO FishLog. Ia juga membuat pasar B2B untuk menghubungkan perikanan rantai dingin yang ada di Indonesia.

  • Febi Ifdillah

Febi Ifdillah telah meluncurkan elevarm pada tahun lalu sebagai aplikasi yang membantu petani di Indonesia. Di dalam aplikasi tersebut petani bisa mengidentifikasi suatu penyakit tanaman dan cara penanganannya dengan lengkap.

  • Clara Carina Lukito

Lukito dan rekannya bersama-sama mendirikan perusahaan Little Joy Indonesia pada Desember 2021. Perusahaan ini bekerja untuk mengatasi stunting tingkat tinggi di kalangan anak-anak Indonesia.

  • Clinton Augusto Kartawijaya

Clinton membuka kariernya mulai dari menjual bubuk protein impor. Setelah itu, ia dan rekannya memutuskan untuk membangun perusahaan produk mereka sendiri dan menawarkan tawarkan di pasar Indonesia.

  • Tiffany Danielle

Tokoh yang satu ini merupakan salah satu pendiri kosmetik dan perawatan kulit yang berada di Jakarta. Dari awal, Tiffany terlibat dalam pengembangan dan pemasaran produk yang dikeluarkannya.

  • Eko Pujianto

Eko Pujianto merupakan salah satu tokoh yang mengepalai salah satu perusahaan di Indonesia. Ia mengelola merek waralaba, termasuk ke dalam jaringan kebab. Ia juga bekerja sama dengan lebih dari 900 mitra.

Masih banyak lagi beberapa anak muda Indonesia yang masuk ke dalam daftar forbes ini. Bisa saja selanjutnya nama Anda yang menjadi salah satu anak muda terdaftar dalam nominasi 30 under 30 Indonesia ini. Sebelum memasuki usia 30 tahun, Anda masih bisa mengejar hal tersebut agar bisa masuk ke dalam nominasi forbes.

4 Cara untuk Masuk 30 Under 30 Indonesia

Dengan adanya forbes 30 under 30 world ini, beberapa anak muda di beberapa negara berlomba-lomba untuk bisa masuk ke dalamnya. Tentunya tidak mudah untuk bisa masuk ke dalam 30 under 30 ini. Berikut cara untuk masuk ke dalam nominasi 30 under 30:

  • Nominasi

Cara pertama yang bisa diikuti untuk bisa masuk forbes 30 under 30 ialah dengan mengikuti nominasi yang ada. Melalui laman resminya, forbes menjelaskan bahwa siapa saja dapat menominasikan orang-orang ke dalam daftar prestisius.

Nominasi menjadi salah satu cara yang forbes lakukan untuk menyeleksi pendaftar untuk masuk ke dalam 30 under 30. Anda dapat menominasikan diri Anda sendiri atau orang lain yang cukup berpengaruh untuk bisa masuk ke dalam forbes.

  • Penjurian

Ketika semua nominasi telah masuk, cara selanjutnya yaitu masuk ke tahap penjurian. Forbes memiliki tim yang terdiri dari beberapa ahli di bidangnya masing-masing. Penjurian ini akan dinilai berdasarkan beberapa faktor, seperti pendapatan, pendanaan, potensi, dan faktor lainnya.

Beberapa faktor yang dinilai tentunya akan berpengaruh pada kelolosan peserta yang masuk ke dalam nominasi. Selain itu, daftar nominasi nantikan akan dibagikan kepada beberapa juri dari setiap kategori dan akan memilih 30 nama yang masuk ke dalam daftar.

  • Daftar Forbes

Setelah melakukan penjurian, forbes nantinya akan memegang nama-nama yang berhasil diseleksi dari sekian banyaknya nama. Setelah itu, forbes akan mengumumkan beberapa nama yang berhasil masuk ke dalam 30 under 30 Indonesia.

Biasanya untuk nominasi-nominasi yang masuk akan digabung dari beberapa negara di berbagai benua. Misalnya di Amerika Utara, ada sekitar 600 nama yang sudah tercantum ke dalam nominasi. Lalu di benua Eropa dan Asia sebanyak 300 nama dalam 10 kategori.

  • Ketentuan

Tahukah Anda bahwa nama-nama yang masuk ke dalam nominasi tergolong muda? Salah satu ketentuan yang harus diikuti oleh peserta nominasi yaitu berumur di bawah 30 tahun. Biasanya pendaftar lebih banyak berusia 29 tahun atau lebih muda dari itu.

Sebelum memasukkan nama ke dalam nominasi, beberapa peserta harus mengikuti persyaratan yang ada. Selain itu, selalu pastikan tenggat waktu pengiriman yang berbeda-beda di setiap negaranya.

Jika ada beberapa hal yang sudah Anda kuasai, Anda bisa mendaftarkan nama Anda ke dalam nominasi forbes Indonesia. Anda dapat memilih kategori yang pas dan sesuai dengan apa yang sudah dijalankan selama ini. Jangan lupa untuk menyiapkan berkas-berkas lain yang dibutuhkan saat pendaftaran.

Ketika Anda memutuskan untuk menjadi seorang pebisnis, Anda sebaiknya bukan hanya terobsesi untuk masuk ke dalam daftar 30 under 30 Indonesia. Akan tetapi penting juga bagi Anda untuk mempersiapkan perlindungan termasuk perlindungan untuk kendaraan kesayangan Anda.

Anda bisa menyiapkan sebuah asuransi mobil untuk mendapatkan ketenangan dan kenyamanan saat berkendara. Ketika Anda memiliki mobil kesayangan, tentu akan sangat takut jika mengalami kerusakan atau hilang. Namun dengan Asuransi mobil, Anda akan lebih tenang.

Kunjungi website cekpremi.com untuk melihat informasi atau perbandingan mengenai asuransi terbaik di Indonesia. Pastikan Anda menyiapkan sebuah asuransi mobil untuk mendapatkan perlindungan dan keamanan saat berkendara. Kini Anda sudah tahu tentang 30 under 30 Indonesia, dan bagaimana cara untuk melindungi mobil kesayangan.

Referensi

Kompas

Bisnis

The Asia Parent