8 Fitur Mobil yang Paling Dicari di Tahun 2024

fitur mobil

Mobil yang merupakan alat transportasi kini semakin berkembang lebih canggih. Tidak hanya bisa memudahkan mobilitas, mobil saat ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur terkini yang memanjakan penggunanya. Ada beberapa fitur mobil yang paling dicari di tahun 2024 ini karena dianggap menjadikan pengalaman naik mobil lebih sempurna.

Fitur canggih yang terdapat di mobil keluaran terbaru umumnya merupakan fitur yang mendukung keselamatan. Fitur-fitur keselamatan tersebut diciptakan untuk mengurangi risiko kecelakaan pengguna mobil. Selain itu, fitur terbaru pada mobil juga berkaitan dengan kebutuhan penggunanya.

Daftar Fitur Mobil yang Paling Dicari di Tahun 2024

Close-up of man driving car

Produsen mobil dari berbagai negara terus melakukan inovasi dengan menghadirkan fitur-fitur berteknologi canggih. Hal tersebut bertujuan untuk menarik perhatian pasar agar mencapai penjualan yang tinggi. Bagi Anda yang sedang mencari mobil baru tahun ini, ketahui fitur mobil yang paling dicari di tahun 2024 berikut ini.

1. Advance Driver Assistance System (ADAS)

Advance Driver Assistance System (ADAS) merupakan teknologi terbaru yang dapat ditemukan di mobil-mobil canggih. Teknologi ini dirancang untuk mengurangi kemungkinan kecelakaan akibat kesalahan manusia saat mengemudi.

ADAS memanfaatkan teknologi automasi, seperti sensor, kamera, dan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk mengenali secara real time obyek atau kesalahan pengemudi yang mungkin berbahaya. Setelah terdeteksi, ADAS bisa merespons seperti dengan cara memperlambat laju kendaraan, menjaga jarak aman, mengoreksi arah kemudi untuk kembali ke jalur yang aman, menyesuaikan besarnya gaya pengereman, dan lain-lain.

Meski termasuk fitur mobil yang paling dicari di tahun 2024, ADAS tidak dapat dianggap sebagai sistem autonomous atau autopilot. Teknologi ini hanya berfungsi sebagai sistem bantuan untuk pengemudi. ADAS tidak dapat menggantikan kemudi kendaraan secara otomatis, tetapi memberikan peringatan bahaya. Salah satu contoh mobil yang sudah memiliki fitur ini adalah Wuling Almaz RS Pro.

2. Autopilot

Autopilot merupakan salah satu fitur mobil yang paling dicari di tahun 2024. Fitur ini bisa ditemukan di mobil-mobil Tesla. Teknologi autopilot ini merupakan sistem bantuan pengemudi untuk meningkatkan keamanan serta kenyamanan pengemudi. Sistem ini dilengkapi dengan serangkaian kamera, radar, sistem pengereman, yang dapat dikendalikan secara digital dan presisi tinggi, serta sensor ultrasonik.

Dengan beragam perangkat tersebut, mobil bisa mendeteksi lalu lintas, marka jalur, dan hal lain yang mungkin ada di depan kendaraan. Informasi yang didapatkan oleh sistem kemudian akan digunakan untuk mendukung operasi otomatis kendaraan.

3. Internet of Vehicle

Fitur mobil yang paling dicari di tahun 2024 berikutnya adalah Internet of Vehicle (IoV). Salah satu mobil yang sudah memiliki fitur ini adalah Wuling Air EV. Fitur IoV memungkinkan adanya koneksi antara smartphone dengan mobil.

Produsen mobil biasanya akan menyediakan aplikasi digital yang terhubung dengan mobil. Pemilik mobil bisa memberikan berbagai kendali pada mobil melalui smartphone-nya. Beberapa hal yang bisa dikendalikan menggunakan fitur modern ini antara lain memantau lokasi mobil, memutar musik online, membuka dan menutup pintu, menyalakan mesin, dan lain-lain.

4. Voice Command

Voice command adalah teknologi perintah suara dan termasuk fitur mobil yang paling dicari di tahun 2024 karena kecanggihannya. Beberapa mobil yang sudah dilengkapi fitur ini adalan Wuling Almaz dan Wuling Air EV.

Fitur Voice Command memungkinkan pengemudi untuk berinteraksi dengan sistem kendaraan dengan menggunakan perintah suara. Melalui fitur ini, pengemudi dapat melakukan kontrol pada berbagai fitur dan fungsi yang ada di dalam mobil tanpa harus menggunakan tangan untuk menekan atau menyentuh tombol. Misalnya, AC bisa menyala hanya dengan mengucapkan perintah saja.

5. 360 Degree Camera

36 Degree Camera merupakan fitur mobil yang paling dicari di tahun 2024 yang sudah bisa dijumpai di berbagai merek mobil, seperti Toyota Veloz, Daihatsu Terios, dan masih banyak lagi. Teknologi 360 Degree Camera merupakan sistem pengawasan visual dengan menggunakan beberapa kamera yang ditempatkan di berbagai posisi di sekitar kendaraan.

Fitur 360 Degree Camera berfungsi memberikan pandangan secara menyeluruh dan real time mengenai kondisi di sekitar mobil. Dengan adanya kamera ini, pengemudi dapat melihat tampilan di sekitar mobil, termasuk area yang sulit dijangkau oleh kaca spion. Fitur ini berguna untuk mencegah benturan dengan objek di sekeliling mobil.

6. Wireless Charger

Berbicara tentang fitur mobil yang paling dicari di tahun 2024, teknologi yang satu ini tentu tidak boleh dilupakan. Wireless Charger adalah teknologi modern yang sudah banyak ditanamkan di mobil-mobil terbaru, salah satunya Suzuki Grand Vitara.

Wireless Charger memungkinkan pengisian daya ponsel tanpa perlu menghubungkannya dengan kabel USB. Biasanya, fitur ini dirancang dengan menggunakan teknologi Qi nirkabel yang merupakan standar umum untuk pengisian baterai ponsel. Dengan fitur ini, pengemudi atau penumpang bisa mengisi daya ponsel hanya dengan meletakkannya di area khusus yang sudah disediakan.

7. Parking Assist

Parking Assist adalah fitur modern yang dirancang untuk membantu pengemudi dalam memarkirkan mobil dengan lebih mudah dan akurat. Teknologi ini menggunakan sensor untuk mendeteksi objek di sekitar mobil serta memanfaatkan kamera mundur untuk memberikan pandangan belakang secara lebih jelas. Salah satu mobil yang sudah dilengkapi dengan fitur ini adalah Toyota Alphard.

Dengan adanya fitur Parking Assist, pengemudi bisa memilih posisi yang aman untuk memarkir mobilnya. Pengemudi juga tidak perlu takut akan berbenturan dengan obyek lain di dekat mobil yang bisa menyebabkan kerusakan.

8. Remote Engine Start

Sudah banyak mobil yang dilengkapi dengan remote, namun hanya berfungsi untuk membuka dan menutup tombol kunci. Teknologi remote itu sudah berkembang menjadi Remote Engine Start yang kini bisa dilengkapi tombol tambahan untuk menyalakan mesin.

Untuk mengoperasikannya, cukup tahan tombol selama beberapa saat dan mobil serta AC akan menyala. Mobil akan tetap dalam keadaan terkunci, kecuali kuncinya dibawa mendekat ke mobil. Fitur ini paling banyak ditemukan pada mobil dengan transmisi otomatis, seperti All New Honda City.

Fitur mobil yang paling banyak dicari di tahun 2024 akan terus dikembangkan untuk kemudahan berkendara di masa mendatang. Jika berkendara sudah begitu mudah dan nyaman, jangan lupa memastikan keamanan dengan memiliki asuransi mobil. Dapatkan informasi tentang rekomendasi asuransi terbaik di Cekpremi Asuransi Mobil.

Referensi:

IDN Times