9 Gerakan Olahraga di Rumah yang Cepat Menurunkan Berat Badan

olahraga yang cepat menurunkan berat badan di rumah

Memiliki berat badan ideal adalah merupakan tujuan setiap orang yang melakukan diet. Berat badan yang ideal juga memberikan manfaat kesehatan, membuat tubuh terasa segar dan ringan sehingga memudahkan dalam beraktivitas. Diet yang sukses tentu tidak hanya dengan menjaga asupan makanan, tetapi juga diimbangi dengan olahraga yang rutin. Ada beberapa olahraga yang cepat menurunkan berat badan di rumah yang bisa Anda lakukan.

Ya, Anda tidak harus pergi ke tempat gym untuk melakukan olahraga sehingga diet Anda menjadi efektif. Selain menghemat waktu, olahraga di rumah juga bisa Anda lakukan kapan saja sesuai dengan kenyamanan dan kebutuhan Anda. Diet yang disertai olahraga rutin bisa memperbaiki mood, memperkuat tulang, dan mengurangi berbagai risiko penyakit kronis.

banner health article4

Olahraga di Rumah yangt-badan-di-rumah/ Cepat Menurunkan Berat Badan

Ada berbagai macam gerakan olahraga sederhana namun efektif membakar lemak. Gerakan tersebut juga tergolong ringan karena dapat Anda lakukan tanpa bantuan alat olahraga. Apa saja itu? Ini dia pilihannya:

1. Burpee

olahraga burpee

Burpee adalah olahraga seluruh tubuh yang intens dimana dapat membakar banyak kalori. Burpee sendiri bermanfaat untuk menguatkan otot terutama otot lengan dan paha, menjaga kesehatan jantung, mengurangi lemak, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Lakukan gerakan burpee selama 30 detik.

Langkah-langkah melakukan Burpee:

  • Pada posisi berdiri, tekuk lutut ke posisi squat dan letakkan tangan di tanah atau lantai di depanmu.
  • Tendang kaki ke belakang hingga berada pada posisi push up, kemudian turunkan dada ke tanah atau lantai.
  • Lompat kembali ke posisi squat.
  • Berdiri kembali.

2. Froggers

froggers Exercise

Froggers alias plank to squat adalah gerakan lompat katak. Mulai dengan posisi plank, kemudian lompat hingga kaki sejajar dengan tangan, lalu kembali ke posisi plank. Ulangi hingga 12 kali.

See also Info Tes Alergi di Jakarta: Manfaat, Prosedur, dan Biaya

3. Leg Movement in Plank Position

olahraga yang cepat menurunkan berat badan di rumah plank

Gerakan olahraga plank adalah jenis latihan yang fokus utamanya menyasar bagian perut dan inti tubuh. Latihan ini membutuhkan koneksi antara pikiran dan otot untuk menahan tubuh. Cara melakukan leg movement in plank position adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama, lakukan gerakan plank
  • Gerakkan kaki ke kanan dan ke kiri
  • Lakukan gerakan yang sama hingga 12 kali secara rutin selama 1 minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal

4. Lunge

olahraga yang cepat menurunkan berat badan di rumah workout lunge

Lunge merupakan gerakan olahraga untuk melatih otot paha dan bokong. Cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  • Arahkan pijakan kaki ke sudut 90 derajat sementara lutut belakang hampir menyentuh tanah.
  • Setelah itu, ulangi gerakan itu untuk kaki kiri dan kanan sebanyak 10-12 kali.

Beberapa orang mungkin merasakan resistensi yang kuat selama melakukan gerakan ini, karena membutuhkan keseimbangan dan melibatkan banyak otot kaki.

5. Crunches

Crunches

Crunches terkadang dipandang sebagai sit-up yang lebih ringan. Namun, ini tidak benar karena Anda dapat melakukan lebih banyak repetisi dan melibatkan lebih banyak otot inti.

Untuk melakukan crunch, berbaring telentang dan mulai gerakan sit up. Pada saat yang sama, angkat lutut Anda untuk bertemu di titik tengah. Pastikan Anda menarik napas dalam-dalam dan hembuskan untuk daya tahan. Lakukan repetisi sebanyak mungkin.

6. Mountain Climbers

Mountain Climbers workout

Gerakan ini bekerja sangat baik pada perut dan paha Anda. Latihan olahraga ini juga meningkatkan detak jantung Anda. Letakkan kedua telapak tangan di lantai. Begitu juga ujung kaki bertumpu di lantai.

Saat dalam posisi tersebut, angkat satu kaki dalam posisi mendorong ke atas, lalu tarik lutut ke dada atau siku. Lakukan gerakan ini berulang-ulang sampai Anda tidak bisa melakukannya lagi.

See also Kenali Tahapan Dan Penyebab Penyakit Herpes Sebelum Terlambat!

7. Leg Raises

leg raises

Gerakan olahraga yang satu ini juga cukup efektif untuk membantu menurunkan berat badan. Dengan catatan, Anda melakukannya secara benar dan rutin.

  • Berbaring di tangga dengan kaki lurus.
  • Angkat kaki Anda bersama-sama sambil menjaga punggung tetap rata dan perut Anda didorong ke bawah.
  • Begitu kaki berada pada sudut 90 derajat ke tubuh Anda, turunkan dengan hati-hati kembali ke posisi awal.

8. Yoga

olahraga yang cepat menurunkan berat badan di rumah

Meskipun tidak sering dianggap sebagai latihan penurunan berat badan, ini membakar cukup banyak kalori dan menawarkan banyak manfaat kesehatan tambahan yang dapat meningkatkan penurunan berat badan.

Menurut penelitian, seseorang dengan berat 155 pon (70 kg) membakar sekitar 149 kalori per 30 menit melalui yoga.

Studi lainnya menunjukkan bahwa 12 pada 60 wanita dengan obesitas menemukan bahwa mereka yang berpartisipasi dalam dua sesi yoga 90 menit per minggu mengalami pengurangan lingkar pinggang yang lebih besar daripada mereka yang berada di kelompok kontrol – rata-rata 1,5 inci (3,8 cm).

Selain itu, kelompok yoga mengalami peningkatan kesejahteraan mental dan fisik.

Sebagian besar pusat kebugaran menawarkan kelas yoga. Namun, Anda dapat berlatih yoga di mana saja termasuk di rumah karena ada banyak sekali tutorial yoga online.

9. Jogging

olahraga yang cepat menurunkan berat badan di rumah

Jenis olahraga di rumah lainnya yang bisa membantu menurunkan berat badan secara cepat adalahjogging.Banyak penelitian yang sudah membuktikan manfaatjoggingdalam membakar kalori hingga berdampak pada menurunnya berat badan.

Tidak hanya itu, melakukan olahragajoggingsecara rutin juga bermanfaat untuk memperkuat otot-otot lengan, bahu, dan kaki, serta membantu meredakan stres. Anda bisa melakukanjoggingsetiap hari dengan mengelilingi halaman rumah atau wilayah di sekitar tempat tinggal.

See also 12 Jenis Serangga Paling Berbahaya bagi Manusia

Nah, itu tadi 8 gerakan olahraga yang cepat menurunkan berat badan di rumah dan tentu bisa Anda lakukan kapan saja tanpa alat olahraga. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan olahraga secara rutin, ya dan imbangi dengan pola makan yang baik.

Selain itu, penting untuk memiliki kualitas tidur yang baik karena istirahat yang cukup akan membantu kesuksesan diet Anda. Selamat mencoba!

Proteksi Kesehatan Terbaik dari Asuransi Kesehatan Terbaik


banner File 20210701131250

Biaya perawatan rumah sakit kerap membuat Anda pusing, bukan? Dengan menggunakan asuransi kesehatan terbaik, dapatkan jaminan pertanggungan biaya perawatan di rumah sakit sesuai tagihan! Temukan asuransi kesehatan pilihan Anda diCekpremi.comsekarang juga dan nikmati promo menarik untuk premi yang lebih terjangkau.