Memahami Lebih Jauh Besaran Premi Asuransi Kesehatan

Premi Asuransi Kesehatan

Pada zaman modern ini, sepertinya sudah sedikit orang yang tidak mengetahui istilah premi asuransi kesehatan. Kebanyakan dari masyarakat yang sudah mengetahui tentang asuransi tentu akrab dengan istilah premi. Sekarang ini, pemakaian asuransi sangatlah penting karena pemakaian asuransi merupakan bentuk proteksi terhadap kehidupan setiap individu. Namun apa sebenarnya pengertian dari asuransi dan premi asuransi kesehatan itu? Simak artikel berikut untuk mengenal lebih dalam terkait kedua hal tersebut.

Pengertian Asuransi

Asuransi merupakan perjanjian antara dua pihak, pihak yang membayar premi dengan pemberi jaminan. Asuransi menjadi solusi bagi Anda dalam menghadapi kemungkinan terjadinya resiko di masa mendatang. Mudahnya, asuransi adalah peralihan resiko dari nda kepada perusahaan asuransi.

Apabila Anda ingin mengambil asuransi, ada premi yang harus Anda bayar. Lalu, apa sih premi itu? Tentunya sebelum Anda mengambil asuransi, terlebih dahulu pahami apa itu premi. Yuk simak penjelasan berikut.

asuransi kesehatan

Apa itu Premi Asuransi Kesehatan?

Secara umum, asuransi dapat didefinisikan sebagai hadiah atau sesuatu yang harus dibayarkan ekstra sebagai pendorong. Premi juga bisa diartikan sebagai deposit yang dipersiapkan untuk kemudian hari. Hal tersebut dipersiapkan bilamana suatu hari terjadi hal-hal yang tidak Anda inginkan. Mudahnya, premi merupakan biaya yang wajib dibayar oleh nasabah pemegang polis asuransi. Hal tersebut dibayarkan sesuai dengan jumlah dan waktu yang telah ditentukan.

Biasanya, uang premi dibayar setiap bulan. Lalu, apakah uang premi bisa dikembalikan? Seumpama Anda tidak membutuhkan asuransi lagi atau ingin memberhentikan kepemilikan sebelum masa habis kontrak, bagaimana ya? Jawabannya tentu Anda akan tetap menerima pengembalian, sejumlah yang telah disepakati. Umumnya, premi tidak bisa dikembalikan 100%. Karena, asuransi bukanlah investasi melainkan proteksi.

Dua Tips yang Memudahkanmu dalam Mengambil Asuransi

Setelah Anda memahami pengertian premis, perlu juga mengetahui tips menentukan asuransi. Hal ini perlu dilakukan, agar asuransi kesehatan yang Anda ambil efektif. Berikut dua tips dalam mengambil asuransi kesehatan.

1. Kenali Resikomu

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum mengambil asuransi adalah mengenal resiko yang mungkin terjadi. Anda dapat memahaminya melalui gaya hidupmu. Apakah Anda orang yang suka berolahraga? Seseorang yang menyukai makanan healthy atau junk food? Apakah Anda orang yang safety dalam berkendara? Atau orang yang bekerja di indoor ataupun outdoor?

Hal-hal tersebut yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu. Setelah itu, Anda akan mengetahui resiko apa yang sekiranya akan Anda alami. Itu diambil berdasarkan gaya hidupmu setiap hari. Lalu, Anda akan mengetahui asuransi kesehatan seperti apa yang sesuai dengan resikomu.

2. Kenali Riwayat Kesehatanmu

Melihat riwayat kesehatan juga sangat perlu diperhatikan. Lihatlah apakah Anda berasal dari genetik keluarga yang memiliki suatu penyakit. Jika iya, maka hal tersebut bisa menjadi acuan Anda dalam mengambil asuransi kesehatan.

Mengapa demikian? Karena, menurut WHO 80% keluarga yang memiliki riwayat penyakit buruk, pasti akan diturunkan pada generasi selanjutnya. Oleh karena itu, Anda patut mengetahui riwayat penyakit dalam keluargamu.

Nah, itu dia dua tips yang perlu Anda pahami sebelum mengambil asuransi. Dalam menentukan asuransi jangan terburu-buru. Agar Anda bisa mendapatkan asuransi kesehatan yang sesuai.

Cara Menentukan Besaran Premi yang Tepat

Perlu ditegaskan kembali, dalam memilih asuransi tidak boleh terburu-buru. Semuanya harus diperhitungkan, agar nantinya tidak akan ada penyesalan. Berikut cara-cara menentukan besaran premi.

1. Ketahui Besaran Budget Pengeluaranmu

Cara agar Anda mendapatkan besaran premi yang pas adalah dengan mengetahui budget pengeluaranmu. Berapa biaya yang perlu Anda keluarkan untuk memenuhi kehidupanmu dalam satu hari. Setelah itu, baru Anda bisa menentukan besaran premi yang Anda keluarkan.

Idealnya, Anda mengeluarkan biaya 10% dari pendapatan untuk membayar asuransi kesehatan. Misalnya, ketika Anda mendapatkan gaji sebesar Rp 5.000.000,00 maka Rp 500.000,00 yang Anda bayarkan. Anda boleh mencari asuransi yang preminya kurang dari 10% pendapat, namun jangan lebih. Hal tersebut dikarenakan agar tidak mengganggu kebutuhan yang lain.

2. Mengetahui Resiko Kesehatan

Cara selanjutnya, dengan mengetahui resiko kesehatan Anda. Sekiranya resiko apa yang akan Anda peroleh di kemudian hari. Hal tersebut dilihat berdasarkan dari gaya hidup yang Anda alami.

Dari penjelasan di atas, lalu bagaimana cara menghitung premi yang tepat?

Jawabannya adalah dengan mendatangi agen asuransi terpercaya. Mereka akan menghitung berapa premi yang harus Anda bayarkan berdasarkan pendapatan, usia, resiko penyakit serta gender. Dengan begitu, Anda hanya perlu menandatangani kesepakatan serta membayar premi setiap bulannya.

Namun, jika Anda merasa tidak percaya dengan agen asuransi Anda bisa mencari informasinya melalui internet. Tentunya melakukan hal tersebut akan lebih merepotkan.

Dalam asuransi kesehatan, tentunya Anda bisa mengupgrade produk asuransi. Kapan waktu yang tepat untuk melakukan hal tersebut? Tentunya, hal tersebut dilakukan ketika Anda memiliki uang lebih dan produk asuransi masih relevan.

Bagaimana Anda tertarik menggunakan asuransi kesehatan? Masih bingung ingin memilih asuransi kesehatan swasta apa?

asuransi kesehatan

Tidak perlu ragu, yuk kunjungi Cekpremi. Dapatkan asuransi kesehatan di Cekpremi sesuai dengan kebutuhanmu.

Pertanyaan Seputar Premi Asuransi Kesehatan

Banyak yang masih bertanya-tanya perihal premi asuransi kesehatan. Berikut pertanyaan yang sering dipertanyakan.

[sc_fs_multi_faq headline-0=”h6″ question-0=”Apa itu premi asuransi kesehatan?” answer-0=”Premi asuransi kesehatan adalah biaya yang harus dibayar nasabah yang terdaftar sebagai peserta asuransi kepada perusahaan asuransi.” image-0=”” headline-1=”h6″ question-1=”Apa saja premi asuransi?” answer-1=”Terdapat banyak premi asuransi yakni premi asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi kecelakaan diri, asuransi kendaraan, asuransi perjalanan dan asuransi properti.” image-1=”” count=”2″ html=”true” css_class=””]