Tips Merawat Fan Belt Mobil agar Awet dan Tidak Bising

fan belt mobil

Jika perangkat mobil tidak dirawat dengan berkala maka usia pemakaiannya pun juga akan lebih pendek. Begitu pun dengan fan belt mobil. Perangkat berupa karet tahan panas ini mempunyai peran yang sangat vital pada mobil. Fan belt berfungsi untuk menggerakkan atau menghubungkan beberapa komponen di mesin. Mulai dari alternator atau dinamo ampere, water pump, hingga kompresor AC pada mobil.

asuransi mobil

Penyebab Fan Belt Mobil Bunyi

Ada beberapa penyebab kenapafan beltmobil berbunyi bising seperti decitan.

  1. Tali kipas sudah getas atau sudah rapuh. Jika karetfan beltelastisitasnya sudah berkurang atau getas maka saat berputar dan bertemupulleyakan mengeluarkan bunyi.
  2. Fan beltmobil bunyi jika tali kipas tahan panas ini kering. Karenafan beltkering, membuat karetfan belttidak dapat memutar dengan sempurna. Dampaknya, putarannya mengeluarkan bunyi decitan.
  3. Adanya masalah pada pulley. Seperti kotoran menempel padapulley, kotor, terciprat air atau juga kering. Kondisi ini membuat kinerja pulley cukup berat yang membuat karetfan belttidak bisa menggerakkan pulley dengan sempurna.

Cara Merawat Fan BeltMobil

fan belt mobil

  • Melakukan Pengecekan Secara Rutin

Cara paling mudah untuk mendeteksi kerusakan pada fan belt adalah dengan melakukan pengecekan berkala. fan belt yang rusak biasanya memiliki permukaan retak dan jika diraba akan terasa tipis.

  • Bersihkan Fan Belt dan Pulley

Cara mengatasi fan belt mobil bunyi salah satunya dengan membersihkanfan beltdan pulley. Kotoran yang menempel pada komponan ini bisa menjadi salah satu penyebab munculnya bunyi decitan. Ketika membersihkanfan beltdanpulley, lepaskan terlebih dahulu semuapulleyyang berhubungan dengan tali kipas. Tujuannya, untuk memastikan benar-benar bersih.

  • Cek Kekencangan Fan Belt
See also Filter Bensin Motor: Cara Perawatan dan Cara Menggantinya

Penyetelan fan belt tentu harus dilakukan dengan tepat. Kamu harus memastikan kekencangannya. Kika dipasang terlalu kencang, maka bisa membuat fan belt menjadi cepat rusak. Sebaliknya, jika dipasang kendur maka fan belt tidak akan berfungsi secara efektif.

  • Melumasi Fan Belt

Perawatan selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan pelumas khusus fan belt. Dengan melumasinya secara rutin, maka akan mengembalikan efek fleksibilitas atau kelenturannya sehingga tidak cepat aus.

  • Servis Secara Berkala

Melakukan servis mobil secara berkala juga mencegah masalahfan beltmobil bunyi. Dalam kondisi normal, penggantian fan belt dianjurkan setiap jarak tempuh sudah mencapai 40.000 km. Namun, bila di bawah jarak tempuh tersebut sudah ditemukan kerusakan, maka segera lakukan penggantian. Gunakan hanya suku cadang yang asli agar tidak menimbulkan kerusakan lain.

Lindungi mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil. Contoh asuransi yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Asuransi Simas Insurtech dan Mega Insurance.

Asuransi Simas Insurtech menyediakan dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive (all risk). Bengkel rekanannya sudah mencapai 584 bengkel. Hal ini akan memudahkanmu untuk melakukan perbaikan. Premi TLO mulai dari Rp35.000 perbulan. Untuk premi all risk mulai dari RP175.000 perbulan. Batas usia kendaraannya juga cukup lama. Untuk jaminan gabungan (Comprehensive) sampai dengan usia 10 tahun, sedangkan untuk jaminan Total Loss Only ( TLO ) bisa sampai dengan usia 20 tahun.

Mega Insurance menyediakan dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan comprehensive. Pilihan perluasan asuransi comprehensive-nya juga cukup banyak di antaranya; RSCC & TS (kerusuhan, pemogokan, sabotase), act of God (bencana alam), TJH, Kecelakaan diri pengemudi dan/atau penumpang. Proses klaimnya juga mudah karena ada aplikasi Mega Insurance Assistant.

See also Angin Nitrogen, Kelebihan untuk Ban Mobilmu

Untuk mendapatkan pilihan asuransi terbaikmu, kamu bisa mengunjungi Cekpremi. Layanan ini menyediakan asuransi mobil yang sesuai untukmu. Pilih produknya dan dapatkan cashback dalam jumlah menarik.

asuransi mobil

Pertanyaan Seputar Fan Belt Mobil

Fan belt adalah komponen penting dalam sistem kendaraan yang bekerja untuk memindahkan tenaga dari mesin menuju komponen-komponen lainnya, seperti alternator, AC, water pump, dan power steering. Berikut adalah penjelasan singkat terkait fan belt mobil:

Apa itu fan belt?

Fan belt merupakan sabuk yang berfungsi untuk mentransfer atau meneruskan tenaga dari mesin ke berbagai komponen penting kendaraan seperti alternator (untuk pengisian baterai), AC (untuk sistem pendingin), water pump (untuk sirkulasi pendingin mesin), dan power steering (untuk kemudahan pengendalian setir).

Kapan fan belt harus diganti?

Fan belt sebaiknya diganti setelah pemakaian mobil mencapai jarak 25.000-30.000 kilometer. Pada jarak tersebut, fan belt mulai mengalami keausan dan mungkin sudah tidak bekerja optimal. Jika tidak diganti, risiko fan belt putus bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen lain yang berhubungan dengan sistem penggerak fan belt.

Apabila terdapat tanda-tanda seperti suara berdecit atau performa komponen terkait menurun, sebaiknya periksa fan belt segera meskipun belum mencapai batas jarak pemakaian maksimal.