Bocoran Biaya Liburan ke Turki, Murah atau Mahal?

biaya liburan ke turki

Ingin melintasi jembatan Galata atau melihat indahnya balon udara di Cappadocia? Jika ingin melakukan semua aktivitas menarik ini Anda harus tahu berapa biaya liburan ke Turki yang perlu dipersiapkan. Siapa tahu tabungan sudah mencukupi dan Anda siap liburan ke Turki di tahun 2023 ini.

Supaya lebih murah Anda bisa memilih jalan-jalan ke Turki tanpa tour agent. Selain murah Anda bisa menentukan sendiri destinasi wisata di Turki mana saja yang ingin dikunjungi. Anda juga bisa lebih bebas tanpa harus terikat dengan rombongan. Jadi berapa perkiraan biayanya, bisa cek dulu di sini sampai akhir ya.

Estimasi Biaya Liburan ke Turki tanpa Agen

Sebelum menghitung soal biaya Anda harus tahu kapan waktu yang tepat untuk berlibur. Pasalnya ada waktu-waktu tertentu yang tepat untuk liburan sehingga Anda bisa menikmati aktivitas liburan lebih nyaman.

Contohnya jika Anda ingin melihat pemandangan bunga tulip yang mekar di kebun yang luas bisa datang sekitar Maret hingga Mei. Pada saat itu pula di Turki sedang diadakan festival bunga tulip.

Beda lagi jika Anda ingin melihat atau menaiki balon udara di Cappadocia. Maka waktu yang tepat adalah sekitar bulan Juni hingga Agustus. Jika datang di akhir tahun tidak ada balon udara yang terbang karena cuaca masuk ke musim dingin yang berkabut. Selain itu di bulan yang sama ada banyak aktivitas outdoor yang bisa dilakukan.

Sudah tahu ingin pergi ke Turki bulan apa? Jika iya, saatnya Anda untuk menghitung biaya liburan ke Turki. Ada beberapa hal yang jadi acuan untuk menghitung estimasi biaya seperti berikut:

1. Biaya Tiket Pesawat ke Turki

Cara paling cepat untuk ke Turki adalah melalui jalur udara yaitu pesawat daripada jalur darat. Harga pesawat ini adalah rute Jakarta – Istanbul jadi jika Anda berasal dari kota lain bisa menambahkan biaya transport ke Jakarta terlebih dahulu.

See also Rekomendasi Destinasi Wisata di Lombok yang Cocok untuk Bulan Madu

Soal harga tiket pesawat ini bervariasi tergantung dengan jenis maskapai dan berapa kali transit. Transit pesawat bisa di Jeddah, Arab namun ada juga yang Muscat dan Abu Dhabi. Saat ini harga tiket paling murah adalah sekitar 8 juta rupiah dan bisa memesan tiket langsung pulang pergi.

Harga tiket paling mahal adalah sampai 19 juta rupiah, biasanya terjadi saat musim liburan seperti tahun baru. Jadi jika Anda memutuskan untuk liburan di pertengahan tahun masih bisa mendapatkan harga tiket murah.

2. Biaya Pembuatan Visa

Apakah ke Turki perlu visa? Iya, Turki bukan salah satu negara di Asia yang menggratiskan visa untuk para pelancong. Ada dua cara untuk mendapatkan visa Turki yaitu pertama cara online melalui website e-visa. Jika memilih cara ini maka biaya visa Turki adalah 25.70 USD atau setara dengan 370 ribu rupiah.

Cara kedua adalah dengan Visa on Arrival yang pembuatannya dilakukan saat Anda sampai di bandara Turki. Khusus untuk Visa on Arrival biayanya lebih mahal yaitu 35 USD atau 500 ribu rupiah.

Jika Anda sudah merencanakan liburan jauh-jauh hari maka lebih mudah untuk apply visa secara online sejak di Indonesia. Mengakses visa online membuat biaya liburan ke Turki jadi lebih ringan.

3. Biaya Penginapan

Lanjut pada biaya penginapan, soal ini sebenarnya cukup fleksibel karena bisa disesuaikan dengan budget. Namun tergantung juga dengan tempat wisata mana yang akan Anda kunjungi karena beda area maka beda pula harga penginapannya.

Jika menginap di Istanbul Anda harus siap budget mulai dari 500 ribu rupiah hingga 2 juta per malam. Sedangkan untuk kota di luar Istanbul bisa lebih murah mulai dari 200 ribu per malam sampai 1 jutaan rupiah.

See also Rekomendasi Wisata Air Terjun di Trawas Mojokerto

Penginapan paling murah biasanya berupa dormitory yang berisi beberapa kasur. Jika memilih kamar dengan lebih banyak kasur maka harganya akan lebih murah. Tapi jika Anda ingin ruang yang lebih private bisa hotel budget yang juga sudah dilengkapi dengan layanan antar jemput bandara.

4. Biaya Transportasi

Biaya liburan ke Turki yang seringkali tidak terpikirkan adalah transportasi. Di Turki ada banyak pilihan alat transportasi sehingga bisa disesuaikan dengan budget. Khusus untuk transportasi dalam kota Anda bisa menaiki bus, kapal ferry, metro yang sekali jalan hanya butuh sekitar 7 ribu rupiah.

Supaya mudah Anda bisa membeli Istanbulkart yang menjadi kartu untuk akses transportasi umum. Biaya pembelian kartu sekitar 200 ribu rupiah yang bisa diisi ulang. Sedangkan untuk transportasi antar kota Anda bisa naik bus antar kota yang biayanya sekitar 30 ribu rupiah untuk kota terdekat.

5. Biaya Konsumsi

Liburan belum lengkap tentunya tanpa berburu kuliner di Turki. Anda bisa mempersiapkan biaya liburan ke Turki khusus untuk wisata kuliner. Dimulai dari kebab yang jadi makanan khasnya. Anda bisa membeli berbagai jenis kebab dengan harga mulai dari 50 ribu rupiah.

Jika bosan makan kebab, Anda bisa mengunjungi rumah makan biasa dengan menu nasi, ayam, dan sayur dengan harga sekali makan sekitar 25 ribu rupiah. Ada juga makanan cepat saji seperti burger, fried chicken yang bisa Anda kunjungi.

6. Biaya Masuk ke Tempat Wisata

Penting juga untuk diperhatikan adalah biaya masuk ke setiap objek wisata. Biaya ini bisa kamu rencanakan sejak dari rumah karena informasinya bisa diketahui melalui website resmi dari masing-masing objek wisata.

Contohnya untuk bisa naik balon udara di Cappadocia Anda perlu biaya sekitar 2,2 juta rupiah. Jika ingin hemat pilih tempat wisata yang gratis seperti Hagia Sophia, Blue Mosque, Sultan Ahmed Park dan masih banyak lagi.

See also 7 Tempat Wisata Religi untuk Umat Muslim Terbaik di Pulau Jawa

Jadi sudahkah Anda siap tour ke Turki 2023 ini? Jika tabungan liburan sejak tahun lalu sudah mencukupi maka tidak perlu lagi menunda untuk mulai membeli tiket pesawat. Jangan lupa tambahkan juga asuransi perjalanan ke dalam itinerary. Cari tahu mana asuransi yang tepat melalui cekpremi.com.

Murah atau mahalnya biaya liburan ke Turki bisa disesuaikan dengan gaya liburan yang Anda tempuh. Jika ingin murah maka mulailah dengan mencari destinasi wisata gratis, penginapan dormitory dan menaiki transportasi umum. Namun, jika tidak ada batasan soal budget maka Anda bisa memilih fasilitas dan layanan yang terbaik.

Sumber:

Traveloka

Suara

Aviatko

Penginapan

Aviatko

Traveloka