7 Cara Membuat Travel Agent Sendiri hingga Sukses

cara membuat travel agent sendiri

Mau mulai usaha yang tidak butuh ruang luas dan banyak karyawan? Anda bisa memilih bisnis travel agent. Siapa saja bisa memulai usaha ini dengan modal minim dan berpeluang sukses di masa depan. Pasalnya cara membuat travel agent sendiri cukup simpel dan praktis.

Anda bisa memulainya dengan menyediakan paket travel lokal, jika sudah mahir perluas jaringan ke travel mancanegara. Kunci sukses utamanya adalah tekun dan berani menghadapi tantangan, apalagi di masa pulihnya masyarakat dari pandemi Covid membuka peluang usaha travel agent untuk berkembang.

7 Cara Membuat Travel Agent Sendiri dengan Modal Minim

Keuntungan jasa travel agent ada begitu banyak seperti memiliki pasar luas dan bukan termasuk bisnis musiman. Siapa saja ingin bepergian ke dalam dan luar negeri ketika memiliki waktu untuk liburan. Selain itu usaha ini juga minim risiko karena ketika konsumen membayar baru Anda membeli tiket dan merancang liburannya.

Melihat cara kerja tersebut bisa dibilang usaha travel agent tanpa modal. Selama Anda mahir dalam membuka jaringan dan membuat paket travel menarik maka kesuksesan ada di depan mata. Yuk kenali cara apa saja yang bisa Anda lakukan untuk bisa menjalankan bisnis ini.

1. Membuat Nama, Profil dan Izin Usaha

Cara membuat travel agent sendiri paling awal adalah penamaan bisnis yang mudah untuk diingat dan dikenali. Nama ini biasanya hanya terdiri satu atau dua kata yang simpel namun bermakna. Anda bisa mengambil nama dari istilah traveling bahkan tempat wisata.

Sambil memikirkan nama buat profil usaha yang juga menarik. Buat profil usaha ini layaknya proposal bisnis yang akan Anda tawarkan ke klien. Isi dengan informasi visi misi, gambar, sampai dengan kelebihan bisnis. Terakhir baru daftarkan usaha dalam perizinan untuk menghindari masalah hukum.

See also Bisnis MLM: Pengertian, Ciri Hingga Tips Membangunnya

2. Menentukan Fokus Bisnis

Seperti yang tadi telah disebutkan, Anda bisa memulai fokus usaha pada pariwisata lokal di Indonesia, setelah maju bisa mengembangkannya ke akses wisata internasional. Inilah fokus bisnis yang harus Anda buat di awal sehingga mudah menentukan tujuan dan pemetaan paket wisata nantinya.

Tidak ada salahnya juga jika Anda ingin fokus bisnis langsung untuk wisata lokal dan internasional. Selama jaringan bisnis memadai dan Anda sudah siap untuk membuat paket wisata yang lebih banyak tentu tidak masalah.

Memiliki fokus bisnis ini juga akan memudahkan Anda dalam merancang profil bisnis. Fokus bisnis bisa menjadi penentu visi misi usaha Anda.

3. Ciptakan Paket Wisata yang Menarik

Bisnis travel adalah usaha yang memiliki produk berupa jasa yakni paket wisata. Oleh karena itu produk harus dibuat lengkap dan semenarik mungkin. Cara menentukan paket wisata ini bisa disesuaikan dengan jaringan yang sudah Anda miliki.

Misalnya Anda memiliki banyak rekan untuk bekerja sama di Bali. Maka akan lebih membuat paket wisata lebih banyak di Pulau Bali. Selain itu Anda bisa menentukannya dengan membandingkan paket milik kompetitor. Contohnya ketersediaan paket wisata perorangan, couple sampai keluarga minimal 4 orang.

Tidak ada salahnya jika Anda juga membuat paket wisata rombongan hingga 10 orang lebih. Pastikan saja dalam paket wisata ini seluruh aktivitas menarik perhatian dan kerap menjadi incaran para pelancong.

4. Membuat Promo Wisata Menarik

Cara membuat travel agent sendiri agar sukses tidak lain adalah melalui promo. Sebagai bisnis baru Anda harus bisa menarik perhatian konsumen melalui promo liburan menarik yang tidak kalah dengan kompetitor.

Mulai dari promo potongan harga, gratis pengurusan tiket sampai dengan promo cashback jika membeli paket dalam jangka waktu tertentu. Segala macam promo bisa Anda terapkan untuk memperkenalkan bisnis kepada masyarakat.

See also Panduan Lengkap Cara Mengurus Buku Tabungan Hilang

5. Pemasaran Bisnis

Paket wisata dan promo sudah dibuat, selanjutnya adalah mempertimbangkan soal strategi pemasaran. Untungnya dengan kehadiran internet segalanya jadi mudah termasuk soal periklanan. Dalam pemasaran paket wisata maupun promo Anda bisa mengandalkan sosial media dan media online lainnya.

Memasang iklan, membuat akun, website dan masih banyak lagi di mana memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi terkait dengan bisnis Anda. Bisa dibilang Cara membuat travel agent sendiri yang berhasil tergantung dengan strategi pemasaran yang diterapkan.

6. Memberikan Pelayanan yang Optimal

Jasa adalah produk utama yang Anda tawarkan, oleh karena itu pelayanan yang diberikan harus optimal. Mulai dari konsumen memesan atau ingin mendapatkan informasi soal paket. Pelayanan saat menjalankan liburan sampai dengan pelayanan setelah wisata selesai.

Ramah tidaknya pelayanan akan menimbulkan kenyamanan dan keamanan bagi konsumen. Apalagi konsumen berani mengambil paket wisata dengan biaya yang tidak murah, tentunya Anda harus memberikan pelayanan ekstra yang memuaskan.

Tujuannya adalah agar konsumen tidak kapok dan mau menggunakan jasa travel agent milik Anda ketika ingin liburan kembali. Konsumen tentunya juga tidak akan ragu merekomendasikan usaha ke kerabat mereka.

7. Menambah Jaringan Bisnis

Anda memang membuat bisnis travel sendiri, tapi dalam prosesnya tidak terlepas dari bantuan orang lain. Cara membuat travel agent sendiri yang sukses adalah dengan memperluas jaringan bisnis atau kerja sama.

Jangan lupakan bahwa travel agent juga membutuhkan koneksi ke jasa sewa alat transportasi, penginapan, sampai jaringan ke pengelola tempat wisata. Semakin banyak jaringan maka informasi yang berkaitan dengan layanan traveling bisa Anda dapatkan lebih cepat.

Anda juga bisa mendapat penawaran harga khusus yang bisa membawa keuntungan. Memperluas jaringan ini juga penting ketika Anda ingin menambah jenis paket wisata. Misalnya jika selama ini sudah menguasai area Indonesia Barat, mulailah mencari jaringan di Indonesia Tengah dan Timur.

See also Mudah! Ini Cara Isi Saldo Dana via m-Banking, ATM dan Minimarket!

Tidak kalah penting jaringan bisnis, Anda harus mempersiapkan juga asuransi perjalanan kepada konsumen. Asuransi adalah pelayanan ekstra yang membuat konsumen merasa aman selama liburan. Apalagi jika mereka memilih liburan dalam waktu lama dan jarak tempuh cukup jauh.

Anda bisa mengecek informasi mengenai berbagai asuransi di cekpremi.com. Bandingkan dan pilih mana kira-kira asuransi yang tepat untuk bisnis Anda yang mudah dijangkau oleh konsumen.

Bagaimana, apakah Anda tertarik setelah membaca cara membuat travel agent sendiri ini? Jika tertarik mulailah dengan memperkirakan modal untuk membuka bisnis travel dan persiapkan nama yang paling menarik. Jangan lupa urus juga perizinan usaha agar legal.

Sumber:

Bisnis Handal

Niagaholster

Daya

Libera

Onero