Mana yang Paling Nyaman Antara Toyota Sienta vs Honda Freed?

sienta vs freed

Saat ini mobil MPV sedang menjadi incaran banyak keluarga di Indonesia. Salah satu yang paling banyak dilirik yaitu Honda Freed dan Toyota Sienta. Hal ini lantaran keduanya mempunyai keunggulan sebagai kendaraan yang praktis serta ekonomis. Sienta vs Freed.

Kedua MPV ini berfokus pada kenyamanan penumpangnya mulai dari kapasitas tempat duduk, perlengkapan keselamatan serta penyimpanan bagasi. Sebab memiliki fitur yang hampir sama, mungkin Anda jadi bingung memilih Sienta vs Freed.

Komparasi Sienta VS Freed yang Perlu Anda Ketahui

Berikut komparasi antara kedua MPV tersebut yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda.

Tampilan eksterior

Dari segi tampilan eksterior, Sienta vs Freed ini memiliki bentuk yang bisa dibilang hampir mirip. Dimana keduanya kental dengan desain nyentrik khas Jepang. Desain semacam ini mungkin tak banyak disukai di Indonesia. Hanya saja, untuk Anda yang suka tampil beda, maka kedua mobil MPV ini sangat menarik untuk dimiliki.

Selain itu, keduanya juga memiliki bentuk body yang stylish dan boxy dilengkapi dengan power sliding door yang terlihat mewah. Perbedaan antara kedua MPV ini yaitu Honda Freed mempunyai desain yang lebih simple, dinamis dan sporty.

Sedangkan Toyota Sienta memiliki desain yang lebih anti mainstream. Sehingga kehadirannya akan lebih mudah dikenali. Dimana terdapat grill trapesium serta lekukan body dan headlamp yang sedikit membulat. Selain itu tersedia dua pilihan warna body yaitu kuning dan orange.

Untuk dimensi keduanya juga berbeda. Dimana Honda Freed memiliki panjang 4.215mm, lebar 1.700mm dan tinggi 1.740mm. Sedangkan Toyota Sienta memiliki panjang 4.235mm, lebar 1.695mm dan tinggi 1.675mm. Itu artinya, Sienta vs Freed secara keseluruhan memiliki perbedaan yaitu Sienta lebih panjang 2cm. Sedangkan Honda Freed lebih tinggi 6,5cm dan lebih lebar 0,5cm dibandingkan Sienta.

See also Piston Mobil dan Cara Merawatnya

Jika melihat dimensi diatas, Sienta vs Freed tidak memiliki perbedaan ukuran yang signifikan. Hanya saja, karena Freed lebih tinggi maka headroom di kabin menjadi terasa lebih lega.

Desain interior

Sienta vs Freed memiliki desain interior yang cukup berbeda. Dimana Freed dilengkapi desain dashboard yang berlapis dan terdapat akses antara ruang kabin depan, tengah dan belakang. Honda Freed juga dilengkapi tuas transmisi pada dashboardnya, sehingga pengemudi akan merasa nyaman sebab lebih mudah dijangkau.

Sedangkan Sienta tidak menawarkan hal tersebut. Perbedaan lainnya yaitu di kabin tengah Honda Freed, terdapat kursi captain seat. Sedangkan Sienta memiliki kursi seperti Toyota Avanza dan tidak mempunyai armrest dan door trim.

Jika Anda hendak menuju ke kabin belakang, Anda perlu melipat kursi yang ada di kabin tengah mobil Sienta. Berbeda dengan Honda Freed yang bisa Anda akses dengan mudah bagian kabin belakangnya melalui ruang kosong yang ada diantara dua captain seat atau bisa juga dengan men sliding kursi pada baris kedua secara penuh ke arah depan.

Hanya saja pada Honda Freed dan Toyota Sienta memiliki persamaan yakni memiliki kabin yang sama-sama luas.

Fitur mobil

Jika membahas tentang fitur mobil, Toyota Sienta dan Honda Freed sama-sama menawarkan fitur dengan teknologi yang modern. Sama seperti Honda Freed yang dilengkapi dengan fitur AC double Blower, Interior Lamp, Kaca film V-Kool untuk tipe S dan E, Power Sliding Door pada tipe S untuk sisi penumpang sebelah kiri, fog lamp pada tipe E dan Dual SRS Airbags pada seluruh varian.

Namun, ada fitur-fitur pada Toyota Sienta yang tidak dimiliki oleh Honda Freed. Seperti fitur Knee Airbags, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist Control serta Automatic Headlamp Levelling.

See also Mobil Smart Fortwo: Harga, Spesifikasi, dan Jenisnya!

Selain itu, pada bagian pengereman, empat ban Toyota Sienta telah dilengkapi dengan rem cakram. Sedangkan Freed, pada bagian ban belakang masih memakai rem tromol. Kemudian pada Toyota Sienta varian Welcab juga dilengkapi dengan kursi Welcab. Dimana kursi ini sangat nyaman dan fleksibel terletak di sisi kiri pada kabin bagian tengah

Kursi Welcab tersebut dilengkapi sandaran tangan pada sisi kanan, sandaran kepala, sandaran kaki serta bisa bergerak keluar masuk melalui sliding door menggunakan remote. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan penumpang ibu hamil maupun lansia. Anda bisa pilih diantara Sienta vs Freed sesuai kebutuhan.

Dapur pacu mobil

Jika dari segi fitur Toyota Sienta terbilang lebih unggul dibandingkan Honda Freed. Maka berbeda jika dilihat dari segi dapur pacu dimana Honda Freed lebih unggul. Mungkin ini yang menjadi alasan kenapa Honda Freed masih mahal. Toyota Sienta menggunakan 2NR-FE Dual VVT-i yang dipadu dengan transmisi CVT kapasitas 1500CC. Mesin Sienta mampu mengeluarkan tenaga 15 daya kuda pada 6.000RPM dengan torsi maksimal 140 Nm pada 4200RPM.

Sedangan, Honda Freed memakai mesin 1500 CC 4-silinder segaris 16 katup DOHC dengan teknologi i-VTEC serta i-DCD. MPV ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 117 daya kuda pada 6600RPM serta torsi maksimum 146 Nm pada 5000RPM.

Kemudian untuk tangki bensinnya, Sienta berkapasitas 42 liter sedangkan Honda Freed berkapasitas 45 liter. Dari komparasi tenaga serta torsi mesin Sienta vs Freed tersebut, bisa diketahui bahwa Toyota lebih mengutamakan efisiensi dari bahan bakar dibandingkan tenaga yang besar. Maka jangan berharap lebih pada tenaga dan torsi Toyota Sienta.

Demikian perbedaan antara Toyota Sienta dan Honda Freed yang bisa Anda pertimbangkan. Tentunya semua kembali pada pilihan Anda dan keluarga. Mobil MPV menjadi kendaraan yang tentu akan sangat berguna untuk keluarga, apalagi untuk mudik lebaran.

See also Demi Keamanan, Ini 10 Perlengkapan Mobil yang Wajib Dimiliki!

Untuk melindunginya, maka Anda perlu mendaftarkan asuransi mobil di cekpremi. Hal ini untuk melindunginya dari resiko kecelakaan, bencana alam atau risiko lainnya. Terdapat dua tipe asuransi yang bisa Anda pilih yaitu Total Loss Only dan Comprehensive.

Kenapa harus memilih cekpremi? Sebab cekpremi merupakan portal pembanding asuransi berbasis online yang terbaik. Cekpremi.com bisa membantu Anda menemukan produk asuransi apa yang Anda butuhkan untuk perlindungan di masa depan. Cekpremi bisa merekomendasikan produk yang terbaik dan memiliki layanan yang komprehensif.

Selain itu, setiap pembelian produk asuransi di Cekpremi.com, Anda tidak akan dikenai biaya tambahan apapun. Jadi tunggu apalagi? Setelah menemukan perbedaan Sienta vs Freed, yuk segera daftar asuransi mobil hanya di Cekpremi.com saja.

REFERENSI:

Black Xperience

Mobbi

Idn Times