5 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Berminyak

sunscreen

Kulit wajah yang sehat tidak selalu harus putih. Sehatnya kulit wajah ditandai dengan minimnya keluhan serta kelembaban yang terjaga. Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat, penting untuk menggunakan produk skincare lengkap. Salah satunya adalah sunscreen atau tabir surya.

Pemakaian tabir surya pada wajah bisa dibilang sebagai tahap wajib dalam menerapkan rangkaian skincare yang benar. Tabir surya secara umum bermanfaat untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Sinar matahari memang dibutuhkan tubuh, namun juga bisa memberikan dampak buruk pada kesehatan kulit.

Manfaat Penggunaan Sunscreen

Sesuai namanya, sunscreen atau tabir surya berguna untuk menangkal efek buruk sinar matahari. Lebih dari itu, ternyata memakai tabir surya pada wajah setiap hari bisa memberikan manfaat yang sangat bagus. Inilah manfaat penggunaan tabir surya pada kulit wajah.

1. Mencegah Tanda Penuaan

Berada di bawah sinar matahari setiap hari akan membuat wajah terlihat cepat tua. Pasalnya sinar matahari bisa memicu kerutan dan garis halus pada wajah. Maka jika ingin terlihat awet muda meski usia bertambah, salah satu kuncinya adalah dengan rajin memakai tabir surya selain harus menerapkan pola hidup sehat.

2. Meratakan Warna Kulit

Salah satu efek dari sinar matahari adalah menjadikan kulit belang. Kulit yang terlindungi pakaian akan lebih cerah, sementara kulit yang terpapar sinar matahari langsung akan berwarna lebih gelap. Dengan pemakaian sunscreen, efek tersebut dapat dicegah sehingga warna kulit akan lebih merata.

3. Mencegah Kulit Terbakar

Terlalu lama berada di luar ruangan berisiko menyebabkan kulit terbakar. Kondisi tersebut ditandai dengan rasa panas dan perih pada kulit serta penampakan kulit yang jadi kemerahan. Salah satu manfaat sunscreen adalah untuk mengatasi permasalah tersebut, mencegah kulit terbakar dan menghindari rasa panas yang mengganggu.

See also 2 Contoh Surat Kuasa yang Kerap Digunakan Sehari-hari

4. Mencegah Kanker Kulit

Penyakit kanker menjadi masalah kesehatan yang sangat serius. Salah satu jenisnya yaitu kanker kulit ternyata bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari. Maka untuk mencegah penyakit tersebut, jangan lupa untuk selalu gunakan tabir surya setiap hari baik di dalam maupun di luar ruangan.

Cara Tepat Mengaplikasikan Sunscreen

Sunscreen termasuk produk skincare yang umum digunakan. Tentu kebanyakan orang sudah akrab dengan produk perawatan yang satu ini. Namun faktanya masih banyak orang yang salah dalam memakai tabir surya yang berakibat kurang maksimalnya manfaat produk tersebut untuk kulit. Inilah cara memakai sunscreen yang benar.

1. Pakai Setiap Hari

Sunscreen wajib dipakai setiap hari dan tidak boleh dilewatkan. Pasalnya, sinar matahari terus mengancam kesehatan kulit setiap hari. Jadi jangan sampai lupa memakai produk yang satu ini sebelum menjalani aktivitas sehari-hari. Tidak rutin memakai tabir surya akan membuat kulit mengalami berbagai masalah.

2. Pakai Sebanyak 2 Ruas Jari

Jumlah pemakaian tabir surya juga ada aturannya. Karena jika memakai terlalu sedikit, maka tidak akan ada manfaatnya untuk kulit. Menurut ahli kecantikan, produk ini sebaiknya dipakai sepanjang dua ruas jari yaitu jari telunjuk dan jari tengah. Kemudian ratakan pada seluruh bagian wajah.

3. Ulangi Pemakaian

Banyak yang masih enggan mengaplikasikan tabir surya lagi setelah memakainya sekali di pagi hari. Padahal produk tersebut tidak mampu melindungi kulit dari sinar matahari seharian. Jadi pemakaian tabir surya perlu diulang lagi setelah beberapa jam tergantung kandungan SPF dalam produk tersebut.

4. Pakai di Dalam Rumah

Satu lagi kesalahan umum saat memakai sunscreen yaitu hanya memakainya ketika beraktivitas di luar ruangan. Padahal di dalam rumah pun juga perlu memakai tabir surya, sebab pengaruh buruk cahaya matahari bisa menembus hingga ke dalam ruangan. Oleh karena itu, tetaplah memakai tabir surya meski hanya beraktivitas di dalam ruangan.

See also Merawat Interior Mobil agar Tetap Terlihat Baru

Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Berminyak

Memilih tabir surya yang cocok dan nyaman digunakan untuk jenis kulit berminyak memang tidak mudah. Pasalnya tidak semua produk tabir surya dibuat khusus untuk kulit yang mudah berminyak. Maka pastikan memilih produk yang sesuai dengan masalah kulit berminyak, seperti beberapa rekomendasi berikut ini.

1. Nivea Sun Face Serum Oil Control

sunscreen untuk kulit kering
Sumber : Nivea

Nivea memperkenalkan produk sunscreen untuk kulit berminyak dengan tekstur serum yang ringan dan tidak lengket di kulit. Nivea Sun Face Serum Oil Control ini mampu mengendalikan produksi minyak di wajah. Produk ini bagus untuk jenis kulit berminyak dan bahkan bisa membuat make up lebih tahan lama.

2. Somethinc Holyshield UV Watery Sunscreen Gel

Kulit berminyak memang disarankan untuk memakai sunscreen berbahan dasar air dan bertekstur gel. Kebutuhan ini sesuai dengan manfaat yang diberikan Holyshield UV Watery Sunscreen Gel. Tidak hanya cocok untuk kulit berminyak karena formulanya yang ringan, tabir surya dari Somethinc ini juga memberikan sensasi dingin ketika dipakai.

3. Skin Aqua UV Moisture Gel

Skin Aqua punya sejumlah produk sunscreen dan varian yang dikhususkan untuk pemilik kulit sensitif adalah Skin Aqua UV Moisture Gel ini. Selain mengandung SPF 30, produk ini juga bisa difungsikan sekaligus menjadi pelembab. Terdapat kandungan kolagen dan hyaluronic acid yang membuat kulit lebih lembab serta kenyal.

4. Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel

Tabir surya water based dari Azarine ini diklaim sebagai salah satu sunscreen terbaik untuk kulit berminyak. Terbukti dengan formulanya yang cepat meresap dan mampu mengurangi produksi sebum. Produk ini bahkan aman untuk kulit sensitif dan mudah berjerawat. Di samping itu, ada banyak kandungan bahan alaminya yang menyehatkan kulit.

See also Ini Pentingnya Parenting Education Dalam Pengasuhan

5. Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel

Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel ini termasuk sunscreen lokal yang banyak difavoritkan. Kemampuannya dalam melindungi kulit dari sinar matahari disertai dengan manfaat lain yaitu menutrisi kulit dengan kandungan vitamin E dan vitamin B5. Teksturnya yang cepat meresap tidak akan menimbulkan kesan berat di wajah.

Itulah penjelasan lengkap tentang apa itu sunscreen, manfaat, hingga cara benar dalam memakainya serta rekomendasi dari beberapa merek ternama. Produk tabir surya yang direkomendasikan tersebut sudah terbukti jadi favorit di pasaran karena manfaatnya yang nyata untuk melindungi kulit sekaligus menyehatkan.

Memang penting untuk menjaga kesehatan kulit dari luar dan dalam. Namun memakai produk skincare saja tidak cukup. Kesehatan tubuh juga perlu dijamin dengan memiliki produk asuransi kesehatan. Temukan beragam penawaran terbaik dari penyedia asuransi dengan berbagai pilihan produk di cekpremi.com.

Referensi:

My – Best

Loreal Paris