Ini Dia Negara Bebas Visa untuk Wisatawan Indonesia

Visa

Visa adalah izin dalam bentuk dokumen yang diberikan negara kepada orang asing yang berencana untuk memasuki negara tersebut. Jadi misalnya Anda ingin pergi ke negara lain maka dibutuhkan izin ini. Untungnya tidak semua negara mensyaratkan dokumen untuk berkunjung ini bagi orang asing yang ingin berkunjung.

Anda sebagai pemegang paspor Indonesia dan berencana melakukan wisata atau perjalanan bisnis yang singkat bisa berkunjung tanpa menggunakan izin khusus. Menariknya, wisatawan Indonesia bisa berkunjung ke 72 negara. Apa saja negaranya, simak informasi lengkapnya.

Deretan Negara Bebas Visa bagi Orang Indonesia

Dokumen izin yang diberikan oleh negara lain ini nantinya berupa cap di dalam buku paspor yang Anda miliki. Cap ini diperoleh dalam waktu yang cukup lama dan juga biaya. Masing-masing negara mematok biaya pembuatan dokumen ini berbeda-beda dan bisa dibilang cukup mahal.

Oleh karena itu dengan adanya bebas visa ini membuat Anda bisa lebih mudah untuk berkunjung ke negara-negara tersebut. Anda hanya perlu membuat visa on arrival (VOA) yang gratis saja dan juga paspor. Baik itu negara-negara di Asia, Eropa, Afrika, Australia, bahkan Amerika masuk ke dalam daftarnya. Berikut ini daftarnya.

Negara di Asia Tenggara

Hampir semua negara di Asia tidak membutuhkan visa. Anda bisa mengecek daftarnya sebagai berikut.

  1. Thailand

Negara yang sering menjadi tujuan masyarakat Indonesia untuk berlibur. Anda bisa berkunjung ke negara ini secara gratis tanpa dokumen khusus selama 30 hari. Banyak sekali tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi.

2. Malaysia

Negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia ini juga sering menjadi tujuan utama liburan. Anda tidak perlu membuat visa jika tujuannya adalah berlibur, jangka waktu berkunjung yang bisa didapatkan adalah 30 hari.

3. Singapura

Negara yang terkenal sebagai tempat transit. Kamu hanya membutuhkan paspor saja untuk bisa masuk ke negara ini setelah mendarat. Selanjutnya bisa langsung berkeliling juga selama waktu 30 hari maksimal.

Selain ketiga negara yang sering menjadi tempat tujuan liburan ini, masih ada beberapa negara lain di Asia Tenggara seperti:

  1. Brunei Darussalam
  2. Kamboja
  3. Laos
  4. Myanmar
  5. Filipina
  6. Timor Leste
  7. Vietnam

Negara di Asia Lainnya

Sumber: https://elements.envato.com/woman-filling-visa-application-form-american-flag–EGJCQ3Z

Anda juga memiliki kesempatan untuk berkunjung ke negara bagian Asia lainnya seperti di Asia Selatan, Tengah sampai dengan Barat. Berikut ini beberapa deretan negaranya.

  1. Hong Kong

Sama-sama mendapatkan izin untuk mengunjungi selama 30 hari. Anda bisa merencanakan liburan akhir pekan ke Hong Kong. Banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi di sini.

2. Makau

Termasuk negara yang sering menjadi tempat tujuan liburan. Berbagai daya tarik negara Makau seperti bangunan bersejarah sampai dengan pusat kotanya. Sebagai negara bagian barat China, Makau memiliki begitu banyak kuil.

3. Maladewa

Disebut dengan Maldives, Anda bisa berkunjung ke sini tanpa izin khusus. Keindahan pantainya menjadi daya tarik utama sehingga banyak masyarakat Indonesia yang merencanakan untuk liburan ke sini.

4. Turki

Negara Asia yang berbatasan dengan Eropa ini memiliki sejarah panjang dan sangat terkenal. Bahkan Turki sering menjadi bagian dari paket Umroh. Anda yang tertarik berlibur ke Turki bisa langsung datang tanpa mengurus visa.

  1. Uzbekistan
  2. Qatar
  3. Oman
  4. Tajikistan
  5. Nepal
  6. Pakistan
  7. Sri Lanka
  8. Armenia
  9. Azerbaijan
  10. Iran
  11. Kirgizstan
  12. Yordania

Negara di Amerika Serikat

Cukup banyak negara Amerika yang bisa Anda dikunjungi dengan bebas seperti:

  1. Haiti

Negara yang ada di Karibia ini terkenal dengan tempat wisata alam mulai dari air terjun sampai dengan alam. Anda yang suka bepergian ke luar negeri menjelajah alam tidak boleh melewatkannya. Menariknya Anda bisa berkunjung lebih lama sampai 90 hari.

2. Chile

Negara bagian Amerika Selatan ini juga terkenal dengan tempat-tempat wisata alamnya. Visa di sini juga cukup lama yaitu 90 hari, jadi Anda bisa puas berkeliling ke tempat wisatanya.

  1. Peru
  2. Guyana
  3. Ekuador
  4. Kolombia
  5. Bermuda
  6. Dominika
  7. Barbados
  8. St. Vincent and the Grenadines

Negara di Benua Oseania

Ingin berlibur ke pantai yang indah? Benua Oseania memiliki negara dengan pantai terindah. Siapkan paspor Anda untuk berlibur.

  1. Pulau Pulau

Benua yang terkenal dengan bentang lautnya memiliki negara Pulau Pulau yang memiliki izin untuk wisatawan selama 30 hari. Anda bisa menikmati keindahan pantai di negara yang berbentuk pulau kecil ini.

2. Fiji

Tidak hanya Pulau Pulau masih ada negara yang menyediakan izin wisata paling lama yaitu 120 hari. Anda bisa bersantai dengan tenang di pinggir pantai saat liburan.

  1. Pulau Marshal
  2. Papua Nugini
  3. Samoa
  4. Tuvalu
  5. Pulau Cook
  6. Nuie

Negara di Afrika

Afrika juga memiliki beberapa negara khusus yang tidak membutuhkan izin berkunjung khusus wisatawan. Anda bisa memilih negara berikut ini sebagai destinasi wisata selanjutnya.

  1. Madagaskar

Ada banyak tempat wisata eksotis di Madagaskar, Anda bisa bebas berlibur selama dengan izin selama 90 hari.

2. Maroko

Negara lain yang terkenal juga menjadi tempat wisata adalah Maroko. Anda bisa menikmati liburan bebas izin selama 90 hari di sini. Negara Afrika yang sangat subur ini memiliki keindahan kota sampai dengan pantai.

3. Malawi

Suka dengan wisata satwa? Anda harus berkunjung ke Malawi. Cukup siapkan paspor saja untuk segera terbang ke Malawi. Anda bisa mendapatkan izin liburan selama 30 hari.

  1. Tanzania
  2. Burundi
  3. Gabon
  4. Gambia
  5. Guinea Bissau
  6. Pulau Cape Verde
  7. Mali
  8. Mauritius
  9. Mauritania
  10. Mozambique
  11. Sierra Leone
  12. Seychelles
  13. Senegal
  14. Namibia
  15. Somalia
  16. Rwanda
  17. Togo
  18. Uganda
  19. Zimbabwe

Negara di Eropa

Tidak banyak negara yang bebas visa di Eropa. Namun masih ada beberapa negara yang bisa dikunjungi yaitu:

  1. Serbia

Banyak wisata alam hingga bangunan bersejarah seperti kastil yang menarik untuk dikunjungi.

  1. Belarusia
  2. Azerbaijan

Ada begitu banyak negara bebas dari izin untuk berkunjung dengan tujuan liburan atau perjalanan bisnis singkat. Namun mungkin saja negara yang ingin Anda kunjungi tidak termasuk di dalamnya. Oleh karena itu Anda harus mengunjungi tempat membuat visa di Indonesia yaitu kedutaan dari masing-masing negara.

Bisa juga menggunakan layanan online, misalnya Anda ingin membuat visa Jepang maka tinggal gunakan saja layanan e-visa. Buat langsung sebelum berangkat sehingga Anda diizinkan masuk ke dalam negara setelah mendarat di negaranya.

Sudah merencanakan liburan ke salah satu negara tadi? Jangan lupa untuk membekali diri Anda dengan asuransi perjalanan. Cek langsung jenis asuransinya melalui cekpremi.com. Di website cekpremi.com Anda bisa secara bebas memandingkan beberapa produk asuransi perjalanan sekaligus.

Anda pun bisa dengan mudah mendapatkan asuransi yang tepat sehingga liburan jadi lebih aman dan nyaman. Segera bandingkan asuransinya sekarang di cekpremi.com.

Sumber:

Klook

Imigrasi

CNN Indonesia

Kompas