Pangkas Rambut, Bisnis Menguntungkan yang Wajib Dicoba

pangkas rambut

nalPertimbangan dalam menentukan bisnis yang tepat harus dilihat dari besarnya modal dan juga peluang keuntungan. Nah dari sekian banyaknya ide bisnis yang ada, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan membuka bisnis pangkas rambut. Bukan tanpa alasan, usaha yang satu ini juga tidak kalah menguntungkannya untuk dicoba.

Bisnis barbershop memang sedang menjamur di tengah kota karena banyak kalangan masyarakat yang cenderung jarang yang datang ke tukang cukur biasa lagi. Karena mereka menilai lebih cocok memangkas rambut di barbershop. Hal tersebut membuktikan kalau bisnis ini akan berjalan lancar.

Peluang Bisnis Pangkas Rambut Dijamin Menguntungkan

Barbershop menyediakan jasa dengan pilihan model rambut yang sedang trend di tengah kalangan anak muda. Biasanya barber berpengalaman sudah mengerti kemauan anak muda yang ingin menata gaya rambutnya agar tampil percaya diri.

Apalagi kalau Anda membuka bisnis barbershop di daerah dekat kampus atau perkantoran, dijamin keuntungan bisnis barbershop akan lumayan tinggi. Tidak hanya itu saja, masih ada keuntungan lain yang akan dirasakan.

1. Modal Kecil

Karena lebih mengandalkan keahlian, maka Anda tidak perlu khawatir masalah modal. Bisnis pangkas rambut ini bisa dimulai dengan modal kecil. Anda cukup siapkan dana untuk peralatan seperti sisir, cermin, gunting rambut, alat cukur elektrik, kursi, meja, dan lainnya.

Jangan lupa pilih tempat yang nyaman dan mudah diatur sedemikian rupa agar pengunjung betah. Hindari menggunakan warna putih karena akan terlihat monoton. Anda bisa memilih warna cat yang estetik dan manly.

2. Potensi Laba Lebih Dari 50%

Bukan hanya dilihat dari modal yang kecil saja tapi peluang usaha barbershop juga berpotensi menghasilkan laba lebih dari 50%. Modal atau anggaran untuk membangun bisnis barbershop hanya keluar sekali ataupun saat harus melakukan maintenance.

Sebaliknya, keuntungan yang didapatkan berkali-kali lipat dari modal tersebut. Kemungkinan akan balik modal adalah dalam jangka waktu 1 bulan. Terutama kalau Anda mempunyai skill yang mumpuni, laba tersebut bisa semakin tinggi.

3. Tidak Pernah Sepi Pelanggan

Tahukah Anda, bisnis barbershop adalah salah satu usaha yang dibutuhkan sepanjang masa. Kenapa? Karena memotong atau merapikan rambut adalah kebutuhan setiap pria. Setidaknya laki-laki akan memangkas rambut mereka setiap 3 bulan sekali.

Biasanya pria tidak akan betah dengan rambut panjang dari standar mereka. Jadi tidak heran kalau banyak kalangan pria yang datang ke barbershop 3-4x dalam setahun dan tentunya menguntungkan Anda.

4. Bisa Dijadikan Usaha Sampingan

Faktanya bisnis pangkas rambut adalah usaha yang tidak perlu dipantau sepanjang hari oleh owner. Cukup percayakan pangkasan rambut kepada karyawan yang pastinya sudah harus terlatih, berpengalaman, dan profesional maka Anda pun bisa fokus mengurus bisnis lain.

Namun pastikan Anda tetap mengawasi penghasilan harian yang didapat dan tetap memperhatikan kepuasan pelanggan. Selebihnya Anda tidak perlu bergerak banyak dan bisnis ini cocok dijadikan usaha sampingan atau passive income.

5. Menambah Keterampilan

Memangkas rambut pastinya tidak boleh dilakukan sembarangan, Anda harus memiliki sertifikasi khusus dengan kemampuan yang mumpuni. Selain berperan sebagai owner, tidak ada salahnya untuk menggeluti skill ini agar sekaligus bisa menambah keterampilan.

Nah jangan lupa ajak karyawan Anda ikut kursus memangkas rambut agar menunjang skill mereka. Jika keterampilan sudah dimiliki, maka siap-siap akan ada banyak pelanggan yang mengantri mendapatkan layanan dari barbershop Anda.

6 Tips Membuka Bisnis Pangkas Rambut

Manfaat usaha pangkas rambut bagi masyarakat memang sangat membantu khususnya bagi laki-laki yang ingin mencukur rambut mereka. Namun ingat, karena ini adalah sebuah bisnis maka Anda pun tidak bisa melakukannya begitu saja tanpa persiapan dan strategi yang matang.

Oleh karena itu, yuk ketahui apa saja tips membuka bisnis barbershop yang akan dibahas berikut ini.

1. Pilih Lokasi yang Tepat

Yang menjamin kesuksesan bisnis barbershop Anda adalah lokasi. Jadi pilihlah tempat strategis yang mudah ditemukan oleh masyarakat. Semakin strategis lokasi yang Anda pilih, akan semakin tinggi juga peluang bisnis ini untuk dikunjungi pelanggan.

2. Miliki Konsep yang Menarik

Selain tempat, konsep yang menarik juga cenderung diminati oleh banyak pelanggan. Anak milenial sedang menyukai konsep interior seperti retro atau vintage dengan fasilitas lounge yang cozy hingga aromaterapi yang menenangkan.

3. Miliki Tim yang Berpengalaman

Karena disini Anda bertindak sebagai owner dan tidak ada keinginan untuk terjun sebagai barber, maka pilihlah karyawan yang berpengalaman. Setidaknya tim tersebut harus memiliki sikap sopan dan ramah dengan keterampilan pangkas rambut model rambut up-to date dan kekinian.

4. Sediakan Ruang yang Nyaman

Kenyamanan tempat pangkas rambut tentu sangat penting untuk diperhatikan. Sediakanlah ruang yang nyaman dan mumpuni untuk pelanggan mulai dari ruang tunggu, ruang cukur, hingga toilet. Ruangan tersebut juga perlu didesain sedemikian rupa dengan tambahan musik dan aromaterapi.

5. Miliki Peralatan Lengkap

Barbershop perlu didukung oleh peralatan yang lengkap dan juga bersih. Pastikan Anda menyediakan kursi barbershop yang empuk, cermin, meja, dan layanan lain seperti televisi bahkan WiFi.

Tambahkan juga setidaknya dua set mesin cukur yang lengkap dengan minyak pelumas, kuas, dan sisir. Lalu jangan lupa set gunting seperti gunting sasak, gunting potong, gunting kumis, dan dua buah pisau lipat. Selain itu, sediakan juga handuk kecil, kuas muka, jepitan, kain penutup badan, sampai katalog model rambut terbaru.

6. Gunakan Asuransi Properti

Yang terpenting dari sudah bisnis adalah asuransi. Asuransi properti wajib Anda miliki demi memberikan jaminan bagi seluruh risiko yang bisa saja terjadi pada harta benda dan properti bisnis Anda. Apalagi seperti yang Anda tahu kalau bisnis pangkas rambut membutuhkan peralatan yang banyak.

Karena banyaknya perlengkapan yang harus dimiliki dalam membangun barbershop, inilah kenapa Anda harus memiliki asuransi properti terlebih dulu. Jangan khawatir dalam memilihnya, karena Cekpremi akan membantu Anda. Bagaimana caranya?

Cekpremi adalah sebuah portal pembanding asuransi online yang akan memberikan informasi terbaik terkait produk asuransi properti. Pelayanannya dapat diakses via online sehingga cenderung mudah dan praktis.

Cekpremi dijamin akan memberikan rekomendasi produk asuransi properti berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan bisnis barbershop Anda. Untuk merasakan layanan pembanding asuransi properti tersebut, yuk segera kunjungi laman Cekpremi.com demi menunjang segala kebutuhan bisnis pangkas rambut impian Anda.



Referensi:

Meinggapai Angkasa

CPS Soft

UKM Indonesia

Jurnal