Pcare Eclaim BPJS: Bagaimana Cara Menggunakannya?

Pcare Eclaim

Pernah mendengar Pcare Eclaim? Bagi beberapa pihak mungkin masih terdengar asing. Tetapi mengenal dan tahu persis seperti apa Pcare itu akan menguntungkan setiap orang khususnya dalam bidang kesehatan, loh.

Pcare sendiri merupakan program yang dikeluarkan oleh BPJS Kesehatan. Tujuan pengeluaran aplikasi ini untuk memberikan penawaran kepada pengguna terkait akses digital ke fasilitas kesehatan pertama.

Mulai dari Puskesmas, Laboratorium, Klinik, maupun beberapa dokter praktek lainnya. Pemanfaatannya yang tepat akan memudahkan Anda dalam mengakses BPJS kesehatan. Tentunya tanpa perlu mengantri di kantor pusat.

Cara Menggunakan Pcare Eclaim BPJS Kesehatan Melalui Website

Untuk bisa mendapatkan menggunakan aplikasi kesehatan ini, maka Anda membutuhkan akses eclaim login. Nah, agar proses penggunaannya semakin mudah dan cepat, Anda bisa melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu melalui website sebagai berikut :

  • Buka situs resmi Pcare BPJS Kesehatan pada alamat https://pcare.bpjs-kesehatan.go.id/eclaim pada laptop maupun PC.
  • Setelah itu, buat akun dengan memasukkan username dan password yang mudah diingat. Tujuannya agar proses registrasi berjalan dengan mudah dan cepat
  • Apabila sudah berhasil login, Anda akan masuk pada halaman Primary Care BPJS Kesehatan dengan isi data indeks pasien
  • Kemudian, klik menu pelayanan. Anda bisa mengakses menu tersebut untuk mendapatkan sejumlah fasilitas dari BPJS Kesehatan
  • Khusus menu pelayanan, Anda akan menemukan dua pilihan yaitu Pendaftaran dan juga pelayanan. Apabila Anda ingin berobat, maka lakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan mengisi nomor BPJS kemudian klik ‘search’ atau ‘cari’.
  • Apabila Anda merupakan pasien di fasilitas tempat Anda bekerja, maka Anda bisa mencari identitas secara langsung dan otomatis akan muncul
  • Segera lengkapi data yang kosong seperti jenis kunjungan, keluhan pemeriksaan fisik, tekanan darah, dan beberapa isian lainnya.
  • Klik simpan dan lanjutkan dengan mengentri data > pilih pelayanan.
  • Pada menu tersebut, Anda harus mengisi data di kolom yang kosong (kolom terapis dan diagnosis) > Simpan. Kini entri data untuk pasien BPJS faskes pertama selesai dilakukan
See also Cara Menjadi Agen Asuransi Fuse | Mudah dan Menguntungkan!

Cara penggunaan pcare bpjs ini sebenarnya cukup mudah. Namun, untuk bisa memanfaatkannya dengan baik, Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Untuk itu, pastikan Anda mengisi data dengan benar agar proses penggunaannya lebih mudah.

Cara Menggunakan Aplikasi Pcare Eclaim BPJS Kesehatan dengan Ponsel

Meskipun Pcare Eclaim telah beredar luas dan bisa ditemukan pada Google Playstore, tetapi dari segi aksesnya masih dibatasi secara khusus. Hanya pihak tertentu yang memiliki izin resmi saja yang dapat mendaftarkan diri dan memanfaatkannya.

Nah, cara untuk menggunakannya sendiri mengharuskan Anda mendapatkan akses dengan mengunduh terlebih dahulu aplikasi melalui Google Playstore maupun App Store. Beberapa panduan langkahnya antara lain :

  • Pertama, Anda bisa melakukan pendaftaran secara langsung ke kantor terdekat. Tujuannya agar pihak BPJS bisa mengakses data pribadi Anda sebagai peserta BPJS Kesehatan ketika melakukan kunjungan ke faskes tujuan.
  • Setelah itu, download aplikasi PCare BPJS melalui ponsel di Google Playstore maupun App Store.
  • Segera lakukan registrasi agar Anda mendapatkan username dan juga password untuk login
  • Apabila sudah login, Anda akan masuk ke halaman utama untuk mengisi indeks pasien.
  • Setelah itu, pilih menu pelayanan agar bisa mendapatkan sejumlah fasilitas dari BPJS Kesehatan
  • Nantinya, Anda akan mendapati dua pilihan yaitu Pendaftaran dan juga Pelayanan. Pada poin ini Anda harus memperhatikan dua aspek, apabila Anda seorang pasien yang ingin berobat maka lakukan pendaftaran dengan mengisi nomor BPJS kemudian cari. Namun, apabila Anda merupakan pasien di faskes tempat bekerja, nantinya identitas akan muncul otomatis.
  • Kemudian, Anda bisa mengisi kolom kosong seperti keluhan, tekanan darah, maupun tujuan kunjungan.
  • Jangan lupa klik simpan
  • Berikutnya, Anda bisa kembali ke menu entri data dan pilih pelayanan. Lakukan pengisian kolom yang kosong (kolom terapi dan diagnosis).
  • Klik simpan maka proses entri data ke faskes tingkat satu telah berhasil dilakukan.
  • Untuk proses selanjutnya, Anda bisa melihat data pasien yang berobat ke faskes 1 mulai dari informasi jumlah kunjungan, jenis kunjungan, kegiatan, dan rata-rata sepuluh penyakit terbanyak.
  • Untuk mengubah password pada menu PCare Eclaim maupun masuk ke LUPIS BPJS, Anda bisa klik menu tools dan mengubah jumlah pekerja.
  • Setelah itu, klik logo yang berada di sebelah kiri. Nantinya Anda akan menemukan data administrasi.
  • Untuk keluar dari aplikasi, Anda juga bisa menekan logo tersebut dan mengarahkan untuk log out agar bisa keluar dari aplikasi PCare BPJS Kesehatan.
See also Pilihan Asuransi Motor Terbaik dengan Harga Polis Terjangkau

Manfaat Menggunakan PCare Eclaim BPJS?

Hadirnya PCare Eclaim oleh pihak BPJS sendiri diharapkan pengguna dan pasien bisa mendapatkan sejumlah manfaat, seperti :

1. Integrasi Data Pasien

Penggunaan aplikasi PCare BPJS Kesehatan akan memberikan manfaat seperti data pasien yang terintegrasi. Seperti data pasien yang mudah diakses oleh pihak klinik, rumah sakit dan juga puskesmas.

Sehingga, melalui aplikasi kesehatan ini pasien bisa dengan cepat mendapat penanganan dan pengobatan dari pihak medis. Tentunya tanpa menunggu konfirmasi tempat berobat pasien sebelumnya.

2. Pendaftaran Aplikasi yang Cepat dan Mudah

Manfaat lain dari penggunaan PCare Eclaim ini adalah proses pendaftarannya yang mudah dan sangat cepat. Anda hanya perlu memasukkan nomor BPJS, dan petugas layanan medis akan mengonfirmasinya. Sehingga pelayanan kesehatan akan berlangsung dengan cepat.

3. Proses Diagnosa Pasien Lebih Cepat

Data pasien yang sudah terintegrasi akan memudahkan petugas kesehatan melakukan diagnosa dengan cepat. Hal ini tentunya memudahkan petugas medis dalam memberikan tindakan lanjutan berdasarkan penyakit yang diderita oleh pasien.

Selain itu, jika diagnosa bisa dilakukan cepat oleh dokter. Maka, pasien pun tidak perlu tes kesehatan secara beruntun karena data rekam medis sudah tercatat pada aplikasi.

Nah, itulah beberapa informasi penting yang perlu Anda ketahui terkait PCare Eclaim BPJS. Dalam penanganan masalah kesehatan agar lebih cepat, memang inovasi terbarukan sangat dibutuhkan.

Selain memanfaatkan aplikasi ini, Anda juga mendapatkan diri sebagai peserta asuransi kesehatan untuk menerima pelayanan lebih optimal. Apalagi kesehatan tidak bisa diprediksi, oleh karena itu untuk meminimalisir pengeluaran biaya mendadak akibat masalah kesehatan. Tidak ada salahnya untuk mendaftarkan diri sebagai peserta asuransi.

Jika masih bingung perusahaan asuransi mana yang amanah dan cocok dengan angan-angan. Anda bisa mengecek data perbandingan masing-masing perusahaan melalui Cekpremi.com. Bersama Cekpremi.com, Anda bisa mendapatkan perusahaan asuransi terbaik sesuai kebutuhan.

See also Rekomendasi Asuransi Kesehatan Terbaik untuk Karyawan Perusahaan

Sumber :

Indonesia

Lingputan 6

Detik

Kumparan

The Asian Parent