Kenali Penyakit Cantengan, Penyebab dan Cara Pengobatannya

Cantengan

Cantengan adalah tumbuhnya salah satu sisi kuku maupun ujung kuku ke dalam daging di area kuku. Kondisi tersebut kerap diderita banyak orang dan membuat penderitanya mengalami nyeri di area tersebut.

Gangguan tersebut tidak berbahaya jika tak ada gangguan aliran darah maupun menderita diabetes. Walaupun tidak berbahaya harus diobati secepatnya sebelum menimbulkan Infeksi.

Penyebab Cantengan Secara Umum

Perlu diketahui, penyakit kuku ini kerap disebabkan karena pertumbuhan kuku yang tidak normal. Tetapi, banyak faktor pencetus gangguan kuku. Berikut ada penyebabnya, antara lain:

  • Menggunakan Sepatu Sempit

Sepatu maupun kaus kaki terlalu sempit memicu gangguan tumbuhnya kuku ke dalam. Banyak hal yang membuat sepatu dan kaus kaki terlalu sempit, misalnya karena ukurannya kecil, desain bagian ujung sempit maupun bagian ujung yang rata.

  • Cedera Kuku Jempol

Anda pernah mengalami cedera Kuku Jempol dan sering nyeri dibagian ujung jempol kaki? Bisa saja cedera tersebut menjadi penyebab Anda cantengan. Banyak hal yang memicu cedera Kuku jempol, misalnya tak sengaja menjatuhkan sesuatu ke ujung jari kaki, menendang benda dengan keras maupun kejadian lain yang melibatkan kuku jempol kaki.

  • Pertumbuhan Kuku Melengkung ke dalam Kulit

Pertumbuhan kuku Anda melengkung ke dalam kulit? Itu salah satu penyebabnya karena membuat kuku bisa tumbuh ke jaringan lunak. Otomatis, memicu peradangan dan memicu infeksi. Kondisi tersebut kerap terjadi akibat faktor keturunan.

Perlu diketahui, batas pada hari kaki sebagian orang cenderung melengkung ke dalam. Maka, kuku bisa cenderung tumbuh ke dalam.

  • Keringat Berlebih

Cantengan jempol kaki bisa disebabkan karena keringat berlebih, bahkan jika kebersihan kaki tidak dijaga bisa menyebabkan kuku tumbuh ke dalam. Untuk itulah, menjaga kebersihan kaki harus diperhatikan agar terhindar dari penyakit kuku.

Jika kulit di jari kaki dan kaki lembab maupun hangat, rentan mengalami peradangan dan memicu infeksi.

  • Memotong Kuku Terlalu Pendek

Memotong kuku memang harus rutin agar kebersihannya terjaga, tetapi hindari memotong terlalu pendek karena memicu cantengan. Pastikan batas memotong kuku aman, tidak terlalu panjang maupun pendek sehingga tak terjadi permasalahan kuku.

Cara Mengobati Cantengan

Saat kuku mengalami peradangan, segera obati agar nyeri tak semakin parah. Untuk kondisi ringan, Anda bisa mengobatinya sendiri di rumah menggunakan bahan alami. Tetapi jika kondisinya cukup parah, sebaiknya ke dokter agar pemeriksaan serta pengobatannya tepat.

Untuk mengobati kondisi luka di kuku ringan, Anda bisa mengobati menggunakan pengobatan sederhana. Berikut ada pengobatan yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Rendam dengan air hangat

Anda bisa merendam kaki dengan air hangat untuk mengurangi pembengkakan dan meminimalisir nyeri. Anda bisa melakukannya sekitar 15 sampai 20 menit, lakukan 3 sampai 4 kali sehari agar nyeri dan pembengkakan cepat hilang.

Setelah selesai, jangan lupa keringkan jari-jari kuku menggunakan lap lembut sampai kering. Dengan begitu kaki tidak lembab.

  • Menggunakan antibiotik

Anda bisa menggunakan antibiotik cantengan di area kuku yang terkena agar proses penyembuhan lebih cepat. Anda bisa membeli antibiotik di Apotek maupun memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat antibiotik maupun obat pereda nyeri yang tepat.

  • Menyelipkan kapas

Menyelipkan kapas bisa dijadikan pilihan mengatasi kuku bermasalah. Anda bisa menyelipkan sedikit kapas di bawah tepi kuku yang tumbuh ke dalam. Dengan begitu membantu menggeser pertumbuhan kuku ke arah yang benar.

Perlu diingat, menyelipkan kapas di bawah kuku menimbulkan rasa sakit dan meningkatkan bakteri berkembang biak. Untuk mengurangi risikonya, bisa merendam kapas terlebih dahulu ke cairan alkohol.

Hal yang Dihindari agar Cantengan tidak Kambuh

Banyak orang mengeluh cantengan berulang walaupun sudah sembuh lama. Jangan khawatir, banyak hal yang bisa dilakukan agar cantengan tidak kambuh kembali. Berikut ada daftarnya.

  • Pastikan kaki selalu kering

Pencegahan kuku tumbuh ke dalam bisa dilakukan sendiri di rumah, yang terpenting Anda telaten membasuh ke kedua kaki agar kaki selalu sehat. Pastinya, kaki harus selalu kering sebelum memakai kaus kaki.

Usai ke kamar mandi, jangan lupa mengeringkan kaki dengan handuk yang lembut.

  • Kuku dipotong lurus

Memotong kuku kaki memang miring mengikuti lekukan kuku, tetapi hal tersebut memicu kuku tumbuh ke dalam. Untuk mencegah cantengan, Anda bisa memotong kuku lurus. Dengan begitu kuku tak akan tumbuh ke dalam.

  • Merendam kaki sebelum memotong kuku

Kuku tumbuh ke dalam bisa menyerang segala usia, untuk mencegahnya bisa merendam kaki sebelum memotong kuku. Anda bisa menerapkan cara tersebut karena membuat kuku lebih lunak, alhasil Anda mudah menggunting kuku tanpa kesulitan dan memicu nyeri. Khususnya nyeri di bagian ujung kuku.

Cara tersebut juga mencegah potongan kuku tidak rapi maupun bekas potongan kuku menusuk kulit.

  • Menjaga kebersihan kuku

Menjaga kebersihan kuku menjadi kunci utama terhindar dari tumbuhnya kuku ke dalam. Caranya juga mudah, Anda bisa membersihkan kuku dengan rutin memotongnya.

Jangan lupa membersihkan kotoran-kotoran yang menempel di bawah kuku atau sudut kuku. Saat mandi maupun ke kamar mandi, jangan lupa mencuci kaki dan area sekitarnya menggunakan sabun di bawah air mengalir.

  • Menggunakan kaus kaki yang benar

Kebanyakan orang memilih kaos kaki yang ketat karena nyaman dipakai. Apa jadinya jika Anda mengenakan kaus kaki sempit sepanjang hari, lama-lama kaki bisa lembab dan memicu cantengan.

Untuk menghindarinya, pakai kaos kaki longgar dan nyaman. Dengan begitu kaki tidak akan lembab dan memicu nyeri di ujung kaki. Anda bisa memilih kaus kaki yang nyaman. Jika jari-jari kuku masih bisa digerakkan, artinya aman dan tak akan menyakiti kuku.

Kuku tumbuh ke dalam dan memicu nyeri memang bisa diobati secara alami, tetapi ada kondisi serius yang membuat penderitanya membutuhkan pengobatan medis seperti operasi. Untuk menjamin kesehatan Anda, bisa membuat asuransi. Anda bisa membuat asuransi kesehatan di cekpremi.com karena sudah terbukti produknya dari penyedia asuransi tepercaya. Dengan begitu, Anda tak khawatir mengenai kesehatan Anda karena bisa menggunakan asuransi untuk berobat.

Cekpremi adalah menjadi portal online andalan masyarakat karena bisa membandingkan produk asuransi terpercaya. Anda tak perlu khawatir tertipu produk abal-abal karena informasi asuransi yang diberikan cekpremi, detail dan transparan. Dengan begitu Anda bisa memilih asuransi sesuai kebutuhan, dijamin semua keluhan cantengan teratasi dan bisa konsultasi dengan dokter agar terhindar dari kondisi kuku tumbuh ke dalam.

Sumber:

Halodoc

Ciputra Hospital

Klik Dokter

Hello Sehat