Ini Dia Mobil Buatan Indonesia yang Patut Dibanggakan

mobil buatan indonesia

Patut dibanggakan bahwa Indonesia sebenarnya sudah bisa membuat mobil sendiri. Cukup banyak mobil buatan Indonesia yang bahkan sudah sampai di pasaran luar negeri, hanya saja sayang beberapa diantaranya juga meredup.

Mulai dari mobil SUV, pick up bahkan mobil sport pun juga sudah diproduksi. Masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengenali mobil-mobil ini, apakah Anda salah satunya? Padahal kualitasnya juga tidak kalah dengan mobil keluaran China, Jepang dan Korea Selatan.

Deretan Mobil Buatan Indonesia, Ada yang Dijual ke Luar Negeri

Siapa sangka jika ternyata suku cadang mobil yang dibuat di Indonesia sudah banyak dipasarkan di luar negeri. Meskipun suku cadang ini berada di bawah naungan merk mobil asing seperti Daihatsu Gran Max.

Tidak berhenti disitu saja, Indonesia juga terus berusaha untuk memproduksi mobil dengan merk sendiri sampai saat ini. Cukup banyak mobil yang patut untuk dibanggakan meskipun pemasarannya tidak sebesar mobil-mobil asing.

Apa saja merk mobil buatan Indonesia yang perlu Anda kenali, berikut ini deretan lengkap dengan spesifikasinya.

  • Kancil

Pernah mendengar bahwa bajaj di Jakarta akan digantikan oleh mobil kancil? Banyak yang mengira bahwa Kancil adalah mobil buatan India padahal aslinya dari Indonesia. Mobil ini disebut dengan Kancil yang kepanjangannya Kendaraan Niaga Cilik Irit Lincah.

Diproduksi pada tahun 1999 oleh PT Karunia Abadi Niaga Citra Indonesia Lestari. Satu unit mobil ini memiliki harga sangat murah saat itu yaitu 17 juta rupiah. Sesuai dengan namanya, mobil ini memang diperuntukkan alat transportasi.

Mesinnya sendiri berkapasitas 404 cc yang pas untuk digunakan sebagai kendaraan harian. Mobil ini mampu mengangkut 4 orang dan memiliki kabin lebih luas dibandingkan bajaj. Mesinnya tentu tidak mengeluarkan suara berisik seperti bajaj jadi nyaman untuk digunakan.

  • Mahesa

Kebanyakan mobil buatan Indonesia memang dirancang untuk masyarakat menengah ke bawah. Salah satunya adalah mobil Mahesa yang diciptakan bagi petani untuk memudahkan aktivitas kerjanya seperti membajak sawah.

See also Simak Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil

Mahesa memanfaatkan mesin diesel yang kapasitasnya 650 cc. Kemampuannya cukup menarik karena bisa melaju 55 km per jam. Konsumsi bahan bakarnya pun sangat irit, untuk 30 km hanya membutuhkan 1 liter solar saja. Ditambah lagi mobil juga sudah menggunakan sistem Power Take Off yang bisa tersambung ke mesin pertanian.

Mobil ini memiliki bak belakang yang mirip dengan pickup namun ukurannya lebih kecil. Kabinnya cukup luas sehingga bisa mengangkut 3 penumpang. Mahesa hadir dengan warna yang terang seperti merah dan kuning.

  • AMMDes

Alat mekanis Multiguna Pedesaan atau AMMDes ini memiliki ukuran yang lebih besar dari Mahesa. Fungsi utamanya adalah sebagai angkutan desa yang bisa digunakan para petani untuk bekerja. Oleh karena itu desainnya pun semi offroad agar bisa melewati jalanan yang berbatu.

Hadir pada tahun 2018, mesinnya menggunakan diesel yang memiliki 14 tenaga kuda. Kemampuannya sangat besar yakni mengangkut beban sampai 700 kg. Pemasaran AMMDes bahkan tidak hanya di Indonesia tetapi juga Nigeria serat Afrika Barat.

Penjualan mobil ini bahkan mencapai 10.000 unit dalam waktu 5 tahun yang sangat membuat Indonesia bangga tentunya. Pasalnya mobil ini memang dibutuhkan untuk sektor pertanian.

  • Maleo

Mobil buatan Indonesia selanjutnya ini merupakan mobil sedan asli Indonesia yang rilis tahun 1993. Pembuatannya sendiri merupakan kerja gabungan antara PT Industri Pesawat Terbang Nusantara dan juga Rover asal Inggris. Mobil ini jadi proyek Bj Habibie kala menjabat Menteri Riset dan Teknologi.

Sangat dibanggakan bahwa Indonesia sudah berhasil membuat mobil sedan dengan mesin 1.200 cc yang teknologinya juga sudah injeksi. Tinggi mobil ini adalah 1,3 meter dengan panjang 3,5 meter.

Pada perancangannya mobil Maleo ditujukan untuk dijual dengan harga terjangkau bagi masyarakat Indonesia. Bahkan sudah ada 11 rancangan saat itu, sayangnya produksinya terhenti karena krisis moneter.

  • GEA

Ada juga mobil buatan Indonesia yang bernama GEA yaitu Gulirkan energi Alternatif. Hadirnya mobil ini berkat PT INKA yang memanfaatkan mesin Riset Unggulan Strategi Nasional dan jadi proyek dari BPPT.

See also 10 Rekomendasi Merk Aki Motor Terbaik, Tips Memilih dan Jenisnya!

Mobil perkotaan ini memiliki mesin yang kapasitasnya 640 cc dan 2 silinder. Saat pertama kali dibuat, mobil ini rencananya akan dijual dengan harga 45 sampai 55 juta rupiah. Jika dilihat dari spesifikasi mobil ini tentu memiliki prospek yang menjanjikan, sayangnya kelanjutannya tidak terdengar lagi.

  • Esemka

Mobil Esemka sempat santer terdengar pada tahun 2019 karena Bapak Jokowi yang merupakan Presiden Indonesia. Dibandingkan mobil lainnya, Esemka memiliki tampilan yang lebih modern. Menariknya lagi penciptaan mobil ini juga berkat anak-anak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Saat ini produksi mobil Esemka ada di bawah naungan PT Solo Manufaktur Kreasi yang ada di Boyolali. Per tahunnya pabrik ini bisa memproduksi sampai 12.000 unit mobil yang dibagi menjadi mobil SUV dan juga mini truck.

Suku cadang mobil Esemka didapatkan dari komponen lokal pula yaitu dari PT INK dan Pertamina. Jadi bisa dikatakan bahwa mobil Esemka inilah yang asli Indonesia.

  • Tawon

Sama seperti Esemka, mobil Tawon juga menjadi bagian karya anak-anak SMK Indonesia. Mobil ini bertujuan digunakan untuk angkutan pedesaan. Oleh karena itu menggunakan mesin berkapasitas 650 cc dan bahan bakar yang cukup irit.

Mobil ini dipasarkan dengan harga 43 juta rupiah dan sudah berhasil meluncurkan beberapa varian. Mulai dari Taksi Tawon, Metro Tawon, Tawon AutoGas dan masih banyak lagi. Sayangnya mobil ini juga tidak jelas bagaimana kelanjutan produksinya.

  • Selo

Bukan hanya mobil untuk angkutan umum tetapi juga mobil sport sudah berhasil diciptakan Indonesia. Salah satunya adalah Selo yang jika dilihat sekilas tidak kalah gagah dengan Lamborghini atau Ferrari.

Mobil ini dirancang oleh Ricky Nelson dan jadi mobil yang ramah lingkungan karena memanfaatkan motor listrik. daya yang dihasilkan sampai 182 tk dengan kemampuan menempuh jarak sampai 250 km per jam.

See also Yuk Cari Tahu! Apa Peran Cakram Rem dalam Sistem Pengereman

Cukup banyak bukan mobil buatan Indonesia, apakah Anda tertarik untuk membelinya? Jangan lupa, Anda yang sudah memiliki mobil harus punya juga asuransi mobil. Asuransi adalah bentuk perlindungan besar terhadap mobil dan keuangan Anda.

Anda yang masih memilih asuransi mobil bisa mencari tahu dengan membandingkan berbagai produk melalui Cekpremi. Anda bisa dengan mudah menentukan mana asuransi yang sesuai kebutuhan. Segera cek dulu asuransinya di Cekpremi.

Sumber:

Otospector

Oto Klix

Moladin

Gramedia

Kumparan