Iklan di HP Bikin Repot, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

iklan di hp

Siapa sangka smartphone menjadi kebutuhan primer bagi semua kalangan. Namun sayangnya semakin sering digunakan justru meningkatkan risiko kerusakan. Bahkan tidak jarang muncul banyak iklan di HP karena kebiasaan buruk pengguna. Lalu tahukah Anda apa saja penyebab muncul iklan di smartphone?

Iklan yang muncul secara tiba-tiba sewaktu Anda mengoperasikan smartphone tentunya sangat menjengkelkan, ‘kan? Bagaimana tidak, terkadang isi konten iklan tersebut tidak sesuai hingga memuat gambar yang tidak sepantasnya. Namun mau bagaimana lagi, iklan menjadi sumber pendapatan dan subsidi untuk layanan gratis.

Macam-macam Iklan di HP

Apakah sekarang Anda sedang mengalami iklan yang terus muncul di layar kunci, homescreen, atau bahkan aplikasi smartphone? Fenomena tersebut tentu membuat Anda repot dan mengganggu kenyamanan saat menggunakan ponsel. Namun tahukah Anda ternyata ada beberapa jenis iklan yang muncul di smartphone, diantaranya adalah:

1. Iklan Sistem

Jenis iklan yang pertama adalah iklan sistem yang biasanya merupakan advertisement bawaan Android. Iklan sistem tersebut muncul pada menu notifikasi dan juga aplikasi-aplikasi bawaan seperti video player, music player, browser, pengaturan, dan masih aplikasi lainnya.

2. Iklan Aplikasi

Selain iklan sistem, ternyata ada jenis iklan lain yang tidak kalah menjengkelkannya yaitu iklan aplikasi. Umumnya iklan jenis ini bersumber dari aplikasi berjalan yang tidak diketahui dan juga bisa berasal dari aplikasi yang di root.

3. Iklan Virus

Sesuai namanya, iklan di HP yang selanjutnya adalah iklan virus atau yang sering disebut sebagai adware. Iklan virus sering muncul pada sistem secara tiba-tiba tanpa diketahui apa penyebabnya. Namun kemungkinan besarnya adalah karena disusupi adware dari pihak ketiga.

4 Penyebab HP Muncul Banyak Iklan

Munculnya iklan di HP tentu tidak datang begitu saja. Ada banyak faktor penyebab yang memicu iklan-iklan tersebut masuk ke perangkat ponsel Anda. Lalu apa saja penyebab muncul iklan di smartphone? Ayo simak ulasan yang akan dibahas berikut ini!

1. HP Terkena Adware atau Malware

Penyebab yang paling sering dialami oleh pengguna smartphone adalah HP terkena adware ataupun malware. Adware sendiri adalah jenis software yang secara otomatis menampilkan iklan saat pengguna menggunakan aplikasi atau saat menjelajah internet.

Sedangkan malware merupakan software jahat yang bisa menyebabkan masalah keamanan pada perangkat. Tentu saja kedua virus tersebut akan membuat iklan muncul di smartphone tanpa henti.

2. Pemberitahuan Dari Situs Web

Tahukah Anda, faktanya memang beberapa situs web akan meminta izin untuk mengirimkan notifikasi atau pemberitahuan berupa iklan. Nah jika Anda mengizinkannya maka pemberitahuan tersebut akan muncul di layar kunci.

Inilah kenapa sebaiknya Anda berhati-hati saat berselancar di internet dengan menghindari menekan aktivasi notifikasi yang sering muncul ketika mengunjungi suatu situs website agar iklan tidak muncul di smartphone.

3. Adanya Aplikasi dengan Iklan Bawaan

Anda mungkin kerap mengunduh aplikasi dari Google Play Store, ternyata banyak aplikasi-aplikasi ini yang mengandung iklan bawaan. Hal tersebut justru membuat iklan di HP semakin sering muncul meski Anda jarang membuka aplikasi tersebut.

Tidak bisa dipungkiri kalau developer ingin mendapatkan profit dari iklan-iklan yang mereka tampilkan demi mendukung pengembangan serta pemeliharaan aplikasi. Sebagai konsekuensinya, iklan akan tetap muncul pada aplikasi bahkan pada layar kunci hingga homescreen sekalipun.

4. Bawaan Antarmuka Sistem

Sering muncul iklan di HP Xiaomi bisa jadi disebabkan karena bawaan interface sistem. Pasalnya ada beberapa manufaktur yang tercatat membawa sistem iklan ke dalam produk smartphone buatannya untuk mendapatkan profit tambahan, termasuk Xiaomi yang terkenal dengan harganya yang terjangkau.

Sebenarnya cukup wajar jika brand smartphone tersebut menggunakan iklan sebagai metode alternatif demi menghasilkan profit. Sayangnya Anda tidak bisa mengatasi hal ini selain mengganti perangkat ke merek lain.

Cara Mengatasi Iklan di HP Terampuh

Iklan di HP yang muncul terus menerus tentu tidak membuat Anda nyaman, ‘kan? Namun jangan khawatir karena ada banyak cara menghilangkan iklan yang tiba-tiba muncul. Penasaran? Berikut ini cara mengatasi iklan di smartphone yang bisa Anda ikuti.

1. Hapus Sejumlah Aplikasi

Seperti yang sudah Anda ketahui, salah satu penyebab munculnya iklan di ponsel adalah karena bawaan aplikasi. Inilah kenapa sebaiknya segera hapus sejumlah aplikasi yang dirasa mendatangkan iklan. Aplikasi tersebut bisa berupa game, clean master, antivirus, atau bahkan aplikasi bawaan ponsel.

2. Unduh Aplikasi Antivirus

Cara menghilangkan iklan di HP Oppo selanjutnya adalah dengan mengunduh aplikasi antivirus yang bisa Anda dapatkan dari Play Store atau App Store. Aplikasi tersebut berguna memblokir iklan dengan menghilangkan malware dan adware yang mungkin masuk ke perangkat. Namun ingat, pastikan aplikasi antivirus yang diunduh sudah terjamin aman.

3. Setting Keamanan

Iklan di ponsel bisa hilang hanya dengan melakukan setting keamanan saja. Caranya mudah, yaitu cukup masuk ke menu Security Setting lalu pilih opsi “jangan izinkan penginstalan aplikasi dari sumber yang tidak dikenal”. Selanjutnya Anda tinggal melakukan pembaruan aplikasi di Play Store dan sebaiknya pasang VPN jika Anda menggunakan WiFi.

4. Ubah Pengaturan Pada Google Chrome

Google Chrome adalah aplikasi browser bawaan pada perangkat Android. Disana juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang bisa menghilangkan iklan tanpa root. Caranya yaitu dengan mengaktifkan fitur blokir iklan pop up otomatis. Langkah ini berlaku juga untuk memblokir iklan saat Anda membuka Google Chrome.

5. Reset HP

Jika sejumlah cara menghilangkan iklan di HP Android yang tiba-tiba muncul sebelumnya masih belum berhasil, maka tidak ada cara lain selain melakukan reset perangkat atau mengembalikan smartphone ke setelan pabrik. Cara ini bahkan lebih efektif dibandingkan langkah lain, hanya saja Anda perlu waspada terhadap data yang mungkin bisa terhapus.

Terlepas dari itu, ada satu hal lain yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu penggunaan asuransi properti. Tujuan dari asuransi properti ini adalah untuk menjaga fungsi smartphone yang Anda miliki jika sewaktu-waktu muncul iklan di HP yang mengganggu sehingga Anda tidak perlu repot terkait masalah biaya lagi.

Nah kini Cekpremi akan membantu Anda mendapatkan produk asuransi properti terbaik. Cekpremi menyediakan fitur pembanding asuransi yang akan merekomendasikan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda secara mudah, praktis, dan tanpa biaya tambahan sama sekali.

Sebagai portal pembanding asuransi online, Cekpremi terjamin mampu membantu Anda menemukan apa yang dibutuhkan, termasuk produk asuransi properti yang berkualitas. Ayo segera kunjungi website resmi Cekpremi untuk merasakan fitur pembanding asuransi yang Anda inginkan demi menghilangkan iklan di HP tanpa mengeluarkan budget sedikitpun.

References:

Rumah 123

Gadget Tren

Qwords

Iuwashplus