Mengenal Fungsi Koil Mobil beserta Cara Kerjanya

koil mobil

Konsumsi bahan bakar mobil menjadi lebih boros dan tenaga mesinnya tidak maksimal? Mobil susah dihidupkan saat udara dingin atau justru tiba-tiba mati saat cuaca panas? Bisa jadi, kondisi ini terjadi akibat adanya masalah ignition coil atau koil mobil Anda.

Ignition coil adalah sebuah komponen dalam sistem pengapian pada kendaraan bermotor. “Koil” sendiri adalah singkatan dari “coil” dalam bahasa Inggris yang berarti “kumparan”. Koil ini berfungsi untuk mengubah tegangan listrik rendah dari baterai menjadi tegangan tinggi yang diperlukan untuk membakar campuran udara dan bahan bakar di ruang bakar mesin.

Berbagai Fungsi Koil Mobil

Berikut ini adalah beberapa fungsi utama ignition coil.

  1. Meningkatkan Tegangan

Salah satu fungsi utama koil mobil adalah meningkatkan tegangan listrik dari baterai mobil yang rendah menjadi tegangan yang cukup tinggi untuk memicu busi. Tegangan ini diperlukan agar percikan listrik yang kuat dapat melintasi celah busi dan membakar campuran udara-bahan bakar di dalam ruang bakar.

Di sinilah fungsi dari ignition coil menjadi hal yang paling krusial dari sebuah kendaraan. Pasalnya, komponen yang satu ini mampu mengubah tegangan rendah, yakni 12 volt ke tegangan tinggi hingga menjadi 10.000 volt. Dengan kemampuan ini, maka mobil bisa mendapatkan daya untuk bisa menyala.

  1. Mengatur Pengapian

Selanjutnya, ignition coil juga mampu mengatur pengapian dalam ruang bakar. Pada dasarnya, agar sebuah mobil bisa menyala dibutuhkan sebuah sistem pengapian yang baik berdasarkan standar otomotif. Adapun tujuan dari pengaturan api ini adalah untuk menghindari besaran api supaya volumenya seimbang atau stabil.

Dimana besaran apinya tidak semakin tinggi atau terlalu rendah yang akhirnya bisa membuat mesin dapat menyala. Sistem pengapian dan ruang bakar mobil ini akan langsung bekerja memberikan aliran listrik ke seluruh mesin tiap kali kontak mobil dinyalakan.

  1. Pembangkit Percikan Bunga Api
See also Ban Mobil Botak Sebelah - Penyebab dan Cara Memperbaikinya

Fungsi lain dari ignition coil yaitu untuk membangkitkan percikan bunga api yang diperlukan mobil supaya bisa menyala. Dengan komponen koil tersebut, hal ini bisa menjadikan aliran tegangan listrik terpacu secara maksimal dan mampu mengubah tegangannya menjadi 10.000 volt.

Supaya percikan api ini bisa muncul, maka diperlukan adanya komponen lain yaitu busi. Dimana busi ini akan bergesekan secara berkesinambungan dengan ignition coil.

  1. Meneruskan Proses Pembakaran

Koil mobil memicu proses pembakaran yang terjadi pada onderdil motor, kemudian berlanjut ke komponen busi dengan saluran melalui kabel bertegangan tinggi. Tegangan ini merupakan hasil dari proses pengaliran listrik melalui komponen aki.

Jadi, kinerja komponen busi ini diawali dengan menaikkan tegangan tinggi dengan bantuan aki yang diteruskan ke bagian busi. Kemudian hal ini akan menimbulkan percikan bunga api dan diteruskan di ruang bakar mesin.

Cara Kerja Koil Mobil

Perlu diketahui, bahwa koil pengapian memiliki dua buah kumparan dengan sebuah inti besi, yakni gulungan primer dan sekunder. Gulungan utama (primer) ini terhubung ke kunci kontak sebagai suplai utama tegangan. Sementara gulungan sekunder ini fungsinya adalah sebagai ground.

Selanjutnya, ada juga gulungan yang berada di dalam ignition coil yang terdiri dari ribuan lilitan tembaga. Untuk satu lilitan ke terminal positif, sedangkan lilitan lainnya adalah ke output tegangan tinggi.

Cara kerjanya sendiri, yakni gulungan primer koil terhubung ke sistem pengapian mobil dan berfungsi sebagai gulungan yang memicu operasi koil. Ketika kunci kontak dihidupkan, arus listrik mengalir dari baterai ke koil melalui saklar pengapian (ignition switch). Hal ini menghasilkan medan magnet yang ada di sekitar koil.

Sementara gulungan sekunder koil terdiri dari gulungan kawat yang melilit sekitar inti besi di dalam koil. Ketika arus listrik mengalir melalui kumparan primer, medan magnet yang dihasilkan akan menyebabkan arus listrik meningkat secara tiba-tiba dalam kumparan sekunder.

See also Rating NCAP adalah Awal Mula dan Manfaat dari Uji NCAP

Medan magnet yang dihasilkan oleh arus ini sangat kuat. Setelah medan magnet mencapai puncaknya, saklar pengapian akan memutus aliran listrik dari baterai ke koil. Penghentian aliran listrik ini menyebabkan medan magnet di sekitar koil runtuh dengan cepat.

Ketika medan magnet ini runtuh, kumparan sekunder dalam koil mengalami induksi, yaitu menghasilkan arus listrik yang sangat tinggi. Arus ini mengalir ke distributor pengapian dan kemudian diteruskan ke busi melalui kabel pengapian.

Arus tinggi yang dihasilkan oleh ignition coil menyebabkan percikan di elektroda busi. Percikan inilah yang membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang bakar mesin. Dalam kesimpulannya, ignition coil bekerja dengan mengubah tegangan listrik rendah dari baterai menjadi tegangan yang tinggi.

Kondisi ini bisa mampu menghasilkan medan magnet yang kuat. Medan magnet ini digunakan untuk menginduksi arus tinggi dalam kumparan sekunder koil, yang kemudian menghasilkan percikan di busi untuk mengapikan campuran bahan bakar dan udara dalam mesin.

Pentingnya Menjaga Koil Mobil

Merawat koil mobil adalah hal yang penting untuk menjaga kinerja mesin mobil dan memastikannya tetap berfungsi dengan baik. Perlu diketahui, kegagalan koil dapat menyebabkan mesin mobil sulit dihidupkan atau berjalan tidak lancar.

Dengan menjaga koil dalam kondisi baik, Anda dapat mencegah kerusakan yang lebih parah pada sistem pengapian. Tentu saja hal ini efektif menghindari biaya perbaikan yang lebih tinggi. Untuk menjaga koil mobil, Anda dapat melakukan beberapa tindakan perawatan.

Seperti menjaga kebersihan dan ketahanan koil dari kelembaban, serta memeriksa kabel penghubung yang terhubung ke koil. Anda juga perlu melakukan pemeliharaan rutin sesuai dengan rekomendasi produsen mobil. Termasuk pemeriksaan sistem pengapian secara keseluruhan.

See also Pentingnya Merawat Ban Serep Secara Berkala

Apalagi, komponen koil ini juga ada masa pakainya. Mengingat perannya yang cukup krusial, maka penting untuk mengikuti anjuran pabrikan. Idealnya, penggantian ignition coil ini perlu dilakukan setiap 5 tahun sekali untuk pemakaian normal di area perkotaan.

Semakin sulit akses, maka usia pakai koil mobil juga lebih pendek dan perlu penggantian baru segera. Selain perawatan, Anda juga memerlukan proteksi mobil ketika sewaktu-waktu membutuhkan perbaikan. Proteksi ini penting, mengingat biaya perawatan mobil tidaklah murah.

Dengan memiliki jaminan proteksi seperti asuransi mobil, maka Anda tidak perlu khawatir lagi dengan biaya tersebut. Asuransi mobil memiliki beberapa manfaat penting yang dapat melindungi pemilik mobil dari risiko finansial. Dapatkan rekomendasi asuransi mobil terbaik dan terpercaya melalui Cekpremi.com!

REFERENSI:

Auto2000

Suzuki

Suzuki Pinang

Mobilmo

Dokter Mobil