Kenali Ciri-ciri dan Mitos Rumah Tusuk Sate

Rumah tusuk sate

Rumah tusuk sate merupakan rumah yang tepat berada di ujung jalan tanpa belokan atau dengan kata lain ujung persimpangan. Banyak orang yang enggan membeli rumah jenis ini karena mitos yang beredar. Tidak heran apabila rumah tusuk sate umumnya memiliki harga lebih rendah daripada rumah lainnya.

Mempunyai rumah adalah keinginan setiap orang. Terdapat beberapa tipe dan jenis rumah yang bisa dipilih mulai dari cluster hingga rumah biasa. Tak hanya itu Anda pun dapat membangun sendiri atau mencari rumah yang telah berdiri dan siap ditinggali.

Akan tetapi, dalam memilih hunian impian tentu Anda harus menimbang dengan matang. Pastikan akses, fasilitas, serta lokasinya strategis. Terkait dengan lokasi, sebagian besar orang akan menghindari rumah tusuk sate yang kerap disebut mendatangkan kesialan bagi penghuninya. Berikut penjelasan, ciri-ciri, sampai mitos rumah tusuk sate yang perlu diketahui.

Rumah Tusuk Sate: Penjelasan dan Ciri-cirinya

Memilih rumah tusuk sate menjadi pantangan bagi kebanyakan orang karena dianggap bukan lokasi yang bagus. Rumah dengan posisi di ujung pertigaan ini biasanya menghadap ke jalan utama. Berikut ciri-ciri rumah tusuk sate yang masih dihindari orang-orang hingga kini.

  • Terletak di Persimpangan Jalan

Seperti telah disinggung sebelumnya bahwa rumah tusuk sate terletak di persimpangan jalan atau tepat di ujung pertigaan. Lokasinya yang merupakan pertemuan jalur utama dengan jalan yang lebih kecil menjadikan suasananya tidak pernah tenang.

  • Lebih Ramai

Rumah dengan posisi tusuk sate juga cenderung ramai oleh pengendara atau pengguna jalan. Oleh sebab itu, Anda yang menyukai suasana tenang tidak cocok memilih jenis rumah ini.

  • Mudah Kotor

Selain kondisi yang ramai dan bising, rumah juga cenderung gampang kotor akibat debu. Hal ini disebabkan oleh angin pada hunian tusuk sate yang umumnya lebih besar.

  • Privasi Kurang

See also Apa Sih Manfaat Menabung? Yuk Simak Penjelasan Lengkapnya!

Rumah di ujung pertigaan pun memiliki privasi yang kurang bagi para penghuninya. Ini tak lain karena suasana ramai dari pengguna jalan yang lewat setiap waktu.

Mitos Rumah Tusuk Sate

Rumah tusuk sate selalu menarik untuk diulik. Berdasarkan pandangan feng shui, properti yang berdiri pada posisi ini dipercaya dapat mendatangkan energi negatif karena anggapan bahwa persimpangan lurus merupakan panah beracun. Berikut beberapa mitos yang beredar tentang posisi tusuk sate.

  • Keluarga Kurang Harmonis

Rumah yang ada di ujung pertigaan disebut dapat memengaruhi keharmonisan keluarga. Hawa panas yang terus muncul atau menyelimuti rumah disebut sebagai penyebabnya.

Apabila dilihat dari kacamata ilmiah, lokasi yang berada di persimpangan serta langsung menghadap jalan memang cenderung berhawa panas karena sinar matahari yang lebih mudah masuk. Sementara itu, cuaca panas juga akan lebih mudah memicu emosi seseorang.

Jadi, masuk akal bila hawa yang panas berpengaruh terhadap keharmonisan keluarga. Sebaiknya pasang kanopi sebagai penghalang sehingga cahaya tidak langsung menyentuh rumah.

  • Penghuni yang Rawan Tertimpa Nasib Buruk

Hunian tusuk sate pun kerap dihubungkan dengan nasib buruk. Orang-orang yang tinggal di dalamnya disebut bakal selalu tertimpa hal-hal yang buruk, kesialan, atau amat rentan terkena penyakit.

  • Rawan Kecelakaan

Rumah yang menghadap langsung ke jalan juga sangat rawan terdampak kecelakaan lalu lintas. Terlebih posisi tusuk sate memang selalu ramai dilalui pengguna jalan. Untuk meminimalkan dampak kecelakaan sehingga tak langsung mengenai bangunan rumah, Anda dapat memasang pagar, membuat kolam, serta taman di depan rumah.

  • Rezeki Tidak Lancar

Lokasi ini pun disebut-sebut sebagai penghambat rezeki para penghuni rumah. Apapun yang berkaitan dengan finansial mulai dari mencari pekerjaan hingga usaha dipercaya tidak akan lancar sehingga berpengaruh pada ekonomi keluarga.

See also Iklan di HP Mengganggu, Ini Cara Menghilangkannya

Di balik mitos yang cukup menakutkan, ada keuntungan bila Anda memilih rumah tersebut. Berikut beberapa di antaranya.

  • Harga Beli Lebih Terjangkau

Harga properti ini umumnya lebih murah sebab sebagian orang masih mempercayai mitos tentang posisinya yang tidak menguntungkan.

  • Dimanfaatkan untuk Tempat Beriklan

Hunian tusuk sate identik dengan lokasi yang berada di tepi jalan. Karena itu, sangat cocok bila digunakan sebagai tempat beriklan.

  • Lokasi Usaha

Rumah jenis ini juga bisa dimanfaatkan untuk tempat usaha. Sebagai contoh, kedai kopi, toko kelontong, hingga angkringan. Namun, pastikan tempat usaha tidak mengganggu pengguna jalan terlebih bila sengaja memakai badan jalan sehingga lalu lintas terhambat.

  • Sirkulasi Udara Lebih Baik

Sirkulasi udara hunian disebut lebih baik sebab cahaya matahari dan angin yang mudah masuk ke dalam rumah. Keadaan ini akan berpengaruh terhadap kesehatan para penghuni rumah.

Demikian beberapa ciri dan mitos rumah tusuk sate yang harus diketahui terutama apabila Anda tengah mencari hunian. Selain dampak positif dan negatif rumah tusuk sate, sebaiknya Anda mengenali contoh tanah tusuk sate sehingga tidak salah ketika terjun langsung mencari lokasi terbaik.

Baik memilih rumah berlokasi tusuk sate atau hunian biasa tentu tergantung dari kesepakatan dan pertimbangan masing-masing pasangan. Akan tetapi, satu hal yang perlu diperhatikan tatkala sudah mempunyai hunian yaitu memastikan properti tetap aman ketika misalnya Anda tinggal bepergian.

Saat ini tindak kriminalitas rawan terjadi pada hunian khususnya yang tidak berpenghuni. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk melindungi aset bangunan atau rumah Anda dengan membeli asuransi properti terbaik di Indonesia. Asuransi properti dari berbagai perusahaan asuransi profesional bisa Anda dapatkan hanya di cekpremi.com.

See also 4 Cara Memasang Audio Mobil Supaya Aki Tidak Tekor

Untuk asuransi properti, ada beberapa varian yang dapat dipilih. Pertama adalah asuransi kebakaran yang memberi jaminan bila terjadi kebakaran hingga ledakan. Kedua, asuransi PAR (Property All Risk) yang menjamin properti dari risiko banjir, kerusuhan, dan sebagainya. Terakhir ada asuransi gempa bumi yang memberi jaminan tambahan pada properti yang terkena gempa, tsunami, hingga letusan gunung.

Masih bingung mencari asuransi properti terbaik? Coba kunjungi cekpremi.com yang merupakan portal asuransi online yang dapat Anda gunakan untuk membandingkan sekaligus mencari asuransi sesuai kebutuhan mulai dari asuransi kesehatan, properti, mobil, jiwa, sampai perjalanan. Jangan ragu lagi, penuhi kebutuhan asuransi Anda dan temukan beragam asuransi dari perusahaan terbaik di cekpremi.com.

Sumber referensi:

Gramedia

Rumah

Liputan6