Kupas Habis Fungsi Ring Piston dan Tips Merawatnya

fungsi ring piston

Sebagai seorang pengguna kendaraan roda empat, pastinya Anda perlu memahami apa itu ring piston. Pasalnya meski termasuk kedalam komponen slow moving, ring piston termasuk komponen vital demi menjaga kinerja mesin. Karena fungsi ring piston sangat penting, maka Anda pun wajib menjaganya dari kerusakan.

Sesuai namanya, ring piston berbentuk lingkaran menyerupai cincin berada di dinding piston. Faktanya kondisi ring piston ini bisa menjadi salah satu faktor untuk menilai apakah mobil tersebut bekerja dengan baik atau tidak. Nah supaya Anda dapat memahami lebih dalam terkait komponen yang satu ini, silakan simak ulasan berikut.

Apa itu Ring Piston?

Setiap kendaraan roda empat dari brand manapun tentu memiliki komponen fast moving dan juga slow moving. Nah ring piston mobil adalah salah satu komponen slow moving yang harus diperhatikan. Pasalnya jika terjadi kerusakan sedikit saja, perangkat tersebut harus segera diganti. Inilah kenapa perlu dilakukan pengecekan berkala.

Umumnya ring piston dibagi menjadi tiga bagian. Bagian paling atas adalah ring kompresi satu dan bagian tengah merupakan ring kompresi dua. Adapun bagian ketiga terletak di paling bawah yang disebut ring oli. Fungsi ring piston satu dan dua yaitu untuk menjaga kompresi mesin agar menghasilkan daya ledak. Sedangkan ring oli berperan agar badan piston tetap terlumasi.

Ada sejumlah keunggulan ring piston mobil, yaitu:

  • Terbuat dari logam yang sesuai dengan standard genuine sehingga terjamin memiliki elasitas yang baik, tahan aus, tahan terhadap suhu tinggi, dan memiliki sifat luncur yang maksimal
  • Memiliki kepresisian dimensi yang baik
  • Ada beberapa varian ring piston untuk berbagai macam merk dan tipe kendaraan

4 Kegunaan dan Fungsi Ring Piston

Ring piston atau yang bisa disebut juga sebagai ring seher menjadi komponen mobil yang mempengaruhi kinerja mesin. Tidak hanya itu saja, masih ada banyak kegunaan dan fungsi ring piston lainnya. Penasaran? Berikut ini informasinya!

1. Menjaga Kompresi Mesin

Tugas ring piston mobil yang pertama adalah menjaga kompresi mesin agar selalu optimal. Seperti yang Anda ketahui sendiri bahwa mesin mobil adalah teknologi kompleks dan untuk menjaga kinerjanya, diperlukan ring piston yang berfungsi optimal.

Jika ring piston tersebut tidak ada atau bahkan mengalami kerusakan, sudah dipastikan mesin mobil akan bermasalah terus menerus. Untuk mencegahnya, Anda wajib mengecek seluruh kondisi piston yang ada dalam mesin mobil secara rutin.

2. Mencegah Kebocoran Kompresi

Selain menjaga kompresi mesin, fungsi ring piston selanjutnya adalah mencegah kebocoran pada kompresi tersebut. Kebocoran menjadi salah satu penyakit yang sering menghantui mesin mobil, sehingga diperlukan ring piston yang sehat.

Ring piston mampu mencegah kebocoran kompresi karena memiliki seal yang sangat diperlukan oleh sebuah mesin. Adapun kebocoran itu dapat terjadi di beberapa titik, seperti pada silinder dan juga piston. Dengan adanya seal tersebut, kebocoran pada kompresi bisa diminimalisir.

3. Meminimalisir Gesekan pada Dinding Silinder

Faktanya ring piston juga berfungsi untuk meminimalisir terjadinya gesekan di dinding silinder. Meski salah satu cara agar mesin bekerja adalah dengan gesekan, tetapi untuk menguranginya, Anda harus menggunakan ring piston dengan kualitas terbaik.

Akan lebih baik kalau ring piston tersebut dipadukan dengan pelumas, maka mesin mobil akan tetap prima sepanjang waktu dan secara perlahan ring ini bisa meminimalisir adanya gesekan pada dinding silinder.

4. Menghambat Oli Masuk ke dalam Ruang Bakar

Oli yang berkualitas tinggi mampu menjaga mesin agar dapat bekerja dengan maksimal. Namun sayangnya meskipun Anda menggunakan oli berkualitas sekalipun, jika tiba-tiba oli tersebut masuk ke ruang bakar, justru akan sangat berbahaya. Kenapa?

Pasalnya oli sendiri memang tidak boleh masuk ke dalam bagian ruang bakar. Sehingga Anda perlu menjaga kebersihan mesin agar tetap terjaga kebersihannya dan jangan biarkan oli masuk ke dalam ruang bakar guna menghindari timbulnya sejumlah masalah mesin.

3 Penyebab Ring Piston Rusak

Karena fungsi ring piston ini sangat penting bagi kesehatan mesin mobil, maka Anda pun harus tahu bagaimana cara merawatnya. Namun sebelum itu, ayo cari tahu terlebih dulu apa saja penyebab yang berisiko membuat ring piston rusak.

1. Faktor Umur

Ring piston memang termasuk kedalam komponen slow moving, sehingga tidak harus diganti terlalu cepat. Namun ingat, jangka waktu penggantiannya tergantung pemakaian dan perawatan mobil Anda yang kalau dibiarkan justru akan membuatnya berisiko rusak lebih cepat.

2. Filter Udara

Selain umur, Anda juga perlu waspada terhadap filter udara yang akan berdebu jika jarang dibersihkan. Debu-debu tersebut justru akan terhisap ke dalam proses pembakaran sehingga membuat kerak karbon menempel di sela-sela ring piston dan membuat fungsi ring piston cepat rusak.

3. Oli Mesin

Kebiasaan terlambat mengganti oli mesin sebaiknya dihindari karena akan mengurangi kemampuan oli dalam melumasi komponen mesin. Akibatnya liner silinder dan badan piston menjadi baret yang lama kelamaan bisa mengganggu kinerja ring piston.

Tanda-Tanda Kerusakan Pada Ring Piston

Untuk mengetahui bagaimana kesehatan ring piston mobil, Anda juga bisa memperhatikan gejala-gejala yang timbul. Dan di bawah ini adalah beberapa tanda kerusakan pada fungsi ring piston, diantaranya adalah:

  • Oli mesin cepat habis
  • Keluar asap putih dari knalpot
  • Kick starter terasa lebih ringan bahkan kadang ngelos

Tips Merawat Ring Piston

Demi menghindari masalah kerusakan yang bisa saja muncul dan menjaga fungsi ring piston tetap maksimal, maka Anda perlu merawatnya dengan baik. Caranya adalah dengan menggunakan oli mesin yang sesuai serta rutin menggantinya.

Disarankan untuk mengganti oli setiap enam bulan sekali atau sesuai dengan patokan KM, yaitu tiap 5000 KM mengganti oli. Anda pun harus memperhatikan pemasangan ring karena diperlukan celah jarak yang berbeda tiap ring demi mencegah kebocoran ketika ada kompresi.

Tidak cukup sampai disana, jangan lupa juga gunakan asuransi mobil. Pasalnya asuransi mobil tersebut bermanfaat agar Anda tidak perlu repot lagi terkait masalah biaya jika terjadi kerusakan. Semua masalah-masalah kendaraan tersebut pasti ditanggung 100% oleh asuransi.

Nah kini Anda bisa memanfaatkan fitur pembanding asuransi online terbaru dari Cekpremi untuk mendapatkan rekomendasi produk asuransi mobil berkualitas yang sesuai kebutuhan. Cekpremi terjamin membantu Anda dengan proses yang praktis serta tanpa adanya tambahan biaya.

Oleh karena itu, ayo segera kunjungi website Cekpremi sekarang juga dan rasakan fitur pembanding asuransi mobil terbaik demi menjaga fungsi ring piston agar tetap bekerja secara maksimal. Tunggu apalagi?

References:

Momobil

Auto2000

Garda Oto

Indoparts

Speedwork

IDN Times

Sumber Gambar : dok. momobil