Segini Biaya Tes DNA Lengkap dengan Proses dan Manfaatnya

biaya tes dna

Tes Deoxyribonucleic (DNA) adalah tes yang memiliki banyak manfaat, bukan hanya mengetahui asal usul garis keturunan saja. Biaya tes DNA tergolong tinggi karena sejauh ini pengujian masih dilakukan di laboratorium rekanan di luar negeri.

Sampel nantinya akan dikirimkan oleh fasilitas kesehatan seperti rumah sakit ke laboratorium luar negeri. Alasan ini juga yang membuat hasil tes DNA yang keluar cenderung cukup lama. Lalu berapa kisaran biaya yang harus dipersiapkan untuk melakukan tes DNA?

Estimasi Biaya Tes DNA di Jakarta

Tidak ada tes DNA gratis, bahkan termasuk Anda yang mengikuti asuransi kesehatan seperti BPJS. Oleh karena itu tes DNA sejauh ini harus dilakukan dengan mengeluarkan uang sendiri dan pergi ke rumah sakit non swasta yang menyediakannya.

Di Jakarta cukup banyak rumah sakit yang menyediakan layanan tes DNA. Berikut ini beberapa estimasi biayanya di beberapa rumah sakit Jakarta.

  • Mitra Keluarga Kemayoran

Rumah sakit yang menjadi grup dari Rumah Sakit Mitra Keluarga ini sudah berdiri sejak tahun 1989. Saat ini biaya untuk tes DNA yang disediakan mulai dari Rp11.000.000. Layanan ini tersedia di hari Kamis, Jumat dan juga Sabtu.

  • Global Doctor Indonesia

Fasilitas kesehatan yang merupakan jaringan dari Klinik Asia ini tersebar di berbagai negara dari Thailand, Malaysia, China hingga Indonesia. Khusus tes DNA biaya yang diberikan mulai dari Rp9.600.000.

  • Hamera Laboratorium Kelapa Gading

Biaya tes DNA yang disediakan oleh Hamera Laboratorium lebih murah yaitu mulai dari Rp3.999.000. Laboratorium ini sendiri mulai hadir sejak pandemi COvid 19 yang tujuannya untuk mempercepat penanganan.

  • RS Bhayangkara Polri

Rumah sakit yang ada di Jakarta Timur ini juga menyediakan layanan tes DNA. Biaya tes DNA untuk mengetahui anak kandung hingga masalah kesehatan lainnya mulai dari Rp7.500.000.

  • RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo

Salah satu rumah sakit yang sangat terkenal di Jakarta dengan sebutan RSCM ini juga menyelenggarakan layanan tes DNA. Biaya tes DNA keturunan yang harus dikeluarkan disini mulai dari Rp10.000.000.

See also 12 Dampak Polusi Udara yang Patut Diwaspadai

Menilik Prosedur Tes DNA

Membutuhkan waktu yang lama, hasil DNA baru bisa didapatkan sekitar dua sampai dengan empat minggu tergantung dengan kondisi sampel yang diberikan. Jadi mahal tidaknya biaya tes tidak mempengaruhi cepat atau tidaknya hasil.

Prosesnya sendiri cukup rumit tidak seperti tes darah yang sampelnya bisa langsung dimasukkan ke dalam mesin pengujian. Ada beberapa tahapan yang dilakukan dalam tes DNA seperti:

  • Mengumpulkan Sampel

Tergantung dengan tujuan tes, sampel yang dibutuhkan jumlahnya bisa berbeda. Jika hanya ingin mengetahui soal kelainan genetik maka hanya membutuhkan 1 sampel dari pasien saja. Namun jika ingin mengetahui garis keturunan perlu adanya dua sampel.

Sampel tes ini bisa berasal dari darah, air liur, rambut, sampai dengan cairan dalam tubuh lainnya yang bisa menjadi sampel. Perhatikan juga kualitas sampel yang harus terjaga dengan baik dan tidak terkontaminasi.

  • Proses Ekstraksi Sel

Sampel yang sudah dikumpulkan tadi akan diekstraksi terlebih dahulu dengan tujuan memecah membran sel. Di laboratorium, sampel akan diberikan bahan enzim khusus terlebih dahulu.

  • Memisahkan DNA

Disebut juga dengan proses elektroforesis yang bertujuan untuk memisahkan DNA dengan memanfaatkan media listrik. Nantinya molekul pada sampel akan menjauh dan siap untuk diujikan.

  • Proses PCR

Pada tahapan ini DNA akan disalin dengan tujuan mengetahui penanda genetiknya. Sampel yang sudah dipisahkan tadi akan melewati proses denaturasi, annealing dan ekstensi.

  • Pengujian

Bagian terakhir adalah menguji apakah ada penanda genetik yang memiliki identifikasi hubungan dengan sampel lain jika ingin mengetahui korelasi hubungan keluarga.

Apa Saja Manfaat Tes DNA?

Tidak seperti biaya cek kesehatan melalui darah atau urine, biaya tes DNA dipatok dengan harga yang cukup tinggi sampai jutaan rupiah. Namun hasil yang diberikan pun sangat akurat dan memiliki berbagai manfaat.

See also Alasan Medis Kenapa bisa Meninggal setelah Cabut Gigi

Ada sederet manfaat yang diberikan oleh tes DNA selain untuk mengetahui garis keturunan atau mengecek apakah seseorang merupakan anak atau orang tua kandung biologis. Berikut ini manfaat yang justru jarang diketahui.

  • Mengecek Kelainan Genetika

Ada cukup banyak kelainan genetika yang dimiliki oleh seseorang. Mengetahuinya memudahkan dokter mengambil langkah tepat untuk menanganinya. Tes DNA bermanfaat untuk mengecek adanya kelainan genetika dari tubuh seseorang.

Beberapa penyakit genetik seperti penyakit crohn, thalasemia, fibrosis kistik, kanker, sindrom down, dan masih banyak lagi. Termasuk juga penyakit yang mungkin saja langka.

  • Menguji Praimplantasi

Bagi orang tua yang sedang bersiap menjalani bayi tabung biasanya dokter akan menyarankan melakukan tes DNA. Tujuannya untuk mengetahui apakah pasangan memiliki risiko kelainan genetik yang bisa diturunkan kepada anak.

Khusus untuk uji praimplantasi ini, tes DNA dilakukan dengan mengambil beberapa sel telur dari indung telur. Embrio nantinya juga akan dicek apakah terdapat kelainan genetik.

  • Menguji Prakelahiran

Biaya tes DNA juga disebabkan tingkat kesulitan tes, seperti yang dilakukan dalam uji prakelahiran. Tes ini bermanfaat untuk mengetahui adanya penyakit lebih dini pada janin seperti down syndrome yang paling ditakuti.

Tes ini dilakukan untuk membantu orang tua mengetahui kondisi janin sebelum lahir dan mempersiapkan diri dengan baik jika terdapat kelainan genetik tertentu. Biasanya sampel yang diambil bisa berasal dari membran plasenta atau cairan ketuban.

  • Uji Forensik

Manfaat terakhir adalah untuk uji forensik yang tujuannya adalah dalam penegakan hukum. Ada banyak jenis tes DNA yang dilakukan dalam uji forensik mulai dari tes darah, tes sidik jari, sampai dengan identifikasi tubuh korban pada peristiwa tertentu.

Tes ini bertujuan untuk mengetahui banyak informasi seperti ras, silsilah keluarga sampai dengan asal-usulnya. Di Indonesia sendiri tes DNA untuk uji forensik sudah dilakukan secara mandiri.

See also 9 Gerakan Olahraga di Rumah yang Cepat Menurunkan Berat Badan

Kaget dengan biaya tes DNA yang mahal? Jika ingin lebih murah Anda bisa mengakses asuransi kesehatan. Cek terlebih dahulu mana asuransi kesehatan yang menyediakan layanan tes DNA di Cekpremi.

Memanfaatkan asuransi kesehatan untuk tes DNA tentunya sangat menguntungkan karena Anda bisa terbebas dari biaya yang terlalu mahal. Tinggal cek dan bandingkan masing-masing asuransinya di Cekpremi.