Mengenal SOP : Pengertian, Fungsi dan Manfaatnya

SOP

SOP adalah sebuah singkatan dari bahasa asing yaitu Standard Operating Procedure, di mana jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah prosedur operasi standar. Lalu apa pengertian dari SOP sendiri? Kemudian apa fungsi dan juga manfaatnya?

Pengertian SOP

Standard Operating Procedure memiliki pengertian yaitu sebuah sistem yang memang dirancang untuk menertibkan, merapikan dan juga memudahkan pekerjaan. Biasanya Standard Operating Procedure berbentuk dokumen yang berhubungan dengan prosedur lalu dilaksanakan secara kronologis untuk membantu Anda menyelesaikan pekerjaan agar lebih efektif.

SOP yang sudah terstandarisasi dan eksplisit adalah bagian penting dari sistem kualitas agar bisa bekerja sesuai standar yang sudah ada.

Pengertian Standard Operating Procedure menurut para ahli kemungkinan berbeda-beda namun secara sederhana, istilah ini diartikan sebagai sesuatu yang memang dirancang untuk menentukan Anda sebagai individu agar bisa bekerja dalam proses formal dan sudah terkoordinasi. Tujuannya untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi risiko kesalahan.

Dokumen SOP ditulis untuk sekelompok orang yang akan melakukan tugas dan bisa diartikan sebagai pedoman. Karena tanpa adanya pedoman, maka pekerjaan bisa dilakukan tidak terstruktur. Dengan menggunakan Standard Operating Procedure yang tepat, bahkan perusahaan bisa menghemat pengeluaran tidak penting dan dialokasikan untuk kegiatan yang lebih efektif.

Fungsi SOP

Setelah mengetahui singkatan SOP, berikut beberapa fungsi yang wajib Anda pahami pula.

  • Konsistensi, bagi sebuah bisnis menjalankan Standard Operating Procedure fungsinya adalah konsistensi. Karena dengan adanya konsistensi ketika menjalankan tugas maka kualitas bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan.
  • Reduksi kesalahan, fungsi yang kedua yaitu sebagai reduksi kesalahan. Karena SOP yang sudah ditulis berisi perintah atau instruksi, untuk menjalankan tugas. Selama Anda menjalankan tugas sesuai prosedur yang ditulis maka akan meminimalisir tingkat kesalahan.
  • Komunikasi, ketika sebuah bisnis melakukan pembaruan maka membutuhkan pelatihan baru dan komunikasi berperan penting di dalamnya.
See also Cara Cek BI Checking Online Terbaru Melalui SLIK OJK

Manfaat SOP

Dengan SOP tentu saja perusahaan bisa meningkatkan produktivitas dan di satu sisi juga dapat menghemat biaya. Berikut beberapa manfaat menjalankan Standard Operating Procedure bagi sebuah bisnis atau perusahaan.

  • Keterbukaan Informasi

Pada sebuah bisnis, tentu Anda tidak mungkin hanya akan menerima nilai pada produksi sementara mengabaikan keselamatan, kesehatan dan lingkungan yang risikonya jangka panjang. SOP yang baik dan benar akan memberikan semua informasi terkait keselamatan, kesehatan dan juga lingkungan serta operasional yang dibutuhkan oleh karyawan.

Karena lebih penting menetapkan Standard Operating Procedure dibanding Anda harus menghadapi kecelakaan atau denda, di masa depan. Untuk menerapkan SOP yang tepat, lebih baik Anda memberikan training atau pelatihan pada segala aspek untuk melaksanakan pekerjaan.

  • Bisa Konsisten

Manfaat ini tentu saja dirasakan setelah menentukan prosedur agar proses produksi bisa dilaksanakan secara konsisten dan hasilnya yaitu bisa menjaga kualitas proses dan produk. Karena pastinya, setiap pelanggan butuh konsistensi produk agar kualitasnya tetap sama.

Dalam Standard Operating Procedure ada tahapan pekerjaan yang dipakai terus-menerus untuk menjaga standar kualitas produk.

  • Ketepatan Jadwal

Dalam SOP, sebuah proses harus dilakukan tanpa adanya gangguan agar selesai sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Jika Anda mengikuti SOP maka seharusnya bisa tepat waktu dan menghindari kesalahan karena kerusakan fasilitas ataupun kegagalan peralatan dalam sebuah bisnis atau perusahaan.

  • Standar Pelatihan

Sebuah SOP diterapkan bagi perusahaan atau bisnis, guna memberikan pelatihan standar ke karyawan yang masih baru untuk melakukan pekerjaan tertentu dan untuk siapapun yang membutuhkan pelatihan ulang.

Dengan pendidikan SOP, para karyawan juga bisa meningkatkan keterampilan kerja ketika prosedur SOP dijalankan dengan benar. Karena karyawan yang sudah memahami Standard Operating Procedure akan melatih atau membantu karyawan lain untuk meningkatkan keterampilan kerjanya. Jadi pada proses yang berjalan nanti SOP sudah bisa diterapkan dengan baik untuk keseluruhan karyawan yang menjalankan operasional. Jika ada karyawan baru tinggal ulangi untuk melatih berdasarkan SOP yang ada.

  • Memudahkan Pencapaian Target Perusahaan

Setiap perusahaan atau bisnis, tentu saja punya target masing-masing. Target tersebut bisa dicapai dengan melibatkan seluruh pekerja atau SDM di setiap divisi yang ada di perusahaan tersebut. Semua individu yang terlibat harus punya kontribusi secara maksimal dengan melaksanakan semua kewajiban sesuai Standard Operating Procedure perusahaan. Jadi dengan mengikuti standar prosedur operasional, maka target pencapaian perusahaan bisa lebih mudah untuk diwujudkan.

  • Menjadi Dasar Hukum

Penerapan SOP nyatanya juga menjadi sebagai dasar hukum. Di mana isinya adalah mengatur hak dan juga kewajiban yang berada di bawah naungan perusahaan yang menjalankan SOP. Standard Operating Procedure sebagai dasar hukum untuk identifikasi setiap permasalahan atau kesalahan yang terjadi. Di mana bagi pihak yang melakukan pelanggaran akan mendapatkan sanksi atau hukuman sesuai ketentuan yang sudah ada di dalam SOP.

  • Mengurangi Kesalahan

Terkait SOP, penerapan prosedur ini dapat mengurangi kesalahan atau segala aktivitas dan kegiatan yang dilakukan pegawai atau setiap individu yang ada di perusahaan. Meminimalisir kesalahan ini baik saat menjalankan tugas atau memanfaatkan fasilitas, hingga sikap yang ditunjukkan pada lingkungan kerja.

See also Apa Itu Reksa Dana Indeks?

Ketika individu memahami semua Standard Operating Procedure dan menjalankannya, maka akan semakin kecil pelanggaran aturan yang akan dilakukan baik untuk karyawan baru maupun karyawan lama.

Sekarang tentu Anda sudah tahu apa itu SOP. Mulai dari pengertian, fungsi dan juga manfaatnya untuk bisnis dan perusahaan. Selain menerapkan Standard Operating Procedure tentu saja perusahaan juga penting memberikan perlindungan penuh pada karyawan dengan asuransi, salah satunya asuransi kesehatan. Memilih asuransi kesehatan untuk karyawan di perusahaan tentu saja tidak boleh sembarangan. Maka dari itu bisa memanfaatkan portal online Cekpremi, untuk mendapatkan pilihan asuransi dari perusahaan terbaik di Indonesia.

Anda bisa membandingkan antara perusahaan asuransi yang satu dan lainnya di Cekpremi untuk menemukan pilihan asuransi kesehatan terbaik, bagi karyawan dengan perlindungan menyeluruh yang tentunya menguntungkan para pemegang polis asuransi. Selain asuransi kesehatan, Cekpremi juga menghadirkan banyak pilihan asuransi lainnya mulai dari asuransi jiwa, asuransi perjalanan, asuransi kendaraan dan masih banyak lagi. Di Cekpremi, Anda akan menemukan pilihan perasaan asuransi yang aman dan juga sudah terdaftar di OJK. Untuk informasi lebih lengkap bisa langsung kunjungi Cekpremi.com.

Sumber :

Hash Micro

Sodexo