Mengenal Deposito Mandiri, Bunga, Simulasi dan Pencairannya

Deposito Mandiri

Banyak orang memanfaatkan produk dan layanan dari bank untuk membantu mereka dalam mengatur keuangan. Layanan bank yang paling banyak digunakan masyarakat adalah tabungan yang memungkinkan nasabah menyimpan uang dengan aman. Salah satu produk tabungan sekaligus investasi yang direkomendasikan adalah deposito Mandiri.

Deposito merupakan produk simpanan atau tabungan di bank. Berbeda dengan tabungan biasa, deposito memiliki jangka waktu tertentu. Artinya simpanan berupa deposito di bank tidak bisa diambil setiap waktu oleh nasabah. Penarikan tabungan baru bisa dilakukan setelah simpanan mencapai jangka waktu tertentu.

Selain berbeda dari segi waktu penyimpanan, deposito juga mensyaratkan simpanan dalam jumlah tertentu. Umumnya jumlah minimal tabungan deposito senilai Rp10.000.000. Dengan kata lain, nasabah tidak bisa menyimpan uang dengan nilai kurang dari ketentuan pada deposito.

Jenis-jenis Deposito

Jika Anda tertarik memiliki deposito, penting bagi Anda untuk memahami jenis-jenisnya. Pasalnya produk simpanan bank ini hadir dalam beberapa jenis berbeda yang punya syarat dan ketentuan masing-masing. Inilah beberapa jenis deposito yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

  • Deposito Berjangka

Deposito berjangka merupakan produk deposito yang paling banyak dipilih termasuk di deposito Mandiri. Terdapat beberapa pilihan jangka waktu penyimpanan, yakni 1, 3, 6, 12 hingga 24 bulan. Saat jatuh tempo telah tiba, nasabah diberi pilihan apakan akan melanjutkan simpanannya atau menarik dananya.

  • Deposito Valas

Produk deposito ini tersedia di beberapa bank, baik bank pemerintah maupun bank swasta. Valuta asing yang diterbitkan antara lain Dolar Amerika, Dolar Singapura, Poundsterling, Yen, Euro, Dolar Hongkong dan Dolar Australia. Umumnya bunga deposito valas mengikuti suku bunga internasional.

  • Deposito Automatic Roll Over

Jenis – jenis ini memungkinkan jangka waktu simpanan diperpanjang secara otomatis. Keuntungan dari deposito automatic roll over ini adalah simpanan yang terus menghasilkan bunga. Jenis deposito ini bisa jadi pilihan bagi nasabah yang menginginkan produk deposito dengan sistem yang lebih praktis.

Keuntungan Deposito Mandiri

Secara umum, deposito banyak dipilih nasabah karena lebih menguntungkan. Pasalnya bunga deposito lebih tinggi dibanding bunga tabungan biasa. Hal tersebut bukan satu-satunya keuntungan yang ditawarkan Bank Mandiri bagi nasabahnya yang memiliki deposito. Inilah beberapa keuntungannya :

  • Suku Bunga Kompetitif

Jika Anda menginginkan simpanan yang bisa terus berkembang, maka deposito Bank Mandiri adalah pilihan yang tepat. Produk ini menawarkan suku bunga yang kompetitif sehingga membuat nilai investasi Anda terus meningkat. Bunga dihitung berdasarkan jumlah hari sebenarnya.

  • Bebas Pilih Jangka Waktu Deposito

Selain menguntungkan, deposito Mandiri juga sangat fleksibel. Sebagai nasabah, Anda bisa memilih jangka waktu penyimpanan mulai dari yang paling singkat selama 1 bulan dan paling lama selama 24 bulan. Anda juga bebas memperpanjang secara otomatis dengan fasilitas automatic roll over (ARO).

  • Bebas Mengatur Bunga Deposito

Anda juga punya pilihan untuk mengatur bunga. Anda bisa menginvestasikan kembali bunga ke deposito. Bunga juga bisa ditransfer ke rekening Mandiri giro atau Mandiri tabungan untuk Anda tarik sewaktu-waktu. Menariknya lagi, bunga deposito di Bank Mandiri bisa diterima di awal waktu penyimpanan.

  • Terpercaya

Sebagai salah satu bank swasta besar di Indonesia, Bank Mandiri menjamin keamanan simpanan deposito. Bank Mandiri juga menawarkan layanan yang berkualitas untuk nasabah yang ingin memiliki deposito. Produk deposito di Bank Mandiri ini terbukti terpercaya dan menguntungkan.

Bunga Deposito di Bank Mandiri

Berbicara tentang deposito, bagian yang paling menarik dan mengundang rasa penasaran adalah berapa besar bunganya. Pada dasarnya, bunga ini dibedakan menurut jangka waktu penyimpanan atau jatuh tempo serta besar dana yang disimpan. Bank Mandiri menawarkan deposito dengan jangka waktu 1, 3, 6, 12 hingga 24 bulan dengan jumlah simpanan minimal Rp10.000.000.

Terdapat dua jenis bunga deposito, yaitu bunga bulanan dan bunga dibayar di muka. Bunga deposito Mandiri yang dibayar bulanan berarti nasabah menerima pembayaran bunga setiap bulan. Sedangkan bunga deposito dibayar di muka adalah sistem pembayaran bunga saat awal deposito.

Bank Mandiri menawarkan bunga deposito sebesar 2,25% untuk tenor 1 bulan dan 3 bulan. Sedangkan untuk tenor 6 bulan, 12 bulan dan 24 bulan, pemilik deposito di Bank Mandiri akan menerima bunga sebesar 2,5%. Suku bunga tersebut berlaku untuk deposito dalam mata uang Rupiah dengan sistem bunga dibayar bulanan dan saat jatuh tempo saja.

Simulasi Deposito di Bank Mandiri

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), bunga dihitung dengan menggunakan rumus yang terdiri dari penghitungan keuntungan bunga deposito dan tarif pajak. Jumlah pengembalian dana deposito atau imbal hasil investor dapat dihitung setelah keuntungan dikurangi tarif pajak.

Bank Mandiri telah menetapkan minimal jumlah simpanan deposito sebesar Rp10.000.000 untuk pembukaan rekening di kantor cabang dan minimal Rp1.000.000 untuk pembukaan melalui Mandiri Online. Nasabah yang membuka deposito di kantor cabang dapat dikenai pajak hingga 20%. Inilah rumus penghitungannya :

  • Rumus keuntungan = (suku bunga deposito x nominal simpanan x jumlah hari penyimpanan) / 365
  • Rumus pajak = tarif pajak x bunga deposito
  • Rumus pengembalian = nominal simpanan + (keuntungan bunga deposito – pajak deposito)

Cara Pencairan Deposito di Bank Mandiri

Informasi lain yang tak kalah penting untuk Anda ketahui adalah cara mencairkan deposito Mandiri. Kini Anda bisa mencairkannya dengan lebih mudah melalui aplikasi Livin by Mandiri. Namun Anda juga tetap bisa melakukan pencairan secara langsung di kantor cabang Bank Mandiri.

  • Cara Mencairkan Deposito di Kantor Cabang

    • Kunjungi kantor cabang Bank Mandiri terdekat.
    • Isi formulir pencairan deposito.
    • Ajukan formulir pada petugas bank.
    • Tunggu pencairan diproses.
  • Cara Mencairkan Deposito di Aplikasi Livin by Mandiri

    • Buka aplikasi Livin by Mandiri.
    • Pilih rekening yang ingin dicairkan.
    • Pilih rekening untuk menerima pencairan deposito.
    • Tekan “Lanjut” dan masukkan PIN.

Informasi lengkap mengenai hal ini, mulai dari bunga, simulasi dan cara pencairannya akan membantu Anda dalam mengelola deposito. Dari proses pembukaan hingga pencairan, informasi yang demikian akan memudahkan Anda.

Memiliki hal tersebut merupakan langkah tepat untuk investasi. Satu hal yang juga tak kalah penting adalah memiliki asuransi mobil sebagai proteksi terhadap kendaraan Anda. Segera temukan produk asuransi paling tepat dengan mengunjungi cekpremi.com.

Referensi:

Money Duck

Flip

Tirto