11 Rekomendasi Buku Non Fiksi untuk Mengisi Weekend

Buku non fiksi

Membaca buku menjadi salah satu aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang. Selain fiksi yang ditulis berdasarkan imajinasi, ada pula buku non fiksi yang ditulis berdasarkan data dan fakta.

Karya non fiksi umumnya berisi informasi yang sudah dikaji secara ilmiah. Isi atau materi yang ada di dalamnya pun harus dapat dipertanggung jawabkan oleh penulis. Berikut rekomendasi buku non fiksi yang cocok untuk mengisi akhir pekan.

Ragam Rekomendasi Buku Non Fiksi untuk Mengisi Akhir Pekan

Bukan sebatas hobi, membaca juga ternyata mempunyai segudang manfaat. Beberapa di antaranya adalah meningkatkan keterampilan menulis, konsentrasi, memperkuat daya ingat, menambah kosa kata, mengurangi stres, hingga membuka pengetahuan serta wawasan.

Saat ini terdapat berbagai jenis buku yang bisa menjadi pilihan. Salah satunya adalah buku non fiksi. Kendati ditulis berdasarkan kenyataan atau peristiwa yang terjadi, buku jenis ini umumnya dikemas secara ringan sehingga tetap seru untuk dinikmati. Berikut berbagai rekomendasi buku non fiksi yang menarik untuk menemani Anda di akhir pekan.

  • Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat

Buku non fiksi motivasi karya Mark Manson ini sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Banyak orang menggolongkannya ke dalam jenis buku self-help yang bisa membantu pembaca untuk berpikir realistis. Dalam buku ini, Manson memberi saran untuk bersikap cuek dan bodo amat terhadap hal-hal kurang penting. Termasuk selalu mengikuti apa kata orang.

  • I Want to Die But I Want to Eat Tteokbokki

Karya yang dibuat berdasarkan kisah nyata penulisnya selalu mampu menyedot perhatian pembaca. Salah satunya yaitu I Want to Die But I Want to Eat Tteokbokki yang telah diterjemahkan dari bahasa Korea Selatan. Bahasan dalam buku ini adalah tentang kesehatan mental, bagaimana seseorang bangkit dari keterpurukan, juga mencintai diri sendiri.

  • Filosofi Teras

Buku non fiksi berikutnya adalah jenis buku filsafat yang dikemas secara ringan berjudul Filosofi Teras. Buku karya Henry Manampiring ini mengulas tentang filsafat stoisisme. Tak hanya itu, pembaca juga diajak untuk meminimalkan perilaku overthinking dan belajar menjalani hidup lebih legowo.

  • Kamu Gak Sendiri

Kamu Gak Sendiri oleh Syahid Muhammad mengajak pembaca untuk berbagi kekhawatiran. Buku ini mewakili suara hati remaja yang mulai tumbuh dewasa dan dihadapkan pada kenyataan bahwa kehidupan tak seindah bayangan. Buku ini cocok dibaca oleh seseorang yang tengah merasakan kekhawatiran dalam hidup. Tak hanya itu, di dalamnya juga ada bahasan mengenai cara mengalahkan rasa khawatir.

  • Segala-galanya Ambyar

Rekomendasi buku non fiksi berikutnya adalah Segala-galanya Ambyar oleh Mark Manson. Buku ini mengupas banyak hal tentang kontrol diri yang baik sehingga seseorang bisa tetap tenang ketika semua tampak kacau, mengikuti komunitas yang mempunyai pandangan sama atau menghargai apa yang kita hargai, serta percaya pada nilai yang bisa diperjuangkan.

  • Jika Kita Tak Pernah Jatuh Cinta

Jika Kita Tak Pernah Jatuh Cinta menjadi buku non fiksi yang mengulas tentang cinta dari sudut pandang berbeda. Banyak hikmah serta pelajaran yang bermanfaat bagi kehidupan setelah membacanya. Buku ini ditulis oleh Alvi Syahrin yang juga menulis seri lainnya seperti Jika Kita Tak Pernah Baik-Baik Saja dan Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-Apa.

  • Sapiens: A Brief History of Humankind

Secara garis besar, buku ini membahas tentang riwayat singkat umat manusia dari masa prasejarah sampai prediksi akhir kehidupan manusia. Buku karya Yuval Noah Harari ini berhasil menyabet predikat best seller kategori buku sejarah dunia.

  • The Danish Way of Parenting

The Danish Way of Parenting oleh Jessica Joelle Alexander menjadi buku non fiksi selanjutnya yang juga cocok untuk dibaca kala akhir pekan. Buku ini berisi rahasia orang-orang Denmark dalam membesarkan anak-anak dengan bahagia.

See also Macam-macam Bentuk Tubuh Yang Harus Anda Ketahui Agar Diet Anda Lancar

Pola asuh dan filosofi yang diterapkan orang Denmark dalam membesarkan buah hati terbukti membuahkan hasil cukup efektif. Anak-anak mereka cenderung memiliki sikap tangguh, emosi yang terkendali, juga bahagia.

  • Becoming

Berbeda dari cerita novel, buku non fiksi berupa memoar ini mengungkapkan kisah yang jujur dan berani. Michelle Obama menceritakan bagaimana kehidupan masa kecilnya sampai menjadi African-American First Ladypertama Amerika Serikat. Becoming dibalut dengan narasi penuh humor serta apa adanya.

  • Do You Do

Selanjutnya ada buku non fiksi motivasi berjudul Do You Do yang ditulis oleh Fellexandro Rubby. Secara singkat, buku ini dapat membantu seseorang menemukan jawaban tentang pertanyaan bagaimana cara orang lain meraih kesuksesan. Selain itu, lewat buku ini kita juga akan menemukan arti kesuksesan yang sebenarnya sekaligus mengeksplorasi diri lebih dalam.

  • Atomic Habits

Melalui buku Atomic Habits, James Clear menjelaskan tentang cara mewujudkan kebiasaan baru demi kehidupan lebih baik. Membuat perubahan dalam hidup tak harus diawali dari hal besar. Bahkan sesuatu yang kecil pun bisa berdampak luar biasa bagi kehidupan. Kuncinya hanya harus dilakukan secara konsisten.

Membaca buku non fiksi atau fiksi merupakan hobi bermanfaat yang dapat dilakukan di mana saja. Salah satunya saat sedang menunggu antrian servis mobil. Sama dengan kendaraan lainnya, mobil juga butuh perawatan rutin sehingga tidak sering mengalami kerusakan.

Selain perawatan kendaraan, Anda juga bisa membeli asuransi mobil lewat cekpremi.com. Asuransi dapat memberi perlindungan pada kendaraan dari berbagai risiko seperti pencurian, tabrakan, banjir, dan sebagainya.

Terdapat tiga pilihan asuransi mobil yaitu TLO atau asuransi untuk kendaraan hilang dan mengalami kerusakan hingga tidak dapat berfungsi. Selanjutnya, Comprehensive yang menjamin kerugian akibat kecelakaan mobil seperti lecet, penyok, sampai kerusakan besar. Terakhir ada All Risk atau paket lengkap asuransi mobil Comprehensive ditambah perlindungan seperti kecelakaan dan bencana alam.

See also Pelajari Yuk Apa Saja Faktor Penentu Harga Asuransi Perjalanan

Portal pembanding berbagai asuransi berbasis online ini juga dapat membantu Anda mendapatkan produk asuransi terbaik sesuai kebutuhan. Bukan hanya asuransi kendaraan, ada berbagai jenis asuransi lain yang cocok untuk Anda seperti asuransi kesehatan, perjalanan, properti, dan sebagainya.

Cekpremi.com telah bermitra dengan lebih dari 30 perusahaan asuransi terbaik di Indonesia. Melalui portal ini, Anda tak perlu susah payah mencari produk asuransi yang diperlukan. Cukup dengan beberapa kali sentuhan gawai, Anda bisa mendapatkannya tanpa biaya tambahan apapun. Oleh sebab itu, jangan ragu lagi untuk membeli ragam produk asuransi yang Anda perlukan di cekpremi.com.

Sumber referensi:

Majalah Sunday

Magdalene

Fimela