Pantai Perancak Jembrana Bali Suguhkan Sunset Mempesona

pantai perancak jembrana

Bosan dengan keramaian di pantai Kuta? Anda bisa berkunjung ke pantai Perancak Jembrana yang ada di Bali Barat. Tempat wisata yang tenang ini hanya terdapat aktivitas nelayan yang juga menarik untuk dilihat.

Pasir pantainya berwarna hitam, berbeda dengan pantai Bali lainnya yang rata-rata berwarna putih. Justru dengan pasirnya yang berwarna hitam ini menawarkan keindahan yang eksotis. Seperti apa keindahan yang ditawarkan, simak informasi selengkapnya.

Daya Tarik Pantai Perancak Jembrana Bali

Berbeda dengan pantai-pantai yang ada di selatan Jawa yang rata-rata curam, pantai Perancak memiliki area yang landai. Oleh karena itu pantai ini sangat aman bagi anak-anak, ditambah dengan ombaknya yang tidak terlalu besar.

Daya tarik yang utama adalah ketika matahari terbenam. Pasir pantai yang berwarna hitam ditambah dengan ombak yang tenang menjadi cermin sunset yang indah. Jika Anda datang dalam kondisi langit cerah, Anda bisa memotret matahari bulat yang terbenam.

Tidak hanya sunset, masih ada sederet daya tarik lain yang dimiliki pantai Perancak yaitu:

  • Area Pantai yang Masih Asri

Belum memiliki banyak pengunjung, wilayah pantai ini masih terjaga sehingga sangat asri. Di sepanjang pantai masih banyak berdiri kokoh pohon kelapa yang tinggi dan besar. Anda bisa berteduh di bawah pohon kelapa sambil menikmati keindahan pantai.

Pada saat air laut sedang surut Anda bisa berjalan hampir ke tengah laut dan melihat banyak terumbu karang serta ikan kecil. Suasananya sangat tenang sehingga Anda bisa nyaman untuk berdiam atau bercengkrama dengan kerabat di pinggir pantai.

  • Aktivitas Nelayan yang Menarik

Pantai Perancak Jembrana memiliki ciri khas utama sebagai desa nelayan. Anda bisa langsung melihat berbagai aktivitas nelayan yang banyak dilakukan saat siang hari. Mulai dari kapal yang berlabuh sampai dengan pelelangan ikan.

See also Pantai Glagah Wangi Istambul Demak Punya Banyak Spot Menarik

Di sepanjang pantai Anda bisa melihat juga deretan kapal nelayan yang masih tradisional. Kapal-kapal ini memiliki warna-warna yang menarik seperti putih dan biru. Sangat menarik untuk bisa berfoto dengan latar belakang kapal tradisional para nelayan.

  • Area Penangkaran Penyu

Masih di daerah pantai Perancak, terdapat penangkaran penyu yang cocok menjadi wisata edukasi. Anda yang berwisata dengan anak-anak, penangkaran penyu ini akan memberikan banyak pengetahuan. Anak-anak dapat belajar bagaimana penyu bertelur, berkembang sampai dengan pelepasan penyu ke laut.

Aktivitas pelepasan anak penyu ini juga menjadi daya tarik yang banyak dikenal oleh sitawasan lokal. Penangkaran penyu di pantai Perancak Jembrana salah satu yang terbesar di Bali dan telah bekerja sama dengan World Wildlife Fund.

  • Kuliner Ikan Bakar dan Seafood

Lapar saat di pantai? Jangan khawatir cukup banyak tempat makan untuk memudahkan Anda berkuliner ikan bakar dan juga seafood. Semua tempat makan menawarkan menu ikan bakar khas Bali dengan sambal matah yang sangat lezat.

Ada juga pilihan bumbu khas Perancak dan khas Jimbaran yang dominan gurih dan pedas. Jadi jangan sampai Anda melewatkan tempat makan ikan bakar maupun seafood yang cukup lengkap.

  • Event Lomba Dayung Sampan

Acara ini diadakan setiap tahun 20 tahun sebagai bagian dari acara ulang tahun Kota Negara. Lomba dayung sampan ini menjadi ajang tahunan yang paling banyak dihadiri oleh wisatawan. Selain lomba dayung Anda juga akan melihat berbagai kapal nelayan yang dihias dan dicat menarik.

Tidak hanya lomba dayung sampan, ada juga acara seperti road race dan motocross yang berskala nasional. Jika Anda datang saat event ini berlangsung tentu akan menjadi pengalaman yang menakjubkan.

See also Keindahan Gembleng Waterfall, Tempat Liburan Terbaik

Informasi Alamat, Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Pantai Perancak

Sumber: https://elements.envato.com/happy-carefree-woman-enjoying-beautiful-sunset-on–XVNN8V5

Supaya liburan Anda berjalan dengan lancar di pantai Perancak Jembrana, penting untuk mengetahui informasi tempat wisata yang satu ini. Baik lokasi tidak terlalu sulit dijangkau dan harga tiket masuknya tidak mahal.

Berikut ini informasi yang bisa Anda dapatkan dengan mengenai pantai Perancak di Bali.

  • Alamat dan Rute Perjalanan

Soal alamat, pantai ini berada di Desa Perancak, Jembrana, Bali. Anda yang berangkat dari bandara Ngurah Rai bisa menempuh perjalanan sekitar 3 jam. Apabila Anda berangkat dari Denpasar maka akan menghabiskan waktu 2,5 jam dengan kendaraan pribadi.

Soal jalan Anda tidak perlu khawatir karena dari kota sampai dengan pantai area jalan sudah beraspal. Bahkan Anda bisa melihat pantai dari pinggir jalan besar.

  • Harga Tiket Masuk

Sebagai pantai nelayan dan lokasinya mudah dijangkau, Anda tidak perlu membayar tiket masuk. Pantai pariwisata di Jembrana ini tersedia gratis, jadi Anda tidak perlu khawatir jika akan membawa rombongan.

Anda hanya perlu membayar parkir yang akan ditarik oleh warga sekitar. Biaya parkir mulai dari Rp5.000 sampai dengan Rp15.000.

  • Fasilitas

Di pantai ini Anda bisa mendapatkan berbagai jenis fasilitas seperti area parkir yang cukup besar. Jadi Anda yang ingin datang dengan mobil, motor bahkan bus tidak perlu khawatir. Selain area parkir, tersedia juga toilet dan kamar mandi yang dikelola oleh warga sekitar. Anda yang ingin bermain air di pantai bisa bilas di kamar mandi tersebut.

  • Tempat Wisata Sekitar

Bagi Anda yang datang ke pantai Perancak, jangan lewatkan juga beberapa tempat wisata yang tidak jauh. Contohnya saja seperti sentra tenun jembrana yang merupakan pusat tenun yang memudahkan Anda untuk mempelajari proses menenun.

See also Ternyata Jakarta Memiliki Taman Instagramable, Sudah Coba?

Ada juga Kebun Raya Jagatnatha yang merupakan konservasi dan penelitian botanis sekaligus tempat rekreasi yang terbuka untuk umum. Luasnya 5,8 hektar yang membuat Anda akan puas berkeliling melihat taman botani yang terawat.

Manfaatkan waktu Anda untuk berwisata ke pantai Perancak Jembrana serta tempat wisata di sekitarnya. Persiapkan waktu liburan, akomodasi dan tidak lupa asuransi perjalanan. Baik itu perjalanan domestik seperti ke Bali atau luar negeri, asuransi ini jadi bagian yang paling penting.

Ada banyak manfaat yang diperoleh seperti perlindungan pada bagasi dan barang bawaan, kecelakaan dan pengobatan darurat sampai dengan pembatalan atau penundaan perjalanan. Anda bisa menentukan sendiri asuransi mana yang tepat melalui Cekpremi.

Segera cek sekarang juga asuransi perjalanan mana yang Anda butuhkan melalui Cekpremi.

Sumber:

Bali Tours Club

Trip Advisor

Pariwisata

Kintamani