Wisata Curug Sukabumi Populer dengan Pesona Indah

wisata curug sukabumi

Sukabumi menjadi salah satu daerah di Indonesia yang punya keindahan alam menakjubkan salah satunya air terjun. Cukup banyak wisata curug Sukabumi yang berhasil menarik banyak wisatawan lokal hingga mancanegara.

Anda yang saat ini berada di Jawa Barat atau sedang merencanakan untuk liburan bisa memilih Sukabumi sebagai tempat tujuan utama. Menjelajah berbagai curug dengan keindahan yang eksotis bisa jadi pilihan tepat. Cek apa saja wisata curug yang bisa jadi pilihan Anda.

7 Wisata Curug Sukabumi dengan Keindahan Eksotis

Keindahan curug di Sukabumi tidak bisa dinikmati satu atau dua hari saja. Anda perlu meluangkan waktu yang lebih lama lagi supaya bisa berkeliling ke lebih banyak tempat. Mengingat untuk menuju satu area dibutuhkan waktu cukup lama dan perjalanan yang menantang.

Anda yang suka dengan petualangan pasti akan suka berkunjung ke curug di Sukabumi. Berikut ini beberapa rekomendasi curug yang sedang populer karena keindahannya yang eksotis.

  • Curug Cikaso

Rekomendasi yang pertama ini terdapat di Ciniti, Cibitung, Sukabumi. Sangat disarankan jika Anda berkunjung saat musim kemarau karena warna airnya kebiruan. Air terjun juga tetap deras meskipun kemarau sehingga nyaman untuk bermain air.

Ketinggian air terjun adalah 80 meter sehingga aliran airnya cukup deras membuat Anda harus berhati-hati ketika mendekati area di bawahnya. Jika ingin menuju ke curug Anda terlebih dahulu harus menaiki perahu yang muat 13 orang untuk sekali perjalanan.

Jika berangkat dari Jakarta Anda akan membutuhkan perjalanan 4 jam, baru setelah sampai di tempat parkir Anda akan lanjut menaiki perahu. Harga tiket masuknya adalah Rp5.000 per orang dan jika sewa perahu pulang pergi Rp65.000.

  • Curug Cimarinjung

Air terjun yang berlokasi di Ciwaru, Ciemas, Sukabumi ini memiliki ketinggian sampai 45 meter. Daya tarik utamanya karena curug ini berada di lereng bukit batu tertua di Jawa. Jadi Anda akan melihat bukit batu yang sangat tinggi dan debit airnya sangat deras.

Harga tiket masuknya lebih murah yaitu hanya Rp3.000 per orang. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pagi hari dan sangat bagus ketika di musim kemarau juga. Apabila berangkat dari Sukabumi Anda akan menempuh jarak sekitar 90 km.

Wisata Sukabumi ini juga sudah cukup baik dikelola masyarakat sekitar, Anda akan menemukan area parkir yang lega, warung, kamar mandi, gazebo sampai camping area. Keindahannya yang eksotis membuat curug Cimarinjung ini tempat terbaik untuk berfoto.

  • Curug Cirajeg

Salah satu wisata curug Sukabumi yang sangat menantang berada di Neglasari, Purabaya, Sukabumi. Bentuk air terjunnya berundak dan sangat lebar menambah keindahannya. Airnya berwarna putih yang menjadikannya lebih undik.

Pemandangan menarik lainnya adalah area sawah yang ada di sekitar air terjun. Jadi Anda akan mendapat pemandangan yang semakin indah. Beruntungnya lagi harga tiket masuk ke tempat ini hanya Rp5.000 per orang.

Jika Anda berangkat dari kota Sukabumi maka akan membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam saja. Ketika sudah melewati pasar Purabaya Anda harus siap dengan jalan yang belum beraspal, jadi pastikan kendaraan dalam kondisi prima.

  • Curug Mawi

Bagi Anda yang kurang suka dengan curug debit air tinggi, maka tempat wisata curug Sukabumi tepat untuk dipilih. Curug Mawi berada di Warnajati, Cibadak, Sukabumi. Lokasinya cukup tersembunyi dan cukup jarang pengunjung, sehingga banyak ikan air tawar yang hidup.

Tinggi curug di Cibadak Sukabumi ini hanya 10 meter dan banyak sekali bebatuan besar. Air terjun ini bentuknya juga berundak dan karena debit air yang sedikit membuat Anda bisa aman untuk berfoto di bawahnya.

Supaya sampai di lokasi, setelah berhenti di tempat parkir yang notabene adalah rumah-rumah penduduk Anda harus berjalan kaki. Anda perlu menempuh jarak 200 meter yang merupakan pematang sawah. Biaya tiket masuk ke tempat wisata ini pun masih gratis hanya perlu membayar parkir saja.

  • Curug Cikanteh

Anda suka tracking? Tempat wisata curug Sukabumi yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Usai melakukan perjalanan 7 sampai 8 jam dari Jakarta, Anda bisa melanjutkan dengan tracking di medan yangs naik turun dan melewati sungai.

Sesampainya di lokasi, jerih payah berjalan kaki akan terbayarkan. Anda akan melihat tiga jenis air terjun. Pertama dengan tinggi 100 meter yaitu curug paling atas yang disebut curug Ngelay. Kedua yang memiliki tinggi 60 meter yang disebut curug Cikanteh. Ketiga, adalah curug Sodong Kembar yang ada di paling bawah.

Lokasi curug yang ada di Ciwaru, Ciemas, Sukabumi ini bisa menjadi highlight dalam wisata Anda. Debit yang yang tinggi membuat Anda bisa berenang dengan nyaman karena area di bawah air terjun cukup dangkal.

  • Curug Bibijilan

Wisata curug Sukabumi yang ada di Nyalindung ini memiliki area tracking yang lebih mudah karena dominasi turunan, namun tetap harus hati-hati karena terjal dan licin. Keindahan curug ini adalah adanya 14 tingkatan air terjun dengan debit air tinggi.

Rata-rata tingkatan mengalir di atas batuan yang cukup besar dan bertumpuk tidak beraturan menambah keindahannya. Bagi masyarakat Sukabumi, curug ini disebut juga dengan Sumbanya Sukabumi.

  • Curug Batu Tapak

Tempat wisata alam Sukabumi yang lokasinya paling mudah dijangkau adalah curug Batu Tapak. Kawasan ini cukup ramai karena Batu Tapak sendiri merupakan pintu masuk untuk ke Gunung Salak.

Selain itu, di sekitar curug juga sudah tersedia banyak camping ground yang sudah dikelola dengan baik. Khusus air terjun, tidak terlalu tinggi namun air di bawahnya sangat segar dan nyaman untuk berenang.

Rata-rata untuk menuju ke tempat wisata curug Sukabumi Anda membutuhkan perjalanan yang jauh. Oleh karena itu lebih baik untuk mempersiapkan diri dengan baik, terlebih jika Anda mengunjungi lebih banyak curug.

Persiapkan diri Anda dengan peta lokasi yang tepat, akomodasi, transportasi yang digunakan dan tidak kalah penting asuransi perjalanan. Asuransi akan membuat perjalanan Anda jauh lebih aman dan nyaman.

Saat memilih asuransi perjalanan, Anda bisa menggunakan Cekpremi. Cekpremi akan memudahkan Anda membandingkan asuransi sesuai kebutuhan. Baik itu asuransi untuk perjalanan domestik hingga internasional. Temukan sekarang juga asuransi perjalanan yang tepat untuk Anda di Cekpremi.

Sumber:

Java Travel

Trip Advisor

Wiasata Lengkap

Tempat Wisata Seru