Yuk Liburan ke 11 Curug Kulon Progo yang Alamnya Masih Asri

curug kulon progo

Ada banyak curug Kulon Progo yang menyajikan pemandangan indah dan asri sebagai tujuan wisata saat liburan bersama teman atau keluarga. Kulon Progo merupakan sebuah kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang populer di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk menikmati pemandangan yang indah saat mengisi waktu liburan. Pasalnya, banyak rekomendasi wisata Kulon Progo yang menarik dan wajib Anda kunjungi karena tidak kalah indah dari wisata di luar negeri.

11 Curug Kulon Progo yang Indah dan Asri

Berlibur ke Yogyakarta tidak lengkap tanpa mampir berwisata di Kabupaten Kulon Progo yang terkenal dengan wisata alamnya. Salah satunya wisata air terjun, berikut beberapa rekomendasi wisata air terjun di Kulon Progo yang wajib Anda kunjungi.

  • Air Terjun Mudal

Wisata pertama yang perlu Anda kunjungi adalah Air Terjun Mudal di Dusun Banyunganti, Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo. Tiket masuk ke Air Terjun Mudal tergolong murah, yaitu Rp 10.000,- per orang untuk menikmati air terjun yang jernih dan menyegarkan.

Curug Kulon Progo ini dapat memanjakan mata pengunjung dengan sajian pemandangan indah dari air terjun bertingkat. Selain itu, kawasan Air Terjun Mudal masih asri sehingga cocok menjadi tempat wisata agar pikiran tenang dan tubuh kembali rileks.

  • Air Terjun Watu Jengger

Tidak hanya terdapat Air Terjun Mudal, Anda juga bisa mengunjungi wisata air terjun Watu Jengger di Dusun Samigaluh. Air Terjun Watu Jengger ini berlokasi di Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo.

Dengan mengunjungi Watu Jengger Anda bisa merasakan air terjun yang jernih dan deras sehingga sehat saat mengenai badan. Bahkan pemandangan tebing dan pepohonan hijau di sekeliling area wisata dapat memanjakan mata.

  • Air Terjun Kembang Soka

Wisata air terjun lainnya yang tidak kalah menarik tentu saja Air Terjun Kembang Soka Kabupaten Kulon Progo. Wisata air terjun satu ini sedang populer sehingga banyak wisatawan datang baik daerah sekitar maupun dari luar kota.

See also 8 Daftar Travel Umroh Resmi Kemenag dan Terpercaya

Wisata curug Kulon Progo memang tidak perlu lagi Anda ragukan keindahannya yang pastinya bisa memanjakan mata dan tubuh. Untuk mengunjungi Air Terjun Kembang Soka, Anda bisa melakukan perjalanan ke Dusun Banyunganti, Kecamatan Girimulyo.

  • Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut yang berlokasi di Kutogiri, Gunungkeling juga wajib Anda masukkan ke daftar destinasi wisata saat liburan. Pasalnya, Air Terjun Kedung Pedut dianggap sebagai surga tersembunyi karena sajian pemandangan yang indah dan asri.

Tidak hanya bisa menikmati pemandangan, Anda juga bisa merasakan sensasi berenang dan bermain air di sekitar air terjun. Tiket masuk ke wisata ini juga masih sangat terjangkau, yaitu Rp 11.000,- per orang.

  • Curug Sigembor

Berkunjung ke Kulon Progo akan lebih menyenangkan jika bisa mengunjungi berbagai macam wisata yang tersedia. Salah satunya wisata Curug Sigembor yang berlokasi di Dusun Banyunganti, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo.

Sigembor termasuk curug Kulon Progo yang sedang populer saat ini sehingga tidak sulit untuk menemukan lokasinya. Para pengunjung bisa merasakan deburan air terjun yang menyegarkan sembari bermain air dan mengabadikan dengan berfoto.

  • Curug Siluwok

Sudah banyak wisata Kulon Progo Terdekat yang indah dan menarik sehingga tidak perlu bingung menentukan salah satunya. Curug Siluwok direkomendasikan masukkan ke daftar wisata liburan yang tidak boleh Anda lewatkan.

Curug Kulon Progo satu ini terletak di Jalan Keweron, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo yang menyajikan pemandangan air terjun setinggi 20 meter. Anda bisa bermain air dengan aman di kawasan Air Terjun Siluwok karena arusnya tidak terlalu deras

  • Kedung Ingas

Curug Kedung Ingas juga tidak kalah menarik dari wisata air terjun lainnya yang terletak di sekitar Kabupaten Kulon Progo. Wisata Kedung Ingat menawarkan udara yang sejuk serta pemandangan indah yang mampu membuat tubuh kembali segar setelah berkunjung.

See also Curug Kiara Danu di Majalengka, Seperti Apa Keindahannya?

Suasana yang masih asri dan tenang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mengunjungi Kedung Ingas. Lokasi Kedung Ingas terletak di Dusun Kwarakan, Sidorejo, Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulon Progo.

  • Air Terjun Sidoharjo

Ingin mengunjungi wisata air terjun yang indah dan asri? Anda bisa mengunjungi Air Terjun Sidoharjo. Air Terjun Sidoharjo berlokasi di Dusun Sumoroto, Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo.

Sebagai salah satu curug Kulon Progo terpopuler, Air Terjun Sidoharjo sangat cocok untuk tempat melepas penat dari padatnya aktivitas. Tersaji pemandangan yang indah, hijau, dan asri sehingga udaranya masih sejuk dan segar.

  • Air Terjun Setawing

Sebenarnya ada banyak rekomendasi wisata air terjun di Kulon Progo yang menarik dan wajib Anda kunjungi. Air Terjun Setawing bisa menjadi destinasi wisata ketika liburan yang berada satu kawasan dengan wisata Bukit Menoreh.

Setawing menyajikan pemandangan air terjun bertingkat setinggi 45 meter yang terlihat sangat alami dan spektakuler. Anda bisa melakukan aktivitas berenang pada kolam yang dangkal, namun harus tetap berhati-hati terutama saat musim hujan.

  • Grojogan Watu Jonggol

Destinasi wisata air terjun yang masih asri selanjutnya ada Grojogan Watu Jonggol yang terletak di Dusun Pagerharjo. Meskipun tergolong lebih kecil ketimbang wisata air terjun lainnya, namun Grojogan Watu Jonggol memiliki debit air yang deras.

Curug Kulon Progo memang cukup beragam namun sangat menarik dan sayang jika terlewatkan saat berlibur. Termasuk Grojogan Watu Jonggol yang menyajikan pemandangan asri dan menenangkan sehingga cocok menjadi tempat berlibur sekaligus melepas penat.

  • Grojogan Sewu Jatimulyo

Rekomendasi wisata air terjun yang terakhir di Kabupaten Kulon Progo adalah Grojogan Sewu Jatimulyo. Grojogan Sewu Jatimulyo terkenal memiliki aliran air yang cukup deras dan jernih menyegarkan.

See also Ciburial Bogor, Wisata Terbaik untuk Melepas Penat

Anda bisa berfoto sambil menikmati pemandangan indah nan asri di sekeliling area wisata Grojogan Sewu Jatimulyo ini. Lokasi Grojogan Sewu terletak di Dusun Beteng, Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo.

Mengisi waktu liburan dengan mengunjungi wisata populer di Kulon Progo tentu menyenangkan, namun Anda harus memperhatikan keselamatan. Pastikan Anda sudah mendaftar asuransi perjalanan terbaik dan terpercaya sebagai perlindungan dan kenyamanan saat bepergian.

Bingung memilih perusahaan asuransi? Anda bisa mencari informasi lengkap terkait perusahaan asuransi terbaik melalui web cekpremi.com. Demikian beberapa rekomendasi wisata curug Kulon Progo yang menyajikan pemandangan indah dan masih asri.

Referensi:

Tugu Wisata

Go Travelly

Java Travel

Traveloka