Pentingnya Asuransi Kesehatan untuk Para Freelancer

Asuransi kesehatan untuk para freelancer

Apakah asuransi kesehatan penting untuk para freelancer atau pekerja lepas? Umumnya para karyawan tetap yang bekerja di sebuah perusahaan atau instansi, tertentu sudah dilindungi dengan yang namanya asuransi satu ini. Manfaatnya sendiri tentu saja untuk perlindungan kesehatan para pegawai. Lalu bagaimana dengan para pekerja lepas?

Seperti namanya, umumnya freelancer tidak terikat kontrak dengan perusahaan. Jenis pekerjaan satu ini memungkinkan Anda untuk bekerja kapan saja dan di mana saja, sesuai kesepakatan dengan klien. Meski banyak orang yang menganggap bahwa pekerjaan satu ini terlihat lebih santai, namun pastinya tetap punya risiko salah satunya yaitu pemasukan yang tidak stabil. Pekerja lepas juga tidak punya fasilitas asuransi kesehatan dari perusahaan seperti karyawan tetap, jadi semua risiko ditanggung sendiri termasuk ketika sakit atau alami kecelakaan kerja. Dari sini saja sudah bisa dilihat bahwa seorang freelancer butuh yang namanya asuransi untuk perlindungan kesehatan dirinya sendiri.

Manfaat Asuransi Kesehatan untuk Freelancer

Untuk Anda yang freelancer atau siapa saja wajib memahami apa saja manfaat memiliki asuransi kesehatan untuk diri sendiri.

  • Terhindar Dari Risiko Gangguan Kesehatan yang Tinggi

Siapa bilang freelancer merupakan pekerjaan yang santai dibanding pekerja full time? Meski jenis pekerjaannya tidak terikat waktu dan tempat namun faktanya pekerja lepas bisa bekerja di rumah dan di manapun dengan jam kerja yang terkadang kurang beraturan. Bisa saja hari ini cukup santai bahkan tidak melakukan pekerjaan sama sekali, namun bisa saja keesokan harinya full bekerja sampai larut malam atau bahkan begadang.

Terutama freelancer yang menjadikan pekerjaan lepas sebagai job utama, tentu akan mengambil pekerjaan yang banyak hingga kadang mengabaikan kondisi kesehatan. Hal ini yang membuat asuransi untuk perlindungan kesehatan sangat penting dimiliki oleh para pekerja lepas karena risiko gangguan kesehatannya juga terbilang tinggi. Apalagi jika freelancer tersebut tidak mengimbangi jam kerja yang kurang teratur dengan gaya hidup yang sehat.

See also Asuransi Rawat Jalan Terbaik dan Tips Memilihnya

Kurang tidur bisa saja jadi makanan sehari-hari seorang pekerja lepas. Jika seseorang sering mengalami kurang tidur maka lebih mudah terserang penyakit karena jam tidur yang tidak teratur dan kurang tercukupi membuat imun menurun. Ada berbagai risiko penyakit yang mudah menyerang seperti diabetes, truk bahkan penyakit jantung untuk gaya hidup yang kurang sehat ini.

  • Mendapatkan Perawatan Berkualitas

Seseorang yang mendapatkan asuransi perlindungan kesehatan dari perusahaan, lalu tiba-tiba mengalami sakit tentu bisa langsung melakukan klaim asuransi saat itu juga. Namun bagaimana dengan freelancer yang tidak mendapatkan fasilitas asuransi kesehatan? Di sini manfaat asuransi perlindungan kesehatan bisa Anda rasakan secara langsung, karena asuransi dapat memberikan akses ke fasilitas perawatan kesehatan yang berkualitas tanpa harus bingung soal biaya.

Jadi meski Anda hanya seorang pekerja lepas, namun untuk mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan atau sesuai dengan penyakit yang diderita tidak perlu mengorbankan kualitas.

Manfaat asuransi kesehatan yang dimiliki dapat membantu Anda untuk melakukan perawatan sampai sembuh, konsultasi dengan dokter dan spesialis yang kompeten tanpa memikirkan biaya. Asuransi perlindungan kesehatan juga dapat memberikan keuntungan, yaitu Anda lebih mudah mendeteksi masalah kesehatan lebih awal sehingga mengurangi risiko penyakit yang lebih serius.

  • Tidak Merepotkan Keluarga

Memiliki asuransi kesehatan tentu saja dapat meringankan beban biaya saat Anda mengalami sakit ataupun kecelakaan. Karena jika Anda mengalami hal tersebut, maka bisa lakukan klaim asuransi untuk meringankan biaya perawatan sampai sembuh. Apalagi manfaat asuransi untuk perlindungan kesehatan cukup luas, tidak hanya rawat inap di rumah sakit dan konsultasi dengan dokter ada juga perawatan untuk pencegahan penyakit.

Termasuk pula untuk para wanita yang ingin melakukan persalinan baik persalinan secara normal maupun bedah sesar. Asuransi jenis ini juga meliputi perawatan gigi hingga biaya obat-obatan. Di mana jika tidak ada asuransi, maka Anda harus membayar biaya secara mandiri untuk berbagai keperluan medis tersebut dan tentunya biaya yang dikeluarkan tidak murah.

See also Pilihan Asuransi Perjalanan Domestik Untuk Orang Tercinta Anda

Anda seorang pekerja lepas yang gajinya tidak stabil lalu sedang mengalami sakit atau kecelakaan, tentu saja mau tidak mau harus merepotkan keluarga untuk membantu meringankan biaya berobat. Apalagi jika harus sampai masuk rumah sakit maka biaya yang harus dikeluarkan pastinya besar, namun dengan asuransi perlindungan kesehatan, biaya bisa ditekan bahkan gratis.

  • Mengatur Keuangan dengan Tertib

Seorang pekerja lepas dibanding karyawan tetap harus memiliki strategi pengaturan keuangan yang jauh lebih baik. Karena Anda tidak tahu kapan klien sedang ramai dan membutuhkan jasa Anda dan kapan pekerjaan sedang sepi. Untuk itu, maka sangat penting mengatur keuangan salah satunya dengan memiliki asuransi perlindungan kesehatan. Mungkin beberapa orang bertanya apa hubungan keduanya?

Asuransi perlindungan kesehatan membuat Anda harus bayar premi secara rutin tiap bulan, dimana dengan ini Anda harus menyisihkan penghasilan untuk bayar premi asuransi kesehatan bulanan. Jika Anda tidak punya pengaturan keuangan yang bijak, maka pembagian uang pasti tidak jelas bukan hanya tidak bisa bayar premi bahkan biaya hidup juga tidak tertutupi. Asuransi jenis ini membantu Anda lebih disiplin dan bijak dalam mengatur pengeluaran sehingga pendapatan tidak terbuang untuk hal-hal yang kurang perlu.

  • Sarana Investasi Masa Depan

Berikutnya, punya asuransi kesehatan juga jadi sarana investasi masa depan bagi freelancer. Karena asuransi kesehatan punya sistem atau kebijakan, di mana penyedia asuransi bisa mengembalikan premis 100% jika polis sudah berakhir.

Secara tidak langsung, beli asuransi kesehatan ini tentu membuat Anda bisa berinvestasi jangka panjang dan menikmati manfaatnya di kemudian hari. Jadi Anda tidak hanya bisa mendapatkan fasilitas medis ketika sakit atau kecelakaan namun juga bisa sekalian menabung dan berinvestasi.

See also 7 Cara Memilih Asuransi Mobil yang Baik, Jangan Salah Pilih!

Sekarang tentu Anda sudah tahu pentingnya punya asuransi kesehatan untuk para freelancer. Jika Anda berencana untuk memiliki asuransi kesehatan dalam waktu dekat pastikan untuk dapat memilih asuransi terbaik dengan membandingkan lewat portal online Cekpremi. Cekpremi adalah website terbaik untuk memilih perusahaan asuransi terbaik yang aman dan juga sudah terdaftar di OJK. Di website ini, Anda juga bisa sekalian membandingkan pilihan asuransi dari jenis lain seperti misalnya asuransi jiwa, asuransi perjalanan, asuransi kendaraan dan masih banyak lagi hanya di Cekpremi.

sumber :

Hello Sehat

Alodokter

Ayo Bandung