Info Tes Alergi di Jakarta: Manfaat, Prosedur, dan Biaya

tes alergi

Siapa saja bisa berpotensi mengalami alergi ringan hingga berat dengan munculnya beberapa indikasi, seperti batuk, pilek, atau lainnya. Lakukan tes alergi ketika muncul indikasi agar masalah dan cara mengobatinya dapat teridentifikasi secara tepat.

Anda bisa mengalami alergi setelah mengonsumsi makanan atau setelah melakukan kebiasaan tertentu sehingga perlu melakukan tes. Simak penjelasan berikut agar Anda lebih tahu dan manfaatnya pada tubuh.

Apa itu Tes Alergi?

Alergi merupakan suatu kondisi sistem kekebalan tubuh yang menunjukkan reaksi berlebihan terhadap bahan atau substansi tertentu. Sedangkan test alergi adalah prosedur pemeriksaan guna mendeteksi substansi tertentu yang menjadi pemicu alergi pada tubuh.

Mungkin pada sebagian orang, gejala alergi bisa menghilang dengan sendirinya dan tidak berbahaya. Namun tidak jarang gejala tersebut dapat memicu kondisi berbahaya pada tubuh terutama bagian saluran pernapasan hingga mengakibatkan kematian.

Jenis alergi penyebab reaksi sendiri ada 3, yaitu alergi hirup, alergi makanan, serta alergi kontak. Oleh karena itu, Anda harus melakukannya ketika mengalami beberapa gejala guna meningkatkan kewaspadaan.

Manfaat Tes Alergi

Sebenarnya reaksi alergi bisa dialami oleh siapa saja tanpa memandang usia, namun tidak semua orang memiliki kondisi yang sama. Terlebih masih banyak orang menyepelekan gejala alergi hingga berisiko mengalami kondisi yang lebih berbahaya.

Jenis alergi penyebab reaksi sendiri ada 3, yaitu alergi hirup, alergi makanan, dan alergi kontak. Oleh karena itu, sangat penting melakukan hal tersebut ketika mengalami beberapa indikasi guna mendapatkan berbagai manfaat berikut:

  • Memastikan Penyebab Reaksi

Dengan melakukan tes, Anda bisa mencari tahu penyebab gejala alergi terjadi dan memastikannya oleh dokter ahli. Anda tidak perlu lagi menebak-nebak dan dokter ahli akan memberi penjelasan terkait substansi penyebab alergi tersebut.

  • Mengetahui Cara Mengatasi Alergi

Manfaat lain adalah mengetahui cara mengatasi gejala alergi secara lebih tepat dan aman. Proses pemeriksaan tentunya akan didampingi oleh spesialis sehingga bisa memberikan jawaban yang spesifik serta cara menghindari masalah.

  • Mempelajari Tentang Perubahan Gaya Hidup

Anda juga akan mempelajari tentang perubahan gaya hidup, seperti lebih perhatian pada perlindungan diri dan pemilihan makanan. Pasalnya, penyebab alergi bisa dari makanan atau lingkungan sehingga perlu perubahan gaya hidup untuk menghindari masalah.

Prosedur Tes Alergi

Biasanya dokter dengan bantuan seorang perawat yang akan melakukan prosedur sehingga aman dan akurat. Terdapat 6 jenis tes yang sering digunakan untuk mendeteksi reaksi alergi pada tubuh sebagai berikut:

  • Tes Tusuk Kulit (Skin Prick Test)

Tes tusuk kulit atau skin prick test merupakan test kulit yang berguna untuk menguji alergi makanan, bulu hewan, serbuk, jamur, atau serangga. Dokter atau spesialis akan melakukan pemeriksaan pada orang dewasa melalui bagian tubuh lengan bawah.

Sedangkan prosedur pada anak-anak dengan uji tusuk kulit biasanya di bagian punggung atas. Prosedur tes tusuk kulit ini tidak akan menimbulkan rasa sakit sebab jarum tidak akan menembus struktur kulit bagian luar dan hasil tes akan keluar dalam waktu 15-20 menit.

  • Injeksi Kulit (Skin Injection Test)

Tes injeksi kulit (skin injection test) dengan cara dokter menyuntikkan ekstrak alergi pada permukaan kulit area bawah.

Tes injeksi ini berguna mengidentifikasi adanya alergi terhadap jenis obat-obatan tertentu, racun lebah, atau penisilin. Metode ini tergolong lebih sensitif dan bisa memberi hasil lebih pasti ketimbang tes tusuk kulit.

  • Tempel Kulit (Patch Skin Test)

Cara mengidentifikasi selanjutnya juga bisa menggunakan tes tempel kulit atau patch skin test. Tes ini berguna untuk mendeteksi dermatitis kontak alergi menggunakan koyo atau tempelan khusus.

Dalam tes satu ini, dokter akan menempel koyo dan menutupinya dengan pita hipoalergenik selama 48 jam. Setelah 48 jam, Anda harus kembali ke dokter untuk membuka sekaligus mengetahui hasil pemeriksaan tes tersebut.

  • Tes Darah

Jenis tes untuk mendeteksi tidak hanya melalui kulit, pada kondisi alergi tertentu membutuhkan tes darah guna mendeteksi lebih tepat. Dokter akan memberikan dengan cara mengambil sampel darah pasien yang mengalami reaksi alergi.

Sampel darah tersebut akan memberikan respons atas reaksi alergi dengan mendeteksi tingkat IgE atau antibodi Imunoglobulin E. Tubuh yang mengalami reaksi alergi biasanya memiliki antibodi Imunoglobulin E lebih banyak ketimbang tubuh kondisi normal.

  • Diet Eliminasi

Tes lain yang bisa Anda lakukan guna memeriksa penyebab alergi terutama alergi makanan bisa dengan diet eliminasi. Metode ini akan membantu dokter menentukan jenis makanan tertentu penyebab alergi pada tubuh.

Cara melakukan tes diet eliminasi dengan menghilangkan jenis makanan tertentu pada pola makan sehari-hari. Setelah itu, menambahkan lagi makanan tersebut guna memeriksa reaksi alergi yang timbul guna menentukan jenis makanan yang harus dihindari serta cara mengatasinya.

Biaya Tes Alergi

Mungkin sekarang Anda bisa paham tentang kondisi alergi serta berbagai jenis tes untuk mendeteksi penyebab kondisi tersebut. Selain mengenal tentang alergi dan prosedur tes, tentu Anda juga penasaran dengan estimasi biaya untuk melakukannya.

Sebenarnya banyak tempat yang menyediakan layanan tersebut sehingga tidak perlu kesulitan untuk memilih tempat terbaik. Estimasi biaya konsultasi dengan dokter spesialis atau ahli alergi biasanya sekitar 150.000 hingga 400.000.

Sedangkan untuk estimasi biaya berbeda-beda sesuai jenis yang Anda gunakan nantinya. Untuk menjalani serangkaian tes sampai mendapatkan hasilnya memerlukan biaya sekitar 400.000 sampai 3.000.000.

Bingung memilih tempat tes dengan harga terjangkau? Anda tidak perlu pusing masalah biaya dengan mendaftarkan diri pada asuransi kesehatan terbaik. Seluruh biaya pemeriksaan hingga perawatan akan ditanggung, bahkan tersedia beberapa pilihan tempat pemeriksaan terbaik rekanan perusahaan.

Demikian sekilas ulasan tentang tes alergi yang sangat penting dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan informasi lengkap terkait perusahaan asuransi terbaik, Anda bisa langsung mengunjungi website cekpremi.com.

Referensi :

Alodokter

SehatQ

Royal Progress

Medkes