Lakukan Ini Sebagai Bentuk Pencegahan Kecelakaan Sepeda

kecelakaan sepeda

Apa penyebab kecelakaan sepeda? Tentu ada banyak faktor penyebab kecelakaan saat bersepeda, bisa karena kondisi sepeda, jalan, dan lainnya. Oleh karena itu, sangat penting mengetahui tips bersepeda yang baik agar terhindar dari kecelakaan.

Bersepeda merupakan salah satu aktivitas menyenangkan sekaligus bermanfaat bagi kesehatan, namun juga cukup berisiko. Pasalnya, banyak kecelakaan yang terjadi saat bersepeda dan angka kecelakaan tersebut tergolong cukup tinggi.

Faktor Penyebab Kecelakaan Sepeda

Bersepeda memang tidak menyebabkan polusi udara, tetapi Anda harus berjaga- jaga dari risiko kecelakaan. Lantas, faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya kecelakaan ketika bersepeda? Berikut beberapa faktor penyebab kecelakaan sepeda:

Kondisi Sepeda sudah Tidak Layak

Mungkin Anda menganggap menaiki sepeda saat bepergian tidak terlalu berisiko ketimbang mengendarai kendaraan bermotor. Sebenarnya bersepeda juga bisa berisiko mengalami kecelakaan lantaran beberapa faktor.

Salah satu penyebab kecelakaan sepeda adalah kondisi dari sepeda itu sendiri. Bisa saja sepeda tersebut sudah berusia tua atau mengalami kerusakan. Jika sepeda sudah usang dan kurang perawatan tentu spare part akan berkarat serta mudah keropos hingga kerusakan yang terjadi bisa membahayakan keselamatan Anda.

Terburu-buru

Tidak jarang beberapa kondisi atau alasan mengharuskan Anda memacu sepeda dengan cepat, seperti mengejar waktu atau mengejar teman bersepeda. Padahal situasi seperti ini bisa menjadi faktor terjadinya kecelakaan di jalan sehingga membahayakan keselamatan Anda.

Ketika memacu sepeda dengan cepat tentu pikiran Anda hanya akan berfokus pada satu hal sehingga tidak fokus dengan kondisi sekitar.

Mendekati Pintu Mobil

Saat bersepeda biasanya Anda akan menjumpai kendaraan lain, baik kendaraan roda dua ataupun roda empat. Kendaraan lain seperti mobil ternyata bisa menjadi faktor penyebab terjadinya kecelakaan ketika bersepeda.

See also Buat Rancangan Impian Sendiri Dengan Website Desain Rumah Online!

Terkadang terjadi situasi yang tidak terduga seperti pintu mobil tiba-tiba terbuka saat Anda bersepeda di samping mobil. Oleh karena itu, sebaiknya Anda lebih berhati-hati ketika melewati mobil yang parkir guna mencegah terjadinya kecelakaan sepeda.

Kondisi Jalan Rusak atau Berbahaya

Sudah menjadi hal yang umum jika banyak daerah yang mengalami jalan rusak sehingga membahayakan para pengendara. Tidak hanya menjadi faktor penyebab kecelakaan bagi pengendara roda dua dan empat saja, namun juga penyebab kecelakaan bagi pesepeda.

Kondisi jalan yang rusak, berlubang, berkerikil, basah, maupun terdapat polisi tidur bisa menyebabkan kecelakaan jika pengendara tidak fokus. Tidak heran jika angka kecelakaan terutama di Indonesia tergolong cukup tinggi.

Kurang Konsentrasi

Faktor selanjutnya adalah kurang konsentrasi saat bersepeda. Sebenarnya banyak faktor yang menjadi penyebab kecelakaan sepeda sehingga perlu Anda perhatikan demi menjaga keselamatan. Pastikan Anda selalu fokus saat bersepeda dan jangan lengah.

Tidak ada salahnya jika Anda mengenal penyebab dari kecelakaan agar lebih bisa waspada dan tidak menganggap sepele berkendara sepeda. Ketika Anda tidak berkonsentrasi ketika naik sepeda, tentu bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Melanggar Peraturan Lalu Lintas

Faktor penyebab kecelakaan sepeda selanjutnya adalah karena melakukan pelanggaran lalu lintas. Tidak hanya kurang konsentrasi, kondisi jalan dan infrastruktur, serta kondisi sepeda. Namun, ada banyak faktor lainnya yang perlu Anda ketahui dan perhatikan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan ketika bersepeda.

Terjadinya kecelakaan saat bersepeda bisa saja terjadi karena Anda tidak mematuhi peraturan laku lintas. Pasalnya, peraturan lalu lintas berlaku untuk semua pengguna jalan bukan hanya pengendara motor atau mobil.

Lampu Reflektif Tidak Menyala

Kecelakaan sepeda juga bisa terjadi ketika Anda berkendara pada malam hari. Hal ini bisa menyebabkan pengendara kesulitan melihat. Apalagi jika ternyata lampu reflektif tidak menyala, padahal fungsi lampu ini sangat penting.

See also Apa itu Love Language? Ini Pengertian dan Jenis-jenisnya

Tidak sedikit orang menyepelekan penggunaan lampu reflektif dan memilih menggunakan sepeda tanpa lampu. Tentu saja akan sangat berbahaya jika menaiki sepeda malam hari dan melewati jalanan yang minim penerangan.

Tips Mencegah Kecelakaan Sepeda

Setelah mengenal beberapa faktor penyebab terjadinya kecelakaan saat bersepeda, tentu Anda juga perlu mengetahui tips mencegahnya. Sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda menerapkan tips keselamatan berikut:

Memakai Helm

Salah satu bentuk pencegahan kecelakaan bersepeda adalah dengan memakai helm terbaik saat bersepeda jarak dekat maupun jauh. Memakai helm dapat membantu mengurangi kemungkinan terjadinya cedera kepala serius.

Gunakan Perlengkapan Bersepeda dan Lampu Reflektif

Tidak hanya mengenakan helm ketika bepergian menaiki sepeda, Anda juga perlu menggunakan perlengkapan bersepeda yang lengkap serta memastikan adanya lampu reflektif. Perlengkapan tersebut akan melindungi Anda dari benturan ketika terjatuh atau mengalami kecelakaan sepeda.

Periksa Kondisi Sepeda

Selalu periksa kondisi sepeda terutama rem dan roda dan pastikan dalam kondisi aman agar tidak bermasalah ketika di jalan. Hindari menggunakan sepeda yang sudah tidak layak atau bermasalah guna meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Patuhi Peraturan Lalu Lintas

Meskipun menaiki sepeda, Anda harus tetap mematuhi peraturan dan rambu lalu lintas demi keselamatan. Anda harus berkendara sesuai arus lalu lintas, lambaikan tangan sebagai sinyal saat berbelok, dan patuhi lampu lalu lintas agar tidak berbahaya.

Hindari Kebut-kebutan di Jalan

Hindari memacu sepeda secara kebut-kebutan saat di jalan karena bisa membahayakan diri sendiri dan juga orang lain. Anda harus melaju dengan kecepatan yang nyaman sesuai kondisi cuaca, lalu lintas, serta kondisi jalan.

Jauhi Pintu Mobil

Untuk menghindari kecelakaan sepeda, Anda juga perlu lebih berhati-hati ketika lewat di samping mobil dan sebaiknya menjauhi pintu mobil. Pasalnya, mobil yang terparkir bisa saja tiba-tiba membuka pintu sehingga membuat Anda kaget dan hilang konsentrasi.

See also Aspek Pemasaran Digital Marketing dan Cara Penerapannya

Selalu Ingat S.I.P.D.E

Tips mencegah kecelakaan bersepeda yang terakhir adalah dengan selalu mengingat teknik aman S.I.P.D.E (scary, identify, predict, decide, and execute). Anda harus selalu waspada dengan situasi, mengamati dan perhitungkan sebelum berbelok, lalu ambil keputusan serta jalankan keputusan tersebut.

Miliki Asuransi Mobil

Selain perlu melindungi diri agar terhindar dari resiko kecelakaan saat naik sepeda, sebaiknya juga melindungi mobil Anda dengan Asuransi mobil. Anda akan merasa lebih tenang dan terlindungi dengan adanya asuransi mobil terbaik.

Kunjungi website cekpremi.com untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai daftar perusahaan asuransi terpercaya dan berpengalaman. Sekian ulasan tentang faktor dan tips mencegah kecelakaan sepeda yang bisa Anda terapkan demi menjaga keselamatan.

Ref:

Tempo

Reason Over

IDN Times

Blog Avelio