BPKB Elektronik Siap Meluncur, Apa Saja Keunggulannya?

BPKB Elektronik

Perkembangan teknologi mempengaruhi banyak hal mulai dari hadirnya e-KTP, paspor elektronik dan sebentar lagi BPKB elektronik juga akan diluncurkan. Rencana pembuatannya sendiri sudah digodok sejak tahun 2023 ini oleh Direktorat Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri.

Mengingat teknologi digital berperan besar dalam pembuatannya, lantas seperti apa keunggulan yang ditawarkan? Apakah nantinya BPKB ini akan berbentuk seperti SIM atau KTP, atau justru berbentuk digital yang bisa diunduh?

Apa Itu BPKB Elektronik

Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) merupakan buku resmi yang diterbitkan Satlantas Polri. Buku ini menjadi bukti sah kepemilikan kendaraan, baik itu motor, mobil, dan kendaraan lainnya.

Di dalam BPKB terdapat informasi seperti nama pemilik kendaraan, nomor polisi kendaraan, merk dan tipe kendaraan, nomor mesin, rangka sampai tahun pembuatannya. Perubahan BPKB menjadi elektronik merupakan peningkatan dari bentuk BPKB konvensional yang tadinya berbentuk buku panjang yang cukup tebal.

Bentuk BPKB elektronik tidak seperti SIM atau KTP namun masih berupa buku yang ukurannya lebih kecil, mirip dengan paspor. Di dalam BPKB baru ini akan disematkan chip yang bertujuan untuk mendeteksi riwayat kendaraan.

Chip ini akan terhubung dengan arsip digital dan terintegrasi dengan single data milik Korlantas Polri. Rencananya BPKB elektronik meluncur tahun depan dan memiliki target penerapan mulai dari pemilik kendaraan yang melakukan mutasi BPKB dan juga pemilik kendaraan baru.

Keunggulan BPKB Elektronik dari BPKB Konvensional

Berubah menjadi lebih terintegrasi, lantas seperti apa keunggulan yang ditawarkan? Anda sebagai pemilik kendaraan yang berencana untuk melakukan mutasi di tahun depan atau justru membeli kendaraan baru harus tahu keunggulannya.

Tujuannya agar Anda tidak kaget saat bentuk fisik BPKB sudah berubah dan bisa memanfaatkan keuntungannya sebagai berikut:

  • Bentuk Fisik yang Semakin Praktis

BPKB konvensional memiliki bentuk buku yang cukup tebal dan juga panjang. Bentuk fisiknya ini membuat pemilik kendaraan tidak bisa membawanya dengan praktis. Jika mobil Anda harus menyimpannya ke dalam dashboard sedangkan motor Anda mungkin perlu meletakkannya ke dalam jok.

See also Rekomendasi 11 Oli Mobil Terbaik dan Terlaku

Keunggulan BPKB model elektronik adalah bentuk fisik lebih ringkas karena seperti paspor yang notabene cukup kecil. Anda bisa menyimpannya ke dalam tas tanpa kesulitan. Jika ingin bepergian Anda tidak perlu kelupaan membawa BPKB.

  • Memiliki Chip yang Terintegrasi

Keuntungan yang kedua adalah BPKB sudah dipasangi dengan chip layaknya SIM card. Seperti yang telah disebutkan, chip ini nantinya akan menjadi arsip single data yang terintegrasi dengan Korlantas Polri.

Chip akan menyimpan berbagai informasi penting mengenai aktivitas mutasi kendaraan tersebut maupun pembelian baru. Data yang tersimpan sudah pasti asli, Anda sebagai pemilik bisa dengan mudah mengecek keaslian surat-surat kendaraan.

Hal inilah yang tidak dimiliki oleh BPKB konvensional. Semua data hanya akan tersimpan dalam bentuk tulisan. Sulit juga untuk mengecek keaslian surat-surat tersebut karena tidak adanya chip tersebut.

  • Pelayanan Mutasi yang Jauh Lebih Cepat

BPKB menjadi syarat penting ketika Anda ingin memperpanjang plat nomor 5 tahunan hingga mutasi. Sejauh ini proses mutasi yang membutuhkan waktu sangat lama yaitu bisa 1 sampai 2 bulan. Padahal mungkin saja Anda segera membutuhkan BPKB untuk keperluan lainnya.

Kini dengan hadirnya BPKB elektronik Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 1 hari kerja saja untuk menyelesaikan aktivitas mutasi kendaraan. Semua itu berkat adanya chip yang terintegrasi dengan single data. Jadi pengecekan kendaraan dan proses mutasi pun akan berjalan lebih cepat.

Jika Anda memiliki kebutuhan lain seperti ingin menggadaikan BPKB mobil atau karena ingin menjualnya kembali maka tidak akan terjadi masalah. Setelah mutasi selesai dalam 1 hari, BPKB bisa langsung Anda gunakan.

  • Meminimalisir Adanya BPKB Palsu

Jual beli kendaraan bekas di Indonesia masih tergolong tinggi. BPKB biasanya menjadi dokumen yang bisa meningkatkan harga kendaraan. Sayangnya kendaraan curian masih sering memanfaatkan BPKB palsu. Ya, BPKB konvensional yang berbentuk buku masih sering dipalsukan sehingga membuat masyarakat menjadi rugi.

See also Motor Touring Terbaik yang Handal Untuk Perjalanan Jauh

Meskipun pada BPKB konvensional sudah dipasang stiker hologram khusus namun tidak mengurangi angka pemalsuan BPKB. Hadirnya BPKB berbentuk elektronik yang dipasang dengan chip mampu meminimalisir tindak kriminalitas tersebut.

Pasalnya chip akan dipasang secara tersembunyi dan sulit untuk diduplikasi. Apalagi setiap chip memiliki kemampuan untuk terhubung dengan data Korlantas Polri. Chip mungkin bisa diduplikasi bentuk fisiknya namun tidak akan tersambung dengan single data tadi. Sangat mudah untuk mengecek apakah BPKB tersebut asli atau palsu.

  • Bisa Transfer Informasi Antar Perangkat

BPKB yang baru nanti sudah dilengkapi juga dengan Near Field Communication (NFC). Teknologi nirkabel ini memungkinkan aktivitas transfer informasi antar perangkat dengan mudah dan cepat.

Anda bisa melihat histori kendaraan sendiri baik itu tahun pembelian, siapa pemilik pertama dan lainnya. Begitu juga dengan data kendaraan semua akan terlihat dengan jelas. Data ini bisa langsung Anda lihat melalui smartphone.

Hal ini jugalah yang bisa membuat proses jual beli kendaraan bekas jadi lebih mudah. Anda yang ingin menjual mobil bisa memperlihatkan data ini kepada calon pembeli. Tidak perlu membawa BPKB fisik lagi, tinggal cek datanya di smartphone.

Semua kendaraan bermotor yang rusak atau bisa digunakan harus memiliki BPKB sebagai tanda pengenal. Penerbitannya hanya dilakukan oleh Satuan Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Begitu juga dengan BPKB Elektronik yang rencananya akan dimulai tahun depan khusus untuk mutasi dan pembelian kendaraan baru. Prosesnya tidak jauh berbeda dengan layanan mutasi atau pembuatan BPKB kendaraan baru pada umumnya. Hanya saja nanti bentuk fisik berbeda sekaligus keunggulan yang bisa Anda peroleh.

Bagi Anda yang berencana untuk mutasi atau membeli kendaraan baru pastikan untuk memiliki BPKB yang asli baik itu elektronik atau versi konvensional. Memilikinya akan membantu Anda menjadi lebih aman dalam berkendaraan.

See also Pompa Oli Mobil: Fungsi dan Gejala Kerusakannya

Anda yang ingin lebih aman lagi juga perlu memiliki asuransi mobil. Keamanan berkendara bukan hanya surat-surat seperti keaslian surat-surat. Tingginya angka lalu lintas membuat ancaman risiko berkendara seperti kecelakaan pun bisa terjadi.

Demi keamanan, Anda bisa mencari terlebih dahulu jenis-jenis asuransi yang tepat melalui Cekpremi. Anda bisa dengan mudah mengecek dengan memasukkan data mobil dan tentukan sendiri mana asuransi yang paling sesuai.

Sumber:

Polri