Ini Cara Mengatasi Klaim Asuransi Mobil Ditolak

cara mengatasi klaim asuransi mobil ditolak

Mobil tidak seharusnya hanya digunakan sesuai fungsinya saja. Keselamatan dan keamanan mobil juga harus menjadi hal penting yang diperhatikan. Hal itu dapat diwujudkan dengan memiliki asuransi untuk mobil. Semua yang berkaitan dengan asuransi tersebut harus dipahami, termasuk cara mengatasi klaim asuransi mobil ditolak.

Salah satu alasan mengapa banyak orang menggunakan mobil adalah karena kenyamanannya. Mobil dapat melindungi penumpangnya dari panas dan hujan sehingga perjalanan terasa lebih nyaman dan aman. Di sisi lain, mobil juga bisa dibilang sebagai sebuah kebanggaan bagi pemiliknya.

Sebagai sebuah benda berharga, mobil merupakan harta yang harus selalu dipastikan aman. Sudah menjadi hal wajib bagi siapa saja yang memiliki mobil untuk memiliki pula asuransi. Pasalnya asuransi bermanfaat untuk memberikan jaminan keselamatan dan keamanan serta mengurangi berbagai risiko yang merugikan jika terjadi kondisi tertentu.

Pentingnya Asuransi Mobil

Meskipun asuransi mobil sudah menjadi hal yang umum di masyarakat, namun masih ada orang yang enggan memiliki asuransi untuk mobilnya. Sebagian orang berpendapat asuransi untuk mobil tidak terlalu penting. Karena itu, selain mengetahui cara mengatasi klaim asuransi mobil ditolak, Anda baiknya terlebih dahulu memahami manfaatnya.

1.Memberikan Perlindungan terhadap Kendaraan

Manfaat utama asuransi mobil adalah memberikan perlindungan terhadap kendaraan tersebut. Perlindungan yang diberikan biasanya mencakup banyak risiko dan kemungkinan, mulai dari kerusakan akibat kecelakaan hingga pencurian. Asuransi memberikan perlindungan lebih maksimal dibanding usaha dari pemiliknya untuk menjaga mobil tersebut.

2. Membantu Pertanggungjawaban Pihak Ketiga

Asuransi ternyata tidak hanya memberi manfaat pada pemilik mobil, tapi juga untuk pihak ketiga. Apabila kejadian kecelakaan melibatkan pihak ketiga, maka pertanggungjawabannya akan lebih ringan karena terbantu oleh asuransi. Pastikan Anda tahu cara mengatasi klaim asuransi mobil ditolak agar mendapatkan ganti rugi yang sesuai.

See also Cara Menjadi Agen Asuransi Fuse | Mudah dan Menguntungkan!

3. Memberikan Rasa Tenang

Asuransi yang memberikan perlindungan pada mobil pada akhirnya akan melahirkan rasa tenang pada pemiliknya. Anda tidak perlu terlalu khawatir akan terjadinya hal-hal buruk pada mobil kesayangan Anda. Meski begitu, Anda bukan berarti bisa ceroboh saat menggunakan mobil. Anda harus tetap hati-hati sebagai upaya pencegahan.

4. Menambah Nilai Jual Mobil

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa mobil yang disertai asuransi akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Alasannya karena asuransi bisa menjadi jaminan kondisi mobil tetap bagus. Bahkan setelah mengalami kerusakan akibat kecelakaan, asuransi bisa memastikan mobil segera diperbaiki.

Alasan Ditolaknya Klaim Asuransi Mobil

Selain harus tahu cara mengatasi klaim asuransi mobil ditolak, Anda harus tahu dulu mengapa klaim tersebut ditolak. Dengan begitu, Anda bisa mengambil langkah yang tepat berdasarkan alasan penolakan sehingga klaim asuransi mobil kemudian bisa diterima. Inilah alasan umum mengapa klaim asuransi mobil dapat ditolak.

1.Melebihi Batas Waktu

Klaim asuransi dapat tertunda atau bahkan tertolak jika melebihi batas waktu yang ditentukan di dalam polis. Dalam asuransi selalu terdapat aturan tentang batas waktu klaim. Biasanya batas klaim waktu asuransi hanya 3×24 jam. Maka jangan sampai terlewat membaca aturan tentang batas waktu ini saat mengurus asuransi untuk mobil Anda.

2. Dokumen Pengemudi Tidak Lengkap

Saat mengajukan klaim, pastikan Anda menyertakan dokumen pengemudi secara lengkap. Dokumen yang harus disertakan antara lain fotokopi KTP dan SIM pengemudi, STNK, polis asuransi dan formulir pengajuan klaim. Apabila terjadi kerusakan berat akibat kecelakaan parah, biasanya klaim harus menyertakan surat keterangan polisi.

3. Pengemudi Melakukan Pelanggaran

Cara mengatasi klaim asuransi mobil ditolak harus dilakukan dengan mengetahui kronologi kejadian. Pasalnya, pengemudi yang melakukan pelanggaran berisiko membuat klaim asuransi tertolak. Misalnya, pengemudi ugal-ugalan, menyetir dalam keadaan mabuk, tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas atau tidak memiliki SIM.

See also Asuransi Mikro: Pengertian, Manfaat, dan Tempat Membeli

4. Kejadian di Luar Wilayah

Selain batas waktu klaim, Anda juga harus mengerti tentang wilayah yang disepakati dalam klausul. Klaim hanya bisa dilayani pada wilayah tersebut. Sementara jika kejadian terjadi di luar wilayah, tentu saja klaim akan ditolak. Misalnya, kecelakaan terjadi di luar negeri, maka klaim asuransi yang Anda miliki di dalam negeri tidak akan berguna.

5. Kerusakan yang Disengaja

Saat terjadi kerusakan pada mobil, tidak serta merta asuransi bisa dicairkan. Biasanya akan ada pemeriksaan untuk memastikan penyebab kerusakan. Apabila ditemukan kerusakan yang disengaja oleh tertanggung, maka klaimnya pasti ditolak. Contohnya, tertanggung sengaja menabrakkan mobilnya dengan tujuan agar mendapatkan ganti rugi dari asuransi.

Cara Mengatasi Klaim Asuransi Mobil Ditolak

Klaim asuransi mobil yang tertolak pasti sangat mengecewakan. Ditambah tertanggung harus menanggung sendiri kerugian yang dialaminya. Namun jangan terburu-buru putus asa ketika klaim asuransi mobil ditolak. Anda bisa melakukan beberapa cara mengatasi klaim asuransi mobil ditolak berikut ini.

1.Lunasi Tunggakan Premi

Pengajuan klaim asuransi mobil yang ditolak bisa juga disebabkan karena masih ada premi yang belum dibayar. Jadi Anda harus terlebih dahulu melunasi tunggakan premi. Tunggakan premi yang berlangsung beberapa waktu bisa menyebabkan polis tidak aktif atau terhenti otomatis.

2. Jangan Terburu-buru Mengajukan Klaim

Tertanggung memang memiliki hak untuk mengajukan klaim asuransi mobilnya. Namun jika klaim dilakukan dengan terburu-buru, risikonya akan tertolak. Maka pastikan dulu melengkapi semua dokumen yang menjadi syarat wajib melakukan klaim. Perhatikan pula masa berlaku klaim dan wilayah yang dicakup.

3. Ajukan sesuai Polis

Dalam polis atau bukti perjanjian asuransi biasanya memuat semua hal mengenai hak dan kewajiban pihak penanggung maupun pihak tertanggung. Polis tersebut menjadi dasar pengajuan klaim asuransi, maka ajukan klaim sesuai dengan polis tersebut. Jika memang diperlukan, baca kembali isi polis saat akan mengajukan klaim asuransi mobil.

See also Istilah Asuransi Mobil

4. Ajukan Kembali

Pengajuan klaim asuransi yang pertama mungkin tertolak karena terdapat satu kesalahan. Anda bisa mengajukan klaim kembali dengan memperbaiki kesehatan tersebut. Namun jika alasan ditolaknya klaim asuransi karena melebihi batas waktu, di luar wilayah jangkauan atau karena ada pelanggaran, Anda tidak bisa mengulangi pengajuan klaim.

Asal semua persyaratan klaim asuransi mobil telah dipenuhi, sebenarnya sangat kecil kemungkinan klaim tersebut ditolak. Oleh karena itu, Anda harus tahu hal-hal yang menyebabkan klaim asuransi mobil ditolak sebelum mengajukannya.

Tidak hanya harus paham cara mengatasi klaim asuransi mobil ditolak, penting pula bagi Anda memilih produk asuransi mobil terbaik. Temukan rekomendasi produk asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan di cekpremi.com.

Referensi:

CNN Indonesia