7 Cara Memilih Asuransi Mobil yang Baik, Jangan Salah Pilih!

cara memilih asuransi mobil

Kesulitan melakukan klaim asuransi mobil sampai mendapatkan pelayanan yang kurang memuaskan masih kerap terjadi. Jangan sampai Anda mengalaminya, karena salah pilih asuransi sejak awal. Sangat penting memilih secara teliti mana asuransi yang tepat supaya perlindungan terhadap kendaraan berlangsung dengan baik.

Apalagi Anda yang menggunakan mobil untuk kebutuhan bisnis. Kehadiran asuransi sangat membantu ketika terjadi risiko kerusakan hingga kecelakaan. Bagaimana cara Anda bisa memilihnya, sebaiknya simak beragam caranya ini.

7 Cara Memilih Asuransi Mobil Tepat Sesuai Kebutuhan

Apabila Anda merasa asuransi yang saat ini dimiliki tidak memuaskan, jangan ragu untuk segera pindah ke asuransi yang baru. Anda hanya perlu melengkapi dokumen untuk pindah asuransi kemudahan menghubungi perusahaan asuransi yang lama. Namun sebelum itu, pastikan Anda sudah menentukan perusahaan asuransi yang baru.

Demi memudahkan menemukan asuransi terbaik, Anda bisa mengikuti beberapa cara berikut:

  • Jaringan Bengkel Rekanan Harus Luas

Tidak semua perusahaan asuransi bekerja sama dengan banyak bengkel, oleh karena itu Anda harus mencari informasi ini. Bengkel rekanan sebaiknya tersebar di berbagai daerah selain itu juga merupakan bengkel resmi sesuai dengan merk mobil yang Anda miliki.

Hal ini penting agar Anda bisa menjangkau bengkel dengan cepat apabila terjadi kerusakan. Bengkel harus memiliki lisensi resmi untuk beroperasi dan teknisi yang handal. Anda juga bisa menentukannya dengan jenis perbaikan mobil yang selama ini kerap dibutuhkan.

  • Menyediakan Perluasan Asuransi

Selama ini ada dua jenis asuransi standar yang disediakan yaitu asuransi mobil all risk atau comprehensive dan juga total loss only (TLO). Kedua asuransi ini memiliki layanan standar yaitu untuk all risk menanggung semua biaya perbaikan besar atau kecil. Asuransi TLO hanya untuk kerusakan lebih dari 75%.

See also Asuransi Mobil Murah Bisa Didapatkan dengan Cara Berikut Ini

Kerusakan yang terjadi masih belum termasuk yang disebabkan oleh huru-hara, bencana alam dan lainnya. Oleh karena itu supaya lebih aman Anda harus mencari asuransi yang memiliki perluasan perlindungan terhadap risiko tambahan tersebut.

Perluasan asuransi ini juga biasanya akan dibagi menjadi banyak kategori. Anda bisa memilih perluasan yang risikonya sesuai dengan kondisi kendaraan. Misalnya untuk mobil yang digunakan di area perkebunan, maka perluasan bencana alam bisa jadi pilihan.

  • Menyesuaikan Premi dengan Keuangan Pribadi

Paling penting dalam mencari asuransi adalah menyesuaikan premi asuransi mobil bulanan dengan kondisi keuangan pribadi Anda. Contohnya seperti menambahkan perluasan jaminan, otomatis premi yang harus Anda setorkan juga akan meningkat. Anda harus membaca detail premi dengan benar supaya tidak mengganggu kondisi keuangan.

Setiap perusahaan asuransi menawarkan premi yang berbeda, inilah kesempatan Anda untuk membandingkan premi masing-masing. Jangan takut juga untuk memilih premi yang tinggi selama proteksi yang diberikan memang Anda butuhkan. Jangan sampai tingginya premi menghambat Anda untuk mendapatkan proteksi dan menjaga keuangan di masa depan.

  • Pilih Perusahaan Asuransi yang Memiliki Reputasi Baik

Pelayanan yang baik, proses klaim yang mudah bisa Anda cek melalui reputasi yang dimiliki perusahaan asuransi tersebut. Informasi reputasi bisa Anda dapatkan dari para pengguna produk asuransi, berita, sampai dengan laporan keuangan perusahaan. Anda bisa dengan mudah tentunya mendapatkan informasi melalui internet.

Perusahaan asuransi terbaik juga tentunya akan memiliki lebih banyak konsumen, bengkel rekanan dan kantor cabang. Jangan lupa cari informasi mengenai riwayat perusahaan tersebut, apakah mereka termasuk perusahaan asuransi baru atau sudah lama. Perusahaan yang lama berdiri dan bebas dari masalah bisa jadi pilihan utama.

  • Kemudahan Membeli, Klaim hingga Pindah adalah Cara Memilih Asuransi Mobil

Saat memilih asuransi mobil Anda juga harus mempertimbangkan kemudahan pembeliannya. Apalagi jika Anda termasuk orang dengan mobilitas tinggi, maka membeli asuransi hanya melalui smartphone tanpa datang ke kantor akan jauh lebih mudah. Begitu juga dengan tata cara klaim.

See also Antisipasi Risiko Pekerjaan dengan Asuransi Kecelakaan Kerja

Apakah pihak asuransi menerapkan sistem sistem reimburse atau akan langsung cair setelah Anda mengajukan klaim. Pertimbangkan juga berapa lama proses klaim yang tersedia di asuransi tersebut. Satu lagi yang penting adalah kemudahan jika sewaktu-waktu Anda ingin pindah asuransi.

Tanpa perlu proses yang rumit untuk pindah dan berapa besar penalti yang harus Anda tanggung harus diketahui lebih jelas. Biasanya informasi ini juga akan tertulis dalam polis asuransi yang bisa Anda cermati kembali sebelum tanda tangan. Pastikan kejelasannya supaya Anda tidak kesulitan nantinya.

  • Meminta Rekomendasi Showroomadalah Cara Memilih Asuransi Mobil

Bagi Anda yang membeli mobil baru, jangan ragu untuk menanyakan rekomendasi asuransi mobil langsung dari showroom. Biasanya sales di showroom akan memberikan informasi asuransi apa saja yang sudah bekerja sama dengan perusahaan mereka. Hal ini memudahkan Anda untuk mengetahui asuransi apa saja yang tersedia.

Saat berada di showroom Anda bisa menanyakan informasi soal jenis asuransi mana yang paling sering dipilih, seperti apa proses klaim di bengkel tersebut dan lainnya. Informasi ini jadi bahan penting untuk mempertimbangkan mana yang paling baik.

  • Menyesuaikan dengan Kondisi Mobil Anda

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua perusahaan asuransi menyediakan produk secara lengkap. Khususnya jika Anda memiliki mobil bekas yang hendak diasuransikan. Jika seperti ini kasusnya maka Anda lebih baik menyesuaikan asuransi dengan kondisi mobil.

Secara umum limit usia mobil pada asuransi comprehensive adalah 10 tahun sedangkan asuransi TLO adalah 15 tahun. Bisa jadi perusahaan asuransi memiliki limit yang sesuai atau di bawah aturan tersebut yaitu usia mobil yang lebih pendek. Jadi pastikan kembali informasi limit usia mobil yang bisa diasuransikan.

See also Pentingnya Asuransi Kecelakaan Diri untuk Olahraga Ekstrim

Luangkan waktu untuk bisa mendapatkan asuransi mobil terbaik, sehingga Anda tidak perlu lagi berpindah perusahaan asuransi. Anda juga harus mencari informasi terkait perusahaan asuransi secara akurat bukan berdasarkan asumsi saja.

Saat ini untuk mendapatkan informasi yang lengkap mengenai asuransi mobil Anda bisa dengan mudah mengaksesnya melalui Cekpremi. Pada situs Cekpremi Anda akan mendapatkan informasi mengenai perusahaan asuransi lengkap dengan produk-produknya.

Berkat informasi lengkap Anda bisa membandingkan perusahaan begitu juga dengan produk asuransi yang akan dibeli. Sisanya Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan berdasarkan informasi tersebut. Selama Anda mengakses Cekpremi maka akses informasi asuransi tidak akan salah, yuk kunjungi websitenya sekarang!