Ini Dia Manfaat Filter Oli pada Kendaraan Mobil

filter oli

Bagi Anda yang sering berkendara dengan mobil, maka perlu untuk mengetahui kondisi elemen-elemen yang ada di dalamnya termasuk salah satunya yaitu filter oli. Komponen yang satu ini memiliki fungsi yang sangat penting sehingga Anda perlu mengetahui apa saja manfaat dan fungsinya.

Filter untuk oli merupakan salah satu komponen penting dalam sistem pelumasan kendaraan yang seringkali diabaikan. Meskipun ukurannya kecil, filter ini memiliki fungsi yang sangat penting terutama menjaga kebersihan oli dan memastikan pelumasan berlangsung optimal pada mesin kendaraan.

Manfaat Filter Oli pada Kendaraan Mobil

Bagi pemilik kendaraan, sebaiknya mengetahui apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga kendaraan dalam kondisi prima. Filter juga menjadi salah satu perangkat penting yang harus dijaga karena memiliki fungsi penting. Berikut adalah beberapa manfaat dari filter oli yang perlu Anda ketahui:

1. Menyaring partikel kecil

Setiap mobil tentu saja membutuhkan oli sebagai pelumas. Seringkali oli yang ada di dalam mesin tercampur dengan kotoran atau partikel-partikel kecil. Adanya filter, akan membantu untuk menjaga oli tetap bersih dari partikel-partikel tersebut. Jadi fungsi utama dari filter ini adalah untuk menyaring partikel kecil yang dibawa selama proses pelumasan.

Meskipun oli memang dirancang untuk melumasi dan melindungi mesin, akan tetapi seiring waktu tersebut akan tercampur dengan partikel-partikel kecil seperti debu, kotoran, dan residu pembakaran.

Kotoran-kotoran tersebut kemudian ikut masuk ke dalam sistem pelumasan. Hal inilah yang akhirnya membuat oli menjadi kotor dan keruh. Jika tidak diatasi, hal ini dapat mengakibatkan penumpukan kotoran dan pengendapan di dalam mesin. Hari ini juga yang mengharuskan pemilik kendaraan untuk mengganti oli secara berkala.

2. Melindungi Kinerja Mesin

Manfaat berikutnya yang ditawarkan dari komponen filter adalah membantu melindungi kinerja mesin agar selalu optimal. Hal ini dikarenakan jika ternyata oli dalam kondisi kotor maka akan menyebabkan kinerja mesin menjadi menurun.

Ketika kotoran dan partikel-partikel tersebut tidak difilter, maka dapat menyebabkan beberapa masalah serius pada mesin kendaraan. Salah satu dampak yang paling umum adalah peningkatan gesekan di antara komponen mesin, yang pada akhirnya dapat merusak bagian-bagian tersebut dan mengurangi efisiensi mesin. Oleh karena itu, filter oli menjadi salah satu pelindung mesin kendaraan dari kerusakan yang disebabkan oleh kotoran dan partikel yang dapat merusak.

Cara Kerja Filter Oli

Selanjutnya apabila Anda sudah mengetahui tentang bagaimana filter ini memiliki manfaat luar biasa untuk kendaraan mobil, selanjutnya juga perlu mengetahui bagaimana cara kerjanya.

Komponen ini bekerja dengan prinsip penyaringan. Sebagian besar filter dibuat menggunakan media filtrasi seperti kertas khusus atau serat sintetis yang dirancang untuk menangkap partikel-partikel kecil. Ketika oli mengalir melalui filter, maka media filtrasi tersebut menyaring kotoran dan partikel berbahaya. Jadi, proses penyaringan inilah yang akan membuat oli tetap bersih untuk kembali ke sistem pelumasan.

Cara Kerja Filter Oli Modern

Teknologi masa kini membuat proses dari filtrasi semakin canggih. Banyak kendaraan modern yang sudah dilengkapi dengan filter oli bypass. Filter bypass merupakan teknologi filtrasi yang memungkinkan aliran oli tetap terjaga bahkan saat filter utama sedang dibersihkan atau mengalami hambatan.

Dengan teknologi ini, filter akan bekerja secara otomatis untuk menjaga mesin tetap mendapatkan pelumasan yang cukup meskipun filter utama sedang mengalami pemeliharaan.

Pentingnya Pemeliharaan Filter Oli

Filter pada mesin yang berfungsi untuk menyaring oli memang menjadi salah satu komponen yang sangat penting. Apabila terjadi kerusakan pada filter, hal yang bisa terjadi adalah penumpukan kotoran atau partikel-partikel kecil yang bisa menyebabkan kerusakan pada mesin.

Oleh karena itu, sebagai pemilik kendaraan sebaiknya Anda memperhatikan kondisi filter agar selalu terjaga. Terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga filter selalu dalam kondisi baik. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan penggantian filter dan secara berkala.

Penggantian komponen ini yang tepat waktu akan memastikan filter selalu berada dalam kondisi optimal untuk menyaring kotoran. Selain itu, Anda juga harus melakukan penggantian oli mesin secara berkala di bengkel sekaligus untuk pemeriksaan kondisi filter.

Ketika Anda harus mengganti filter dengan yang baru, pastikan untuk memilih filter dengan kualitas yang bagus. Efisiensi dari filter berkualitas rendah jika dibandingkan dengan filter berkualitas tinggi tentu akan sangat jauh. Lebih baik memilih filter berkualitas tinggi karena hal ini akan sangat mempengaruhi kesehatan mesin. Anda bisa meminta rekomendasi dari mekanik yang akan mengganti filter lama dengan yang baru.

Dampak Buruk Jika Filter Oli Diabaikan

Mengabaikan pemeliharaan filter oli dapat menyebabkan dampak serius pada kesehatan mesin kendaraan Anda. Berikut adalah beberapa dampak buruk yang bisa terjadi jika filter diabaikan:

1. Menurunkan Kinerja Mesin dan Menyebabkan Keausan Komponen

Salah satu dampak yang paling umum adalah penurunan kinerja mesin akibat peningkatan gesekan dan keausan komponen. Hal ini dapat mengakibatkan penurunan efisiensi bahan bakar dan bahkan menyebabkan mesin tidak menghasilkan daya secara optimal.

2. Menyebabkan Endapan yang Merusak Mesin

Selain itu, kotoran yang tidak disaring oleh filter oli dapat membentuk endapan dan mengakibatkan pembentukan lumpur oli. Lumpur oli ini tentu sangat buruk untuk kinerja mesin karena seringkali menyebabkan sumbatan pada saluran pelumasan dan menghambat aliran oli ke komponen mesin.

3. Menyebabkan Kerusakan Fatal

Dampak buruk selanjutnya yang juga mungkin terjadi apabila filter tidak dirawat dengan baik adalah terjadi kerusakan fatal pada mesin. Apabila pelumasan tidak berjalan dengan baik maka hal yang terjadi tentu saja kerusakan dan keausan komponen yang sulit untuk diatasi.

Asuransi Mobil untuk Perlindungan Lebih

Untuk menjaga kesehatan mesin kendaraan, peran filter oli memang tidak boleh diabaikan. Komponen ini adalah pelindung mesin dari kotoran dan partikel berbahaya. Selain Anda perlu melakukan perawatan kendaraan khususnya filter maka sebaiknya juga perlu memaksimalkan perlindungan dengan memiliki asuransi mobil.

Dengan memiliki asuransi Anda akan merasa lebih tenang dan bebas kekhawatiran dari beban finansial akibat kerusakan pada mobil akibat berbagai macam resiko. Untuk menemukan penyedia layanan asuransi terpercaya dan terbaik, langkah yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan perbandingan melalui website Cek Premi. Melalui website cekpremi, Anda bisa dengan mudah membandingkan beberapa layanan asuransi di Indonesia. Pastikan untuk merawat kendaraan termasuk komponen filter oli, serta jangan lupa kunjungi website Cekpremi dan temukan penyedia layanan asuransi terbaik sesuai kebutuhan.