Aki : Sumber Energi Utama pada Sistem Listrik Mobil

Aki

Sebagai pecinta otomotif atau pemilik mobil, Anda tentu sudah cukup familiar dengan istilah accu atau aki. Accu adalah komponen penting yang harus ada pada kendaraan dan fungsinya berkaitan erat dengan sistem kelistrikan. Dalam dunia otomotif, baterai accu ini sering kali dianggap sebagai jantung dari rangkaian sistem listrik kendaraan.

Orang awam atau mereka yang kurang mengerti dengan dunia otomotif, mungkin akan menganggap bahwa accu ini hanyalah sebagai komponen sederhana. Padahal sebenarnya, peran dan fungsi accu mobil jauh lebih penting dari yang Anda bayangkan. Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjelasan mengenai pengertian, cara kerja, hingga fungsi dari accu mobil berikut.

Apa itu Aki Mobil?

Accu atau yang biasa disebut dengan aki adalah komponen penting yang harus ada pada mobil. Accu merupakan sumber energi listrik yang juga sekaligus sebagai tempat untuk menyimpan energi listrik dinamis. Terdapat dua jenis accu yang umum digunakan pada kendaraan, yaitu:

1. Kering

Accu ini menggunakan gel dalam merendam sel-sel accu sehingga air pada accu itu sendiri tidak akan mudah menguap. Jenis accu ini dapat digunakan selama sekitar lima tahun pemakaian.

2. Basah

Accu ini menggunakan cairan elektrolit dalam merendam sel-sel accu. Jenis ini dapat digunakan selama sekitar satu tahun masa pemakaian. Selain itu, penggunaannya juga dapat dihidupkan kembali dengan diisi menggunakan air accu zuur maupun demineral secukupnya.

Bagaimana Cara Kerja Aki Mobil?

Aki mobil memiliki cara kerja berdasarkan prinsip elektrokimia. Proses pengisian accu ini melibatkan terjadinya reaksi redoks antara elektrolit dan elektroda, yang bisa menghasilkan aliran elektron dan ion. Reaksi tersebut dapat menghasilkan listrik yang sangat berguna untuk suplai daya pada kendaraan.

Motor starter pada mobil tentu membutuhkan arus tinggi untuk bisa memutar flywheel dan menghidupkan mesin. Dimana aktivitas ini dapat menyebabkan terjadinya penurunan energi pada baterai. Aktuator atau alternator, memiliki peran untuk mengisi kembali energi pada accu mobil selama kendaraan beroperasi. Komponen ini mampu memastikan ketersediaan listrik pada sistem elektrikal mobil.

Apa Fungsi Aki sebagai Energi Utama Sistem Kelistrikan Mobil?

Sebagai penghasil energi utama pada sistem kelistrikan mobil, keberadaan accu memiliki peran penting yang tidak bisa Anda sepelekan. Berikut ini beberapa fungsi dari accu terkait sistem kelistrikan mobil.

1. Sumber Energi Listrik

Fungsi accu yang pertama adalah sebagai sumber energi listrik. Hal ini berkaitan dengan cara kerja atau prinsip kerja dari accu itu sendiri. Di mana ketika mobil sedang dalam keadaan mati atau tidak dinyalakan, maka listrik ini akan tersimpan di dalam accu.

2. Suplai Energi Listrik ke Pengapian

Selanjutnya, accu mobil juga berperan dalam menyuplai aliran listrik pada sistem pengapian mobil. Sistem ini memiliki fungsi begitu penting dalam mendukung mesin mobil bisa menyala. Apabila sistem pembakaran rusak, hal tersebut bisa berdampak pada komponen mesin lain. Di sinilah fungsi accu bekerja.

Elektroda yang ditimbulkan sistem pengapian pada accu akan menuju ignition coil dan kemudian keluar ke komponen platina. Platina yang mendapat aliran listrik juga memiliki sifat magnetik pada kumparan primernya. Selanjutnya, platina akan mengalami gesekan kemudian memancarkan percikan busi yang dapat membantu mobil melaju.

3. Penyuplai Listrik ke Starter

Fungsi lain dari accu mobil ini adalah menjadi suplai energi yang menuju ke starter mesin kendaraan. Aliran energi pada accu tersebut akan mengaliri sistem starter. Sehingga ketika mobil susah di-starter, cobalah untuk memeriksa accu dan konektor penghubungnya. Pasalnya, accu bekerja dengan mengalirkan arus listrik ke starter mesin memanfaatkan dinamo listrik mobil untuk memutar flywheel.

4. Penyuplai Listrik ke Komponen Lain

Perlu Anda tahu, bahwa beberapa fitur mobil seperti audio hingga charge ponsel, membutuhkan aliran listrik dari accu. Apabila tidak adanya suplai energi pada beberapa fitur tersebut, tentu saja komponen terkait tidak akan terisi listrik dan membuatnya tidak dapat digunakan sebagaimana fungsinya.

5. Penyuplai Listrik ke AC

Semua mobil baru sekarang ini telah memiliki AC di dalamnya. Bahkan sudah banyak mobil lama yang memodifikasi fasilitasnya dengan menggunakan AC. Fungsi AC pada mobil ini adalah untuk menambah kenyamanan selama berkendara terutama saat cuaca panas.

Namun perlu Anda tahu bahwa untuk menyalakan AC ini diperlukan aliran listrik dari accu. Apabila komponen sudah teraliri listrik, maka AC dapat mengalirkan suhu yang lebih sejuk.

6. Penyuplai Listrik ke Lampu

Lampu kendaraan juga memerlukan aliran listrik dari accu agar bisa menyala. Seperti kita tahu, bahwa lampu mobil berperan penting dalam memberikan pencahayaan di malam hari saat berkendara. Jadi, ketika accu habis, lampu kendaraan Anda tidak akan bisa menyala. Namun perlu dipahami, bahwa kondisi ini tidak hanya dirasakan pada lampu utama saja, tetapi juga untuk lampu sein.

Bagaimana Jika Terjadi Masalah pada Aki Mobil?

Aki mobil yang soak menjadi tanda tidak adanya aliran listrik yang mengaliri seluruh komponen kelistrikan mobil atau komponen tertentu yang memang memerlukannya. Alhasil, mobil menjadi susah dinyalakan.

Accu pada mobil sama halnya seperti komponen kendaraan lain, yakni memiliki batas masa pakai dan bisa saja mengalami kerusakan. Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah pada komponen tersebut? Berikut beberapa diantaranya.

  1. Melakukan jumper accu atau jump start
  2. Mengecek accu secara berkala
  3. Rutin memanaskan mobil
  4. Menghindari penggunaan aksesoris mobil yang berlebihan

Dalam dunia otomotif, accu mobil soak bisa menjadi masalah yang begitu mengganggu dan berdampak menghambat perjalanan pengemudi. Itulah mengapa, Anda perlu segera melakukan cara untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan membawanya ke bengkel terbaik

Namun perlu diingat, hampir semua jenis servis mobil memerlukan biaya, baik untuk pengecekan, perbaikan, hingga penggantian komponen baru kendaraan. Oleh karenanya, penting bagi setiap pemilik mobil untuk memiliki jenis perlindungan sebagai langkah untuk meminimalisir risiko finansial atas kerusakan atau penggantian biaya servis.

Selain itu, asuransi mobil juga akan menutupi seluruh biaya tersebut berdasarkan polis yang dimiliki. Maka dari itu, dalam hal ini sangat penting untuk memilih produk dan polis asuransi yang tepat. Agar lebih mudah, Anda bisa mengunjungi website Cekpremi.com. Temukan berbagai rekomendasi produk dan polis asuransi mobil terbaik dari mitra terpercaya di sini!