Serba-serbi Asuransi Jiwa untuk KPR, Wajib Tahu!

asuransi jiwa untuk KPR

Asuransi jiwa untuk KPR, Anda mungkin masih jarang mendengarnya bukan? Kebanyakan orang hanya tahu soal asuransi jiwa untuk para pencari nafkah atau kepala keluarga. Namun asuransi jiwa sendiri ada banyak jenisnya salah satunya untuk KPR.

Anda yang berniat untuk membeli rumah dengan cara KPR harus mempertimbangkan memiliki asuransi jiwa ini. Pasalnya bisa menjadi

Apa Itu Asuransi Jiwa untuk KPR?

Saat ingin mengajukan akad KPR, ada beberapa bank yang menyertakan asuransi jiwa di dalamnya. Hal ini membuat cicilan Anda pun semakin bertambah karena adanya premi asuransi yang harus dibayarkan.

Asuransi jiwa untuk KPR menjadi jaminan penting dari pihak bank jika sewaktu-waktu tertanggung meninggal dunia. Maka cicilan KPR yang belum lunas bisa diselesaikan menggunakan asuransi jiwa yang dimiliki.

Jadi asuransi jiwa KPR adalah memberikan perlindungan keuangan untuk keluarga yang ditinggalkan atau ahli waris ketika pemilik KPR meninggal dunia. Mengenai asuransi jiwa ini juga sudah diatur dalam PermenKeu RI Nomor 124/ PMK.010/ 2008 mengenai Penyelenggaraan Lini Usaha Asuransi Kredit dan Suretyship.

Pada PermenKeu tersebut dijelaskan di pasal 1 yaitu ‘asuransi kredit adalah lini usaha asuransi umum yang memberikan jaminan berupa pemenuhan kewajiban keuangan pada penerima kredit apabila orang yang bersangkutan tidak bisa memenuhi kewajibannya dalam perjanjian kredit’.

Keuntungan Memiliki Asuransi Jiwa KPR

asuransi jiwa untuk KPR

Cicilan KPR yang tidak bisa dilunasi karena meninggal dunia akan menjadi utang yang diwariskan. Hal ini tentu akan membebani pihak keluarga yang ditinggalkan, khususnya jika ahli waris bukanlah kepala keluarga atau pencari nafkah.

Memperhatikan hal ini, ada beberapa manfaat yang akan didapatkan jika Anda memiliki asuransi jiwa untuk KPR yaitu:

  1. Membebaskan Ahli Waris dari Utang
See also Cara Cek Saldo Asuransi Astra Life (Beserta Prosedur Pengajuan Klaim)

Keluarga terutama ahli waris akan merasa aman dari utang dan bisa tetap memiliki aset berupa rumah yang cicilannya masih berjalan. Anda pun sebagai debitur KPR akan merasa nyaman dan aman karena tidak lagi perlu memikirkan efek dari risiko seperti kematian yang kapan saja bisa terjadi.

  1. Lebih Mudah Mendapatkan KPR

Berani untuk mengambil asuransi jiwa KPR juga akan membuat pihak bank selaku kreditur akan merasa aman. Mengingat cicilan KPR yang berjalan 15 sampai 20 tahun tentunya membuat bank membutuhkan jaminan yang aman. Oleh karena itu dengan adanya asuransi akan membuat KPR lebih mudah diloloskan.

  1. Pembayaran Ganti Rugi jika Rumah Rusak

Layaknya asuransi rumah, asuransi jiwa KPR juga bisa digunakan untuk membayar ganti rugi ketika rumah mengalami kerusakan. Misalnya saja terjadi kebakaran yang tidak disengaja. Hal ini tersedia dalam produk asuransi KPR BTN, jadi bukan hanya berhubungan dengan pelunasan cicilan pada bank saja.

Kerugian jika Anda Tidak Memiliki Asuransi Jiwa KPR

Pernahkah Anda berpikir bagaimana jika tidak berhasil menyelesaikan cicilan KPR karena terjadi risiko tertentu? Misalnya saja risiko kematian yang membuat cicilan KPR rumah akan jatuh di tangan ahli waris. Sayangnya jika ahli waris tidak bisa melunasi cicilan maka bank berhak untuk menyita rumah yang ditempati.

Inilah kerugian utama yang akan didapatkan jika Anda tidak memiliki asuransi jiwa untuk KPR. Selain itu jika cicilan KPR yang dibutuhkan hanya tinggal sedikit maka sisa asuransi bisa diberikan sebagai santunan kepada keluarga yang ditinggalkan.

Proses Klaim Asuransi Jiwa KPR

Anda bisa mendapatkan asuransi jiwa KPR pada saat hendak melakukan KPR, jadi pembayaran preminya akan terasa ringan bersamaan cicilan per bulan. Soal besaran premi nantinya akan disesuaikan dengan usia nasabah dan juga kredit joint income.

Ada cukup banyak perusahaan asuransi yang menyediakan produk asuransi jiwa untuk KPR ini, seperti Smart Protection KPR dari Allianz, asuransi KPR dari BTN, BCA Credit Life Protection dan masih banyak lagi.

See also Polis Asuransi : Pahami Pengertian Polis Asuransi dan Fungsinya

Proses klaim dari asuransi ini juga tidak jauh berbeda dengan asuransi lainnya. Anda hanya perlu memenuhi seluruh syarat kemudian mengajukannya ke perusahaan asuransi langsung. Lama waktu pencairan akan ditentukan oleh kebijakan masing-masing perusahaan.

Berikut ini beberapa syarat yang perlu Anda penuhi untuk bisa melakukan proses klaim:

  1. Polis asli
  2. Akta kematian pemilik polis
  3. Fotokopi identitas pemilik polis
  4. Fotokopi identitas ahli waris
  5. Surat pernyataan dokter jika klaim meninggal dunia
  6. Fotokopi seluruh hasil pemeriksaan laboratorium dan penunjang lain
  7. Berita acara kecelakaan dari kepolisian apabila meninggal karena kecelakaan
  8. Surat kuasa mengenai isi rekam medis
  9. Fotokopi halaman depan buku rekening yang menjadi tujuan pencarian asuransi
  10. Dokumen terjadinya kerusakan rumah apabila untuk klaim ganti rugi perbaikan

Inilah beberapa syarat yang harus dipenuhi, apabila sudah tersedia maka beberapa proses pengajuan adalah sebagai berikut:

  1. Mengisi Formulir Pengajuan Klaim

Anda bisa mengisi terlebih dahulu formulir pengajuan klaim yang bisa didapatkan dari masing-masing perusahaan asuransi. Anda bisa mengaksesnya dari agen asuransi atau website resmi perusahaan tersebut.

Isi formulir tersebut berdasarkan data asli yang dibutuhkan. Tidak perlu mengada-ada dan jelaskan dengan jujur agar klaim tidak bermasalah nantinya.

  1. Menyerahkan Formulir dan Dokumen

Apabila sudah mengisi, Anda bisa menyerahkannya dengan dokumen yang dipersyaratkan langsung ke perusahaan asuransi. Nantinya perusahaan akan melakukan verifikasi data sesuai dengan ketentuan yang dimiliki.

  1. Menunggu Klaim Disetujui

Sisanya Anda hanya perlu menunggu klaim disetujui oleh perusahaan asuransi. Lama waktunya secara umum adalah 14 hari kerja. Apabila semua dokumen yang diberikan lengkap maka pencarian akan lebih cepat.

Jika ada beberapa dokumen yang kurang maka pencairan bisa membutuhkan waktu sekitar 60 hari. Jadi supaya tidak ada penundaan klaim, lengkapi syaratnya dengan baik.

See also Asuransi Investasi Terbaik: Definisi, Jenis, dan Produk

Penting memiliki asuransi jiwa untuk KPR sejak pertama kali Anda merencanakan membeli rumah dengan sistem KPR. Perlindungan yang diberikan sangat luas mulai dari pembayaran cicilan yang belum selesai sampai ganti rugi kerusakan rumah.

Anda yang memiliki asuransi jiwa KPR tentu saja perlu mempertimbangkan juga membeli asuransi jiwa secara umum. Asuransi ini akan memberikan perlindungan lebih terhadap keluarga yang ditinggalkan.

asuransi jiwa

Penting pula untuk mendapatkan asuransi jiwa yang terbaik, Cekpremi dapat membantu Anda menemukannya. Anda dapat membandingkan langsung produk-produk asuransi terkemuka di Indonesia. Bandingkan dan putuskan mana yang tepat dan terbaik sesuai kebutuhan Anda.

Jangan menunda membeli asuransi jiwa karena memilikinya akan membantu Anda mendapat perlindungan lebih dini. Kunjungi Cekpremi sekarang.