Mengenal Berbagai Fungsi dan Jenis Kopling Mobil

jenis jenis kopling mobil

Setiap kendaraan pastinya mempunyai komponen-komponen yang saling menopang satu sama lain untuk membuat kendaraan bekerja sebagaimana mestinya. Salah satu komponen penting yang harus dimiliki oleh kendaraan adalah kopling. Tanpa adanya kopling, kendaraan tentunya tidak akan bisa berjalan.

Mengingat perannya yang penting tersebut, maka Anda para pemilik mobil perlu memahami apa saja fungsi dan jenis-jenis kopling mobil berikut ini!

Apa Itu Kopling Mobil?

Kopling merupakan komponen yang berfungsi untuk menghubungkan roda gigi transmisi dengan roda belakang dengan tujuan untuk membuat roda belakang bisa berputar. Kopling berguna untuk mengatur kecepatan sebuah mobil sebagai contohnya adalah perpindahan dari gigi 1 ke gigi 2 dapat membuat mobil bergerak lebih cepat.

Seiring dengan perkembangan dunia otomotif, komponen kopling pun mengalamai berbagai modifikasi. Kopling dibuat sedemikian rupa demi menunjang performa mobil.

Fungsi Kopling Mobil

Secara umum, berikut ini adalah fungsi dari komponen kopling pada mobil:

  • Memindahkan gigi mobil
  • Dapat membuat mobil berhenti tanpa mematikan mesin
  • Menunjang kinerja mesin agar lebih efisien dan maksimal
  • Membantu performa rem mobil saat rem mendadak.

Jenis-Jenis Kopling Mobil

1. Kopling Manual

Jenis kopling pertama yang akan kami bahas adalah kopling manual. Jenis kopling satu ini merupakan salah satu jenis kopling yang tertua di dunia. Dengan kopling manual, pengendara bisa mengatur sesuka hati kecepatan mobil. Namun diperlukan kemampuan khusus untuk mengendarai jenis mobil yang memakai kopling manual.

Namun sisi buruk dari penggunaan kopling manual adalah seiring bertambahnya usia mobil maka performa kopling pun akan cepat menuru sehingga diperlukan perawatan rutin.

Kopling manual didalamnya juga terdapat beberapa kepingan lagi yang biasa disebut dengan kopling plat ganda.Jenis kopling ini membutuhkan perawatan yang lebih agar setiap kepingan tetap terjaga dengan baik.

See also 5 Jenis Kaca Mobil dan Cara Pemasangannya yang Benar

2. Kopling Otomatis

Kopling otomatis adalah salah satu hasil dari perkembangan teknologi di dalam dunia otomotif. Jenis kopling ini memiliki kelebihan mudah untuk dioperasikan serta kecepatan mobil yang sudah diatur oleh kopling. Ada 3 tingkatan kecepatan yang disediakan kopling otomatis: kecepatan sedang, maksimal, dan mundur.

Alasan utama kopling otomatis menjadi favorit banyak orang adalah karena pengendara tidak perlu menginjak pedal saat ingin mengganti gigi semua sudah otomatis.

Dalam kopling otomatis juga terdapat satu kepingan atau sering disebut juga dengan kopling plat tunggal.Perawatan untuk jenis kopling ini tidak terlalu sulit dikarenakan sudah diatur untuk sedemikian rupa agar kinerjanya lebih praktis.

3. Kopling Basah

Biasanya pemakaian untuk jenis kopling basah digunakan untuk motor. Jenis kopling satu ini membutuhkan pendingin karena sering mengalami gesekan. Biasanya kopling ini membutuhkan pelumas atau oli untuk pengoperasiannya.

4. Kopling Kering

Kopling kering biasanya digunakan untuk mobil. Kopling kering tidak membutuhkan pendingin seperti halnya pada kopling basah. Namun tetap saja perlu dilakukan perawatan rutin untuk memastikan performa kopling tetap maksimal.