Bedanya Beli Asuransi secara Online dan Lewat Agen Asuransi

agen asuransi

Dalam proses kehidupan, manusia bisa menghadapi berbagai kemungkinan. Kemungkinan yang baik tentu diharapkan, namun tidak semua orang siap dengan kemungkinan terburuk. Manusia bisa menyiapkan risiko kemungkinan terburuk dengan memiliki asuransi yang bisa dibeli dari agen asuransi.

Memiliki asuransi merupakan upaya untuk memberikan perlindungan terhadap diri sendiri dan harta benda yang dimiliki. Dengan asuransi, segala risiko buruk yang mungkin terjadi bisa diminimalkan sehingga tidak sampai mengalami kerugian yang besar. Asuransi juga bisa menjadi cara untuk memberikan rasa aman dan nyaman tanpa khawatir dan cemas.

Pengertian Asuransi dan Jenis-jenisnya

Sebelum mengetahui perbedaan beli asuransi secara online dan beli di agen asuransi, penting untuk memahami pengertian asuransi. Meski termasuk istilah yang populer, nyatanya masih banyak masyarakat yang belum paham dengan pengertian asuransi. Minimnya pengetahuan masyarakat tentang asuransi berdampak pada rendahnya minat untuk memiliki asuransi.

Asuransi adalah perjanjian antara penyedia layanan asuransi sebagai penanggung dan masyarakat sebagai pemegang polis. Pemegang polis berkewajiban membayar premi kepada pihak penyedia layanan asuransi agar bisa mendapatkan haknya untuk memperoleh perlindungan berupa penggantian kerusakan, kehilangan dan kematian.

Di agen asuransi maupun pembelian secara online, Anda akan menemukan banyak pilihan jenis asuransi. Jenis asuransi yang tersedia memiliki manfaat masing-masing untuk setiap hal yang diproteksi. Agar tidak salah memilih, Anda harus tahu jenis-jenis asuransi berikut ini:

  • Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa memberikan penggantian saat kematian, sakit tiba-tiba dan cacat karena kecelakaan atau penyakit. Jenis asuransi ini yang paling banyak diminati masyarakat karena memberikan manfaat yang menguntungkan. Terdapat ketentuan berbeda tentang asuransi jiwa di berbagai jasa penyedia layanan asuransi.

  • Asuransi Kesehatan

Asuransi diri yang tidak kalah penting untuk dimiliki adalah asuransi kesehatan. Asuransi ini memberikan perlindungan ketika pemegang polis mengalami sakit. Penggantian yang diterima bisa digunakan untuk membiayai perawatan di rumah sakit. Anda bisa membeli produk asuransi ini di agen asuransi maupun membelinya secara online.

  • Asuransi Kendaraan

Tidak hanya tubuh yang perlu dilindungi, kendaraan sebagai salah satu harta benda juga penting untuk dilindungi dari berbagai risiko. Asuransi kendaraan menanggung biaya perbaikan akibat kerusakan hingga kehilangan. Kepemilikan asuransi kendaraan juga bermanfaat untuk menaikkan harga jual kendaraan.

  • Asuransi Properti

Selain mobil, properti termasuk harta benda yang penting untuk dilindungi dari kemungkinan yang bisa merugikan. Anda bisa memiliki asuransi properti untuk melindungi rumah tempat tinggal, apartemen, ruko atau bangunan usaha lainnya. Asuransi ini memberikan penggantian untuk kerusakan tidak terduga, seperti akibat kebakaran.

  • Asuransi Perjalanan

Perjalanan juga menjadi hal yang tak luput dari berbagai risiko. Karena itulah, ada asuransi perjalanan yang akan memberikan perlindungan terhadap perjalanan yang Anda lakukan. Jenis asuransi ini mengurangi kerugian yang timbul selama perjalanan, seperti pembatalan atau penundaan perjalanan dan kehilangan bagasi.

Perbedaan Beli Asuransi Online dan Beli di Agen Asuransi

Kecanggihan teknologi semakin memudahkan masyarakat dalam mendapatkan produk asuransi apa saja yang dibutuhkannya. Selain dari agen asuransi, kini masyarakat bisa membeli asuransi secara online. Kedua cara pembelian itu tentu berbeda di berbagai aspek, seperti yang dijelaskan berikut ini.

  • Proses Pembelian

Di zaman modern ini, manusia dituntut untuk selalu bergerak cepat. Akibatnya banyak orang lebih menyukai hal-hal yang praktis dan efisien. Termasuk urusan membeli asuransi yang kini juga jadi lebih mudah dilakukan secara online. Pembelian asuransi online mencakup cara pembeliannya maupun format asuransi yang sekarang sudah dalam bentuk digital.

Sementara membeli asuransi di agen mungkin terdengar lebih rumit karena Anda harus bertemu dengan agen secara langsung, yang artinya harus menyediakan waktu khusus. Mungkin banyak orang enggan melakukan hal tersebut karena terbatasnya waktu luang. Jadi membeli asuransi melalui agen asuransi cocok bagi orang yang tidak terlalu sibuk.

  • Pertimbangan Perbandingan

Selain mudah dan praktis, membeli asuransi secara online juga unggul dalam hal ketersediaan informasi. Artinya, Anda bisa memperoleh informasi yang lebih banyak dan lengkap dengan banyak pilihan asuransi dari berbagai jasa penyedia layanan tersebut. Anda bisa melakukan perbandingan produk asuransi mana yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Di sisi lain, agen asuransi umumnya hanya menawarkan produk dari satu perusahaan saja. Anda hanya bisa mendapatkan informasi dari satu perusahaan tersebut. Jika ingin lebih banyak informasi, Anda masih harus mencari agen yang menawarkan produk asuransi dari perusahaan lain.

  • Bantuan untuk Mengatur Keuangan

Membeli asuransi secara online memang unggul dalam cara pembeliannya yang lebih praktis dan fleksibilitas dalam membandingkan antar produk. Namun cara pembelian asuransi yang satu ini juga punya kekurangan. Anda tidak akan mendapatkan saran khusus dari agen penyedia asuransi untuk masalah finansial Anda.

Jika Anda membeli di agen, Anda bisa memperoleh bantuan berupa saran dan pedoman untuk mengatur keuangan. Bantuan itu bertujuan agar kondisi keuangan Anda tetap stabil dan semua kebutuhan tercukupi, termasuk membayar premi asuransi. Bantuan ini tentu sangat berguna bagi Anda yang ingin punya asuransi tapi sulit mengatur keuangan.

  • Proses Klaim Asuransi

Pembelian asuransi secara online artinya seluruh urusan yang berkaitan dengan asuransi diselesaikan melalui platform. Termasuk ketika Anda ingin melakukan klaim, Anda juga harus melakukannya melalui platform. Maka Anda harus bersiap untuk melalui tahap demi tahap sesuai dengan prosedur.

Apabila Anda membeli asuransi melalui agen, Anda juga akan dibantu dalam proses klaimnya. Mulai dari tahap mengisi form hingga melengkapi semua persyaratan, Anda akan dipandu oleh agen tersebut. Keunggulan ini menguntungkan Anda yang ingin proses klaim asuransi lebih praktis dan tanpa takut prosedurnya salah.

Beli asuransi secara online bisa jadi pilihan tepat bagi Anda yang menginginkan cara yang lebih praktis, cepat dan mudah. Agar mendapatkan manfaat maksimal seperti ketika membeli di agen asuransi, Anda bisa aktif bertanya customer service dan pastikan Anda membeli dari perusahaan yang terpercaya melalui website-nya yang kredibel.

Pastikan juga Anda sudah melakukan perbandingan dari banyak pilihan asuransi di berbagai perusahaan. Anda bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai perusahaan asuransi terpercaya dan resmi di cekpremi.com. Dengan begitu Anda bisa memiliki asuransi mobil yang sesuai dengan kemampuan keuangan Anda.

Referensi:

CNBC Indonesia

Bisnis Banten