Air Terjun Gembleng di Bali Tawarkan Daya Tarik, Apa Saja?

air terjun gembleng

Tahukah Anda, jika Air Terjun Gembleng di Bali memiliki daya tarik bagi para pengunjung? Walaupun Bali terkenal sebagai pulau yang memiliki destinasi pantai yang memukau, air terjun yang satu ini terbilang sangat menarik untuk didatangi.

Air Terjun Gembleng terletak di bagian timur pulau Bali, tepatnya di Tri Eka Buana, Kecamatan Sidemen, Kabupaten Karangasem, Bali. Lokasinya yang cukup jauh menjadikan air terjun yang satu ini terbilang cukup jarang didatangi oleh pengunjung. Namun daya tarik dari Gembleng Waterfall tidak perlu diragukan lagi.

Nama lain dari Air Terjun Gembleng yaitu Dukuh Sakti. Tempat ini pada mulanya digunakan sebagai tempat untuk menjalankan tradisi membersihkan diri atau melukat oleh masyarakat setempat. Namun beberapa waktu belakangan, air terjun ini mulai dibuka untuk umum sebagai destinasi wisata.

Perjalanan menuju ke air terjun membutuhkan konsentrasi yang cukup tinggi. Karena Anda perlu menaklukkan medan yang terbilang cukup terjal. Walaupun demikian, pemandangan yang bisa Anda nikmati akan membayar semua jerih payah selama perjalanan.

Tidak hanya itu, walaupun telah dibuka untuk umum sebagai destinasi wisata. Air Terjun Gembleng seringkali digunakan sebagai tempat diadakannya kegiatan keagamaan. Sehingga pada saat tersebut, air terjun akan otomatis ditutup untuk umum.

Daya Tarik Air Terjun Gembleng di Bali

Ada beberapa daya tarik dari destinasi wisata Air Terjun Gembleng di Bali. Yuk, simak ulasan berikut ini secara lengkap untuk mengetahui apa saja daya tarik yang bisa ditemukan di Air Terjun Gembleng.

1. Jembatan Kayu Gantung

Beberapa spot menarik di air terjun yang satu ini dan bisa Anda nikmati yaitu jembatan kayu gantung. Jembatan kayu gantung tersebut dibangun sengaja oleh masyarakat setempat untuk akses wisatawan yang akan berkunjung.

Perjalanan menuju air terjun menggunakan jalan jembatan kayu gantung menjadi lebih seru daripada melewati jalan yang lain. Bahkan, perjalanan lewat jembatan kayu gantung cocok bagi Anda yang memiliki jiwa petualang.

Namun hal yang perlu Anda perhatikan saat melewati jembatan kayu gantung untuk menuju Air Terjun Gembleng yaitu berhati-hati karena sangat licin. Namun suasananya yang sangat alami membuat hampir seluruh wisatawan yang datang menjadi lebih rileks.

2. Kolam Batu

Daya tarik lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi air terjun ini yaitu kolam batu. Konsep dari kolam batu yang satu ini mengusung konsep infinity. Sehingga gaya menarik dari kolam batu ini menjadikannya sebagai salah satu spot foto yang menarik.

Tidak hanya itu, pemandangan indah dari kolam batu ini akan semakin maksimal jika Anda mengunjungi tempat ini saat cuaca sedang cerah. Karena pada saat cuaca cerah, Anda bisa melihat pemandangan sawah berwarna hijau yang sangat indah.

Pemandangan dari kolam batu yang bisa Anda nikmati di kolam batu menjadikan foto yang Anda ambil menjadi lebih estetik. Bahkan beberapa wisatawan yang datang ke tempat ini akan menyempatkan untuk mandi di kolam yang sangat indah ini. Selain itu, air di kolam ini juga sangat jernih sehingga tubuh menjadi lebih segar.

3. Anak Tangga

Daya tarik lainnya yang juga bisa Anda nikmati dari air terjun ini yaitu anak tangga yang tersedia di jalur perjalanan Air Terjun Gembleng. Selain terlihat menarik, anak tangga yang ada juga menantang adrenalin.

Kondisi anak tangga ini terbilang cukup licin sehingga untuk melewatinya membutuhkan kehati-hatian yang sangat tinggi. Namun keindahan alam yang bisa Anda nikmati secara langsung menjadi bayaran yang sangat memuaskan walaupun perjalanan yang dilakukan terbilang cukup sulit.

Jumlah anak tangga yang perlu Anda lewati untuk menuju ke air terjun ini kurang lebih 60 anak tangga. Namun walaupun terbilang cukup banyak, anak tangga ini terbilang cukup dangkal dan agak gampang untuk dilalui.

Anak tangga ini juga bisa membawa Anda untuk menikmati keindahan air terjun ini. Sehingga Anda bisa mulai menikmati keindahan air terjun serta melepas penat dan kejenuhan setelah lelah bekerja dan beraktivitas.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Air Terjun Gembleng

Setelah mengetahui beberapa daya tarik di atas, Anda juga perlu mengetahui apa saja aktivitas yang bisa dilakukan saat mengunjungi Air Terjun Gembleng. Yuk, simak ulasan berikut ini untuk mengetahui apa saja aktivitas yang bisa dilakukan saat sampai di air terjun.

1. Trekking

Aktivitas yang bisa dilakukan saat sampai di air terjun yaitu trekking. Trekking merupakan salah satu aktivitas yang harus Anda lakukan saat berwisata di tempat ini. Bahkan aktivitas trekking juga menjadi lebih seru dengan pemandangan sekitar yang sangat indah.

Kegiatan trekking yang dilakukan selain dapat menyehatkan tubuh juga bisa dilakukan untuk mendapatkan manfaat lainnya. Seperti halnya untuk menyehatkan kondisi mata dengan melihat pepohonan hijau. Sehingga tidak ada waktu, uang dan tenaga yang terbuang percuma saat sampai di air terjun ini.

2. Mandi dan Bermain Air

Selanjutnya, Anda juga bisa melanjutkan kegiatan lainnya di air terjun ini dengan mandi dan bermain air terjun. Air di Air Terjun Gembleng terbilang sangat jernih cocok dengan suasananya yang segar. Sehingga siapapun yang datang ke tempat akan sangat sulit untuk menahan diri bermain air maupun mandi.

Mandi dan bermain air di tempat wisata ini juga bisa membantu mengembalikan semangat. Sehingga rasa lelah setelah lama diperjalanan akan menjadi fresh kembali setelah mandi dan bermain air.

Semua kegiatan seru di atas bisa Anda lakukan dengan aman di air terjun dengan adanya asuransi yang terpercaya. Baik asuransi kesehatan maupun asuransi perjalanan agar kesehatan dan keselamatan Anda lebih terjamin.

Cara pemilihan asuransi yang baik dan terpercaya sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan juga sangat mudah dilakukan. Caranya yaitu dengan mengunjungi portal online cekpremi yang memberikan informasi lengkap dan membandingkan beberapa asuransi yang ada.

Bagaimana, menarik bukan beberapa informasi terkait daya tarik dan kegiatan menarik di air terjun ini? Bahkan, Anda juga bisa melepas semua penat setelah lelah bekerja. Demikian ulasan singkat mengenai Air Terjun Gembleng, semoga bermanfaat.

Referensi:

IDN Times

Kabar Wisata Bali

Pesisir