Mengenal Penyakit Ambeien dan Pengobatannya Secara Alami

Ambeien

Ambeien atau wasir (hemoroid) adalah pembesaran atau pembengkakan pada dubur atau usus besar di bagian rektum. Wasir bisa menyerang siapa saja, tetapi orang yang berusia 50 tahun ke atas lebih berisiko terkena wasir.

Perlu diketahui, wasir bisa bersifat internal maupun eksternal. Wasir internal berkembang di dalam anus atau rektum, sementara wasir eksternal berkembang di luar anus. Untuk keluhan yang dialami penderita cukup mengganggu aktivitas karena gatal parah, rasa sakit di sekitar wasir dan kesulitan duduk.

Penyebab Ambeien Secara Umum

Sampai sekarang, memang belum ada mengetahui secara pasti penyebab wasir. Tetapi, para ahli mengemukakan bahwa penyebab ambeien akibat peningkatan tekanan pada aliran darah di bagian dubur maupun area sekitarnya sebagai pemicu wasir.

Alasannya, karena tekanan mengakibatkan pembengkakan di pembuluh darah dan menimbulkan peradangan. Berikut ada deretan penyebab ambeien atau wasir secara umum, antara lain:

  • Kebiasaan Duduk Di Tempat Keras

Anda terbiasa duduk di tempat yang keras? Sebaiknya hindari kebiasaan tersebut karena memicu penyakit wasir. Walaupun kondisi membuat Anda duduk di tempat keras, Anda bisa mengimbanginya dengan berdiri beberapa menit.

Saat Anda duduk di tempat yang keras dalam waktu lama dan tanpa bantalan, aliran darah ke pembuluh darah ke sekitar panggul bisa terhambat. Jika kebiasaan ini dibiarkan, seiring berjalannya waktu bisa terkena wasir.

  • Pola Makan tidak Sehat

Pola makan tidak sehat membuat Anda berisiko terkena wasir. Untuk itulah, masyarakat yang kerap mengonsumsi makanan cepat saji memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan masyarakat yang tak mengonsumsi makanan cepat saji.

  • Kurang Gerak

Penyebab lainnya karena kurang gerak, walaupun Anda tak ada aktivitas harus gerak agar terhindar dari wasir. Boleh saja bersantai, tetapi imbangi dengan berjalan-jalan, membersihkan rumah maupun melakukan aktivitas.

Selain penyebab di atas, terlalu lama duduk di toilet dan faktor keturunan juga memicu wasir. Anda harus menjalankan pola hidup sehat dan menghindari penyebab wasir.

Ciri-ciri Ambeien yang Bisa Dikenali

Banyak orang menderita wasir akibat mengejan terlalu kuat, tekstur kotoran terlalu keras, sering mengangkat berat maupun kurang memenuhi asupan serat. Tetapi, kondisi tersebut hilang dengan sendirinya.

Tetapi, ada beberapa kondisi wasir yang membutuhkan pertolongan medis. Berikut ada ciri-ciri ambeien yang membutuhkan penanganan dokter, antara lain:

  • Wasir keluar dari dubur

Pembengkakan pembuluh darah di rektum bisa mengakibatkan pembuluh darah yang bengkak keluar dari dubur. Jika Anda mengalami wasir jenis ini, membutuhkan tindakan operasi karena pembuluh darah yang keluar memicu pergesekan.

Apalagi jika BAB Anda terlalu keras, bisa mengakibatkan luka dan membuat Anda merasakan nyeri tak tertahankan.

  • Frekuensi BAB berdarah meningkat

Anda menderita wasir dan sering BAB berdarah? Segera konsultasikan diri ke dokter spesialis agar cepat ditangani. Jika frekuensi BAB berdarah meningkat dan tidak ditangani dokter, mengakibatkan nyeri pada anus dan menghambat rutinitas.

  • Tidak nyaman saat duduk

Penderita wasir yang kesulitan duduk juga membutuhkan menjadi ciri wasir berbahaya dan membutuhkan penanganan dokter. Walaupun tak nyaman duduk bisa diatasi, jangan mengabaikan wasir yang diderita sebelum mengganggu kesehatan organ lainnya.

  • Nyeri di area pantat

Wasir yang cukup parah menimbulkan nyeri di area pantat, terutama di lubang anus. Kondisi ini membutuhkan pengobatan dokter sebelum menimbulkan nyeri berkepanjangan.

  • BAB selalu sakit

BAB selalu nyeri pasti membuat Anda malas BAB, untuk itulah segera periksakan ke dokter agar BAB tak memicu nyeri.

Daftar Pengobatan Ambeien yang Disarankan

Walaupun wasir yang Anda alami tak membutuhkan penanganan dokter karena bisa hilang sendiri, Anda harus menjalani pengobatan untuk mengurangi rasa sakit. Berikut ada pengobatan yang bisa dijalani, yaitu:

  • Penggunaan obat wasir bebas resep

Untuk meringankan keluhan wasir, Anda bisa mengonsumsi obat wasir yang dijual bebas di Apotek. Tentunya tanpa resep dokter sehingga bisa dibeli kapan saja.

Obat untuk mengobati wasir eksternal bisa menggunakan krim dan salep topikal. Tujuannya untuk menghilangkan rasa gatal, bengkak dan tidak nyaman.

Jika serat dari makanan tidak mencukupi, bisa mengonsumsi suplemen serat untuk mengurangi sembelit dan mengatasi wasir.

Analgesik juga bisa dicoba untuk menghilangkan rasa sakit akibat wasir. Anda bisa mengonsumsi acetaminophen, aspirin dan ibuprofen.

  • Penggunaan resep dokter

Setelah Anda memeriksakan diri ke dokter, dokter akan memberikan resep untuk mengobati wasir yang Anda derita. Baik dalam bentuk salep, pembalut maupun supositoria.

Obat yang biasanya diresepkan dokter adalah zinc oxide yang berbentuk krim dengan kandungan zinc oksida untuk mengatasi iritasi. Obat witch hazel juga kerap direkomendasikan dokter untuk meredakan gejala wasir.

  • Prosedur operasi

Jika wasir yang diderita tetap mengganggu walaupun sudah minum obat, dokter akan menyarankan tindakan operasi. Operasi dilakukan untuk mengangkat wasir eksternal secara menyeluruh, bisa juga untuk wasir internal yang prolaps.

Operasi tersebut dikenal sebagai hemoroidektomi. Dokter akan memberikan anestesi umum agar operasi wasir berhasil.

Cara Penyembuhan Ambeien Secara Alami

Selain menggunakan obat medis untuk menyembuhkan wasir, Anda bisa mengatasinya secara alami. Hal ini dilakukan agar wasir tak menghambat rutinitas, berikut ada cara yang bisa dilakukan.

  • Rendam dengan air hangat

Anda bisa meredakan nyeri akibat wasir dengan berendam di air hangat. Anda tinggal duduk di ember maupun bak berisi air hangat sekitar 15 menit setelah BAB, lakukan selama beberapa kali setiap hari agar mendapatkan manfaatnya.

  • Menggunakan lidah buaya

Lidah buaya bisa dijadikan penyembuhan alami wasir. Anda tinggal mengoleskan lidah buaya ke area wasir untuk mengurangi peradangan.

Pastikan menggunakan tanaman lidah buaya, bukan krim lidah buaya yang dijual di Apotek.

  • Kompres dengan garam epsom dan gliserin

Garam epsom dan gliserin juga bisa menghilangkan ambeien. Campuran garam epsom dan gliserin menjadi ramuan efektif untuk wasir, caranya tinggal dikompreskan dengan kasa pada wasir yang meradang.

Obat ambeien memang beragam dan bisa dipilih berdasarkan jenisnya. Sayangnya, tak semua orang bisa menjalani serangkaian pengobatan wasir karena terhambat biaya. Untuk itulah, Anda bisa membuat asuransi. Anda bisa mencari asuransi di cekpremi.com karena informasinya lengkap dan valid. Cekpremi adalah portal online yang membandingkan berbagai produk asuransi dengan informasi terlengkap dan terupdate. Untuk pengobatan ambeien, Anda bisa memilih asuransi kesehatan yang dijabarkan cekpremi.

Tak perlu ragu memilih asuransi melalui cekpremi karena portal online tersebut sudah terpercaya dan bisa dipertanggungjawabkan. Dengan memiliki asuransi, Anda tak bingung mengobati wasir karena termasuk perlindungan untuk menanggung biaya medis, bedah, obat-obatan dan sejenisnya.

Sumber:

Halodoc

Halodoc

Cekpremi

Hello Sehat