Apa Itu Android Waves, Ini Manfaat dan Risiko Penggunaannya!

android waves

Seperti yang bisa Anda lihat sekarang perkembangan teknologi membuat semua hal menjadi lebih canggih, salah satunya adalah ada beragam versi Android terbaru yang dikembangkan oleh para developer. Dan Android Waves menjadi versi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat.

Faktanya jenis Android yang satu ini memang masih asing di telinga mayoritas pengguna sosial media. Namun jangan khawatir, Anda bisa langsung menyimak ulasan lengkap yang akan dibahas ini tentang pengertian, keunggulan, dan risiko penggunaan Android Waves.

Apa itu Android Waves?

Nah, Android Waves adalah sebutan bagi pihak ketiga yang memproduksi sebuah aplikasi. Hingga saat ini sudah banyak aplikasi-aplikasi yang bisa diunduh melalui channel ini dari link yang disediakan.

Bentuknya tidak sama dengan Play Store atau AppStore, dimana Android Waves berbentuk website yang di dalamnya terdapat beragam data tentang teknologi dan fitur menarik lainnya. Pengguna pun dapat menemukan file yang diinginkan lalu diunduh ke perangkat.

Karena memuat banyak informasi atau data penting, maka penggunaannya juga memudahkan Anda jika sedang mencari data yang tidak bisa diakses melalui platform lain. Lalu apa saja manfaat Android Waves ini?

4 Manfaat Android Waves

Jenis platform Android yang satu ini sudah dilengkapi oleh berbagai fitur menguntungkan dan juga keunggulan lain di dalamnya. Inilah kenapa website Android banyak digunakan oleh jutaan masyarakat di dunia. Nah adapun beberapa manfaat dalam penggunaannya, yaitu:

  • Gratis Download Aplikasi

Tidak seperti platform lainnya, channel Android yang satu ini menyediakan ribuan aplikasi yang dapat diunduh secara gratis sepuasnya. Salah satu jenis aplikasi populer Android Waves adalah GB WhatsApp. Aplikasi WhatsApp dari pihak ketiga ini dinilai lebih nyaman digunakan dengan fitur yang lebih lengkap dibandingkan WhatsApp original.

  • Aksesoris yang Lengkap

Platform ini menyuguhkan banyak versi Android mulai dari versi lama sampai yang terbaru. Tentunya dibarengi dengan pilihan aplikasi yang diterbitkan dengan pembaruan teknologi. Meskipun sudah banyak digunakan, tapi aplikasi-aplikasi tersebut tergolong memiliki fitur yang lebih kompleks.

  • Menyediakan Informasi Seputar Teknologi yang Terbaru

Tahukah Anda ternyata platform Android tersebut juga menyediakan informasi seputar teknologi yang tidak hanya lengkap tapi juga terbaru. Disini Anda bisa mengetahui informasi mulai dari teknologi masa kini, sosial media, dan lainnya secara rinci. Kemampuan yang canggih ini berasal dari perpaduan antara model Artificial Intelligence And Augmented Reality.

  • Download Aplikasi dari Berbagai Versi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Android Waves menyediakan jutaan aplikasi dan informasi secara lengkap. Karena hal tersebutlah yang memungkinkan Anda mengunduh aplikasi dari berbagai versi yaitu yang terlama sampai terbaru. Bahkan disana juga juga menyediakan tutorial cara memasang aplikasinya.

GB WhatsApp, Contoh Aplikasi Android Waves Populer

Sebenarnya ada banyak aplikasi yang dapat diunduh dari website Android, tapi GB WhatsApp menjadi salah satu yang paling banyak digunakan. Kenapa? Karena Android Waves GB WA menawarkan lebih banyak fitur dibandingkan versi originalnya. Fitur-fitur tersebut diantaranya:

  • Dapat membaca pesan yang sudah dihapus
  • Terdapat fitur auto reply
  • Menyediakan beragam tema
  • Dapat mengunduh status WhatsApp orang lain
  • Dapat melihat status yang sudah dihapus
  • Bisa memposting status dengan durasi lebih panjang
  • Adanya pilihan font menarik

Nah itulah sejumlah keunggulan menggunakan GB WhatsApp. Tidak heran aplikasi yang satu ini banyak diunduh oleh jutaan pengguna. Namun tahukah Anda ternyata ada risiko tersendiri dari penggunaan aplikasi yang berasal dari pihak ketiga ini?

Risiko Penggunaan Android Waves

Terlepas dari manfaat dan kemudahan yang diberikan oleh website Android, fakta bahwa itu merupakan platform ilegal tidak bisa dihilangkan. Karena Anda mengunduh aplikasi dari pihak ketiga maka ada sejumlah risiko atau bahaya yang mungkin muncul. Apa saja?

  • Ancaman Virus

Ancaman terbesar saat menggunakan aplikasi ilegal adalah virus. Virus tersebut tentunya berpotensi merusak smartphone Anda karena tidak ada sistem perlindungan atau Play Protect layaknya aplikasi dari Google Play Store. Kemungkinan masuknya virus malware dan spyware jadi lebih tinggi dan merusak data ponsel.

  • Ancaman Diblokir

Selain virus, ada juga ancaman blokir yang mengintai. Aplikasi yang Anda unduh dari website Android tidak memiliki lisensi resmi dari developer sehingga pihak mereka akan menindak tegas pengguna yang menggunakan aplikasi palsu dengan melakukan blokir akun. Pastinya pihak developer resmi tidak akan bertanggung jawab atas risiko lainnya karena tidak dapat divalidasi keamanannya.

  • Tidak Ada Update Otomatis

Android Waves memang menyediakan pilihan aplikasi lengkap dari berbagai versi tapi tidak ada layanan update otomatis yang diberikan. Jangan berharap ada notifikasi pembaruan karena aplikasi ilegal tersebut tidak menyediakan update otomatis. Sehingga pengguna pun harus melakukan update manual melalui website pihak ketiga.

  • Privasi Tidak Terjamin

Aplikasi resmi dari developer terpercaya tentunya akan mengedepankan privasi pengguna. Contohnya WhatsApp yang terdapat fitur enkripsi End-to-end untuk mengamankan percakapan pesan pengguna. Namun aplikasi mod melakukan hal sebaliknya sehingga tidak menjamin privasi Anda akan aman.

  • Tidak Ada Fitur Back-up

Umumnya aplikasi resmi memiliki fitur back-up tersendiri untuk mencadangkan data-data pengguna. Sehingga data-data penting Anda tidak akan hilang meski ganti perangkat. Sayangnya hal ini tidak dimiliki oleh aplikasi ilegal dari website pihak ketiga. Data-data seperti dokumen, foto, dan video bisa saja hilang saat Anda berganti perangkat.

  • Tidak Ada Pemeriksaan Keamanan

Tahukah Anda ternyata developer aplikasi akan melakukan monitoring keamanan pengguna secara berkala. Tujuannya adalah agar mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti peretasan data yang mengancam privasi Anda. Beda halnya dengan website Android, tidak ada pemeriksaan keamanan apapun bagi penggunanya.

Jika dilihat dari manfaat dan risiko penggunaan platform Android ini, sudah dipastikan kalau penyedia aplikasi pihak ketiga tersebut tidak aman karena lebih banyak dampak negatifnya. Namun jangan khawatir jika Anda terlanjur menggunakannya, karena Anda tetap bisa mengamankan data atau properti lainnya menggunakan asuransi.

Cekpremi akan membantu Anda menemukan asuransi properti yang sesuai untuk mengamankan data pribadi di internet. Sebagai portal pembanding asuransi, Cekpremi terjamin memberikan layanan memuaskan dan akan memberikan rekomendasi produk terbaik.

Layanan yang diberikan pun bisa diakses via online sehingga lebih praktis. Jadi ayo kunjungi website resmi Cekpremi untuk merasakan kemudahan fitur pembanding asuransi properti demi mengamankan data-data Anda setelah menggunakan aplikasi dari Android Waves.

Referensi:

Epic 99

Good Scoop

CNBC Indonesia