Anti Ngantuk, Simak Efek Kafein untuk Anda Pecinta Kopi

efek kafein

Kafein terkenal sebagai salah satu kandungan yang ada di dalam kopi. Tidak heran kalau kopi selalu menjadi andalan semua orang jika ingin meredakan rasa kantuk. Namun perlu Anda ingat juga kalau penggunaan kafein ada batasnya karena jika terlalu banyak mengonsumsi minuman ini, Anda bisa merasakan sejumlah efek kafein yang berbahaya.

Kafein juga tidak bisa dikonsumsi sembarangan. Pasalnya ada beberapa kondisi yang mengharuskan Anda untuk berhenti minum kopi seperti bagi orang yang alergi terhadap kafein, menderita penyakit jantung, sedang hamil dan menyusui, atau Anda yang sedang menjalani pengobatan tertentu.

asuransi kesehatan

Apa itu Kafein?

Sebenarnya apa itu kafein? Nah kafein atau bisa dikenal juga sebagai trimethylxanthine adalah sebuah stimulan alami yang banyak dikonsumsi di seluruh dunia karena kegunaannya yang beragam. Uniknya kafein ini bisa Anda jumpai pada lebih dari 60 jenis tanaman, hanya saja paling banyak ditemukan di kopi, biji kakao, dan juga teh.

Tidak hanya itu saja, kafein juga sering dicampurkan ke dalam sejumlah makanan, minuman, hingga suplemen atau obat-obatan karena efek kafein yang dinilai bermanfaat untuk tubuh. Namun harus diperhatikan juga kalau batas konsumsi aman orang dewasa tidak lebih dari 400 mg per hari agar manfaatnya tetap terasa dan tidak menimbulkan efek samping kafein.

6 Manfaat Kafein untuk Tubuh

Sebelum membahas lebih jauh tentang efek kafein berlebihan, tidak ada salahnya untuk mengenal manfaat kafein untuk tubuh terlebih dulu. Karena nyatanya, kafein memang memiliki kandungan yang sangat bagus untuk kesehatan manusia selagi Anda mengonsumsinya dalam dosis yang wajar.

1. Menurunkan Berat Badan

Siapa sangka kafein ternyata berguna untuk menurunkan berat badan. Hal ini terjadi akibat kafein yang akan menekan nafsu makan Anda serta merangsang proses termogenesis yang mengubah makanan menjadi panas dan energi. Meski begitu, manfaat yang satu ini belum terbukti sepenuhnya ampuh untuk jangka panjang.

2. Meredakan Sakit Kepala

Pastinya Anda pun sudah tahu kalau kafein selalu berhasil meredakan sakit kepala. Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal, Anda bisa mengonsumsi kafein bersamaan dengan obat pereda nyeri seperti acetaminophen yang juga terkenal sebagai suplemen untuk meredakan sakit kepala hingga migrain.

3. Meningkatkan Suasana Hati dan Fungsi Otak

Kafein sebagai stimulan terbaik mampu memblokir sinyal otak adenosin yang membuat dopamin serta norepinefrin ikut meningkat. Dengan begitu akan meningkatkan suasana hati dan fungsi otak Anda. Dengan mengonsumsi kafein dalam dosis wajar, Anda bisa sekaligus meningkatkan daya ingat dan mengurangi risiko penyakit otak contohnya alzheimer.

4. Mencegah Penyakit Jantung dan Diabetes

Tahukah Anda, sebuah bukti menunjukan bahwa risiko penyakit jantung akan berkurang sekitar 16-18% pada orang yang minum 1-4 cangkir kopi setiap hari. Bahan alami tersebut juga mampu mencegah diabetes sebesar 29% lebih rendah bagi pengguna kafein dalam batas 100-400 mg per hari.

5. Membantu Performa Olahraga

Jangan hanya fokus pada fungsinya untuk mengusir kantuk, ternyata efek kafein juga bisa Anda rasakan saat berolahraga khususnya bersepeda dan lari maraton. Kafein yang diminum satu jam sebelum olahraga ternyata bermanfaat untuk meningkatkan kinerja daya tahan tubuh saat olahraga dengan meningkatkan produksi adrenalin.

6. Menghambat Kerusakan Liver

Kandungan kafein yang ada di dalam kopi diklaim bisa mengurangi kerusakan hati atau sirosis sekitar 84%. Tentunya angka tersebut cukup tinggi untuk mencegah perkembangan penyakit, menurunkan risiko kematian dini, dan meningkatkan respons pengobatan. Namun bukti tersebut membutuhkan penelitian lebih lanjut.

5 Efek Negatif Kafein Jika Dikonsumsi Terlalu Sering

Meski memiliki sejumlah manfaat kafein yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh manusia, nyatanya stimulan tersebut akan menimbulkan efek kafein yang berbahaya jika Anda mengonsumsinya terlalu sering atau melebihi batas penggunaan per hari. Apa saja efek samping yang bisa muncul?

1. Insomnia

Kafein yang ada di dalam kopi atau jenis minuman lain memang berguna untuk menjaga Anda tetap produktif tanpa rasa ngantuk, tetapi asupan kafein yang berlebihan justru membuat tubuh tidak bisa tidur nyenyak nantinya. Lama kelamaan Anda berisiko mengalami gangguan tidur yang lebih parah seperti insomnia.

2. Jantung Berdebar

Kafein ternyata bisa meningkatkan tekanan dalam waktu singkat. Sehingga untuk orang-orang yang sensitif terhadap stimulan ini akan membuat denyut jantung menjadi tidak beraturan dan mengakibatkan sensasi dada berdebar. Apalagi bagi penderita aritmia, kinerja jantung akan lebih berat 2x lipat.

3. Gelisah

Sebenarnya kafein mampu meningkatkan kewaspadaan karena adanya efek stimulan. Hanya saja, jika Anda mengonsumsinya berlebihan malah akan menimbulkan efek kafein seperti munculnya rasa gelisah. Jika Anda terus-terusan minum kafein meski sudah ada gejala tertentu maka bisa berakibat ke serangan panik atau gangguan cemas.

4. Sering Buang Air Kecil

Efek samping kafein pada kopi selanjutnya yaitu sering buang air kecil. Pada dasarnya kafein bersifat diuretik yang akan merangsang pembuangan urine sehingga membuat Anda lebih sering buang air kecil. Tidak heran kalau nantinya Anda menjadi lebih sering ke toilet setelah minum kopi atau minuman berkafein lain.

5. Caffeine Withdrawal

Caffeine withdrawal merupakan efek kafein yang muncul saat Anda sudah terbiasa minum kafein lalu tiba-tiba berhenti mengonsumsinya. Adapun gejala yang bisa muncul berupa sakit kepala, mual, pusing, dan cepat lelah. Jika Anda ingin berhenti minum kafein sebaiknya dilakukan secara perlahan agar tidak menyebabkan caffeine withdrawal.

Cara Mencegah Bahaya Kafein Dalam Tubuh

Dampak negatif kafein untuk tubuh ternyata sangat beragam dan membahayakan. Inilah kenapa Anda perlu memperhatikan dosis kafein per hari. Namun jangan khawatir karena ada beberapa cara menghilangkan efek kafein seperti yang akan dibahas selanjutnya di bawah ini.

  • Kurangi asupan kafein secara perlahan setiap harinya.
  • Ganti asupan kafein menjadi minuman non kafein seperti infused water dan air mineral yang jauh lebih sehat.
  • Selalu catat berapa banyak asupan kafein yang Anda konsumsi setiap hari.

Selain itu, jangan lupa gunakan asuransi kesehatan yang akan membantu Anda jika efek samping kafein tiba-tiba muncul. Asuransi tersebut mampu menangani semua masalah pengobatan hingga sembuh kembali. Namun pastikan Anda memilih asuransi kesehatan terbaik dan berkualitas yang bisa ditemukan bersama Cekpremi.

Sebagai portal pembanding asuransi online, Cekpremi memiliki fitur unggulan yaitu untuk membandingkan satu asuransi dengan produk lainnya. Sehingga nantinya Anda akan mendapatkan rekomendasi asuransi kesehatan unggulan yang sesuai dengan kebutuhan.

asuransi kesehatan

Dengan prosesnya yang praktis dan tanpa biaya tambahan sama sekali, Cekpremi merupakan jawaban atas keresahan Anda dalam menemukan asuransi kesehatan yang diinginkan demi menjaga tubuh dari efek kafein. Jadi yuk kunjungi website Cekpremi sekarang juga dan nikmati fitur menariknya.

Referensi:

Alodokter