Asuransi Jiwa Unit Link, Yuk Pahami Instrumennya

asuransi jiwa unit link

Masyarakat modern sudah banyak yang menyadari tentang pentingnya memiliki asuransi. Salah satu jenis asuransi yang banyak dipilih oleh masyarakat yaitu asuransi jiwa unit Link Syariah. Asuransi ini bisa memberi banyak keuntungan menarik untuk pemegang polis. Salah satu pertanyaan yang sering muncul ketika seseorang ingin memiliki asuransi jiwa adalah tentang apa saja instrumen yang ditawarkan.

Memang penting sekali bagi Anda untuk mengetahui instrumen yang bisa dipilih dari asuransi jiwa unit link Syariah ini. Supaya Anda semakin yakin untuk memiliki asuransi ini, penting untuk mempelajari instrumennya.

asuransi jiwa

Instrumen Asuransi Jiwa Unit Link Syariah

Ciri dari asuransi jiwa unit link syariah adalah memberikan instrumen yang Syariah tentunya. Anda bisa menemukan beberapa instrumen Syariah diantaranya seperti instrumen jangka pendek Syariah, hingga instrumen saham Syariah. Penting sekali bagai nasabah untuk memahami mengenai instrumen tersebut agar bisa menentukan pilihan yang paling sesuai kebutuhan.

Selain mengetahui tentang instrumen dana investasi, Anda juga sebaiknya tahu tentang profil risiko yang dimiliki oleh masing-masing instrumen tersebut. Misalnya saja Anda termasuk orang yang menyukai instrumen dengan risiko moderat, sebaiknya jangan memilih instrumen investasi dengan resiko tinggi atau terlalu rendah.

Biasanya, risiko investasi akan sebanding dengan keuntungan yang ditawarkan. Apabila Anda memilih investasi syariah yang tepat, nantinya akan lebih merasa tenang karena sesuai dengan profit yang ditawarkan. Asuransi jiwa memang memiliki banyak kesamaan dengan investasi, jadi Anda tetap harus memahami tentang profil risiko. Agar lebih memahami tentang instrumen dan profil risiko, berikut ini adalah profil risiko yang bisa Anda pelajari:

1. Profil Risiko Moderat

Untuk profil risiko moderat artinya Anda berinvestasi atau memilih asuransi syariah yang menawarkan risiko menengah. Dana investasi yang Anda masukkan ini nantinya akan dimasukkan pada instrumen-instrumen Syariah jangka pendek seperti deposito Syariah, SPN Syariah, Reksadana Syariah pasar uang, SBI syariah, dan lain sebagainya.

See also Daftar Bengkel Rekanan Asuransi Mobil ACA di Indonesia Terbaru 2022

Dana yang diinvestasikan pada instrumen tersebut adalah sekitar 0 sampai 20%. Umumnya risiko moderat ini ada pada jenis investasi pendapatan tetap Syariah. Sedangkan dana yang 80% sampai 100% akan dimasukkan pada instrumen jangka menengah atau panjang misalnya pada obligasi Syariah pemerintah.

Bagi Anda yang tertarik dengan investasi asuransi jiwa unit link Syariah risiko moderat juga bisa memilih investasi campuran Syariah. Banyak orang yang memilih instrumen campuran karena nantinya dana akan dimasukkan pada beberapa instrumen sekaligus seperti pasar uang dan pendapatan tetap Syariah.

Penempatan dana tersebut biasanya berada pada angka sekitar 25 sampai 50%. Sedangkan 50% yang lainnya akan dimasukkan ke dalam instrumen Reksadana saham Syariah.

2. Profil Risiko Agresif

Bagi Anda yang senang mendapatkan keuntungan besar dari dana yang diinvestasikan, maka bisa memilih profil risiko agresif. Pada profil risiko ini dana investasi akan dimasukkan pada instrumen saham Syariah.

Jadi, dana sekitar 0 sampai 20% akan masuk ke jangka pendek Syariah misalnya saja seperti deposito Syariah SPN Syariah SBI Syariah, Reksadana pasar uang syariah dan yang lainnya. Sedangkan untuk sisanya, 80 sampai 100% dana akan dimasukkan ke instrumen-instrumen saham syariah yang sudah disetujui oleh OJK. Semua dana yang diinvestasikan akan dimasukkan pada instrumen yang masuk dalam daftar efek Syariah OJK.

Anda tidak perlu merasa khawatir karena nantinya dana yang diinvestasikan akan mengikuti syariat Islam sehingga tidak ada hal-hal yang dilarang seperti riba atau perjudian. Kebanyakan investor muslim akan sangat berhati-hati dengan hal seperti ini, jadi investasi Syariah akan berusaha untuk menyediakan investasi yang taat aturan Syariah.

Apabila Anda memutuskan untuk memilih instrumen dengan risiko tinggi atau agresif memang harus berhati-hati. Hari ini karena dana yang diinvestasikan akan mengikuti pergerakan pasar modal. Pada risiko seperti ini, investor mungkin saja akan kehilangan dana yang diinvestasikan akan tetapi tetap bisa mendapatkan perlindungan dari asuransi jiwa unit link syariah. Jadi, Anda tetap bisa menikmati manfaat asuransi pada investasi beresiko tinggi.

See also Inilah Tips Hindari Salah Paham pada Asuransi Kendaraan

Selain tetap harus berhati-hati dengan risiko yang mungkin terjadi, pada instrumen berisiko tinggi Anda juga harus melakukan evaluasi. Di sana Anda berkesempatan untuk saling menolong dengan peserta asuransi jiwa unit link Syariah agar tidak mengalami kerugian yang besar.

Asuransi jiwa unit link Syariah memang menyediakan beragam pilihan instrumen. Anda bisa menginvestasikan dana pada instrumen dengan risiko moderat atau agresif. Semuanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta preferensi Anda.

Pentingnya Asuransi Jiwa

Setelah memahami tentang instrumen apa saja yang bisa dipilih ketika menempatkan dana pada asuransi jiwa unit link Syariah, selanjutnya Anda juga perlu paham tentang bagaimana pentingnya asuransi jiwa untuk Anda dan keluarga. Asuransi jiwa bisa memberikan perlindungan finansial jika sewaktu-waktu ada hal yang tidak diinginkan.

Asuransi jiwa bisa memberikan ketenangan bagi keluarga dari masalah finansial akibat kematian. Seringkali seseorang merasa khawatir jika keluarganya terlantar akibat ditinggal untuk selamanya. Jadi, asuransi jiwa ini bisa menjadi penyelamat karena nantinya penyedia jasa layanan asuransi akan memberikan santunan kepada yang keluarga yang ditinggal.

Santunan tersebut totalnya tentu sesuai dengan premi yang dibayarkan setiap bulan atau jenis asuransi yang dipilih. Dengan memiliki asuransi jiwa, Anda akan merasa tenang karena keluarga memiliki tabungan untuk masa depan.

Namun jika Anda ingin memiliki asuransi jiwa demi investasi masa depan keluarga, penting sekali untuk menemukan layanan asuransi terbaik. Cara yang perlu dilakukan untuk bisa menemukan asuransi berkualitas dan profesional adalah dengan melakukan perbandingan.

Di Indonesia sendiri ada banyak layanan asuransi yang menawarkan asuransi jiwa dengan premi terjangkau. Dari banyaknya pilihan yang tersedia, Anda tentu harus memilih satu yang terbaik.

See also Bengkel Rekanan Mega Insurance di Jabodetabek
asuransi jiwa

Jika ingin melakukan perbandingan, Anda bisa melakukannya secara praktis dan mudah tanpa harus keluar rumah. Cobalah untuk membandingkan beberapa layanan asuransi dengan memanfaatkan website CekPremi. Website ini bisa membantu Anda untuk mengetahui penyedia layanan asuransi dengan cakupan serta premi yang ditawarkan. Jadi, Anda bisa dengan mudah menentukan layanan asuransi terbaik. Sekarang Anda sudah paham kan tentang apa saja instrumen dari asuransi jiwa unit link Syariah, saatnya untuk menemukan asuransi terbaik dengan memanfaatkan website CekPremi.