Pilihan Asuransi Mobil untuk Perlindungan Optimal

asuransi mobil

Ketika Anda ingin melindungi mobil dari kerusakan, salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan memiliki asuransi mobil. Akan tetapi seringkali asuransi yang dipilih, tidak mengcover semua resiko, Misalnya saja seperti biaya untuk perbaikan akibat bencana alam, kebakaran, vandalisme dan yang lainnya.

Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan untuk memiliki asuransi mobil sebaiknya memahami tentang apa saja syarat agar asuransi tersebut dapat mengcover kerugian finansial akibat resiko-resiko yang terjadi.

Memilih Asuransi Mobil Bencana Alam

Perlu Anda ketahui bahwa asuransi mobil yang tersedia memiliki banyak jenis. Anda perlu memilih jenis asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan. Apabila Anda menyadari bahwa Indonesia merupakan negara yang sering terjadi bencana, maka penting untuk memilih asuransi yang akan mengcover biaya kerusakan yang diakibatkan bencana alam.

Salah satu yang banyak menarik minat masyarakat terutama pemilik mobil adalah memiliki asuransi gempa bumi. Produk Asuransi ini bisa membantu memberikan jaminan ketika Anda mengalami kerugian akibat terjadinya bencana gempa bumi.

Bencana ini memang dapat terjadi kapan saja tanpa bisa diprediksi. Kerusakan yang terjadi bukan hanya bisa menyebabkan kerusakan pada bangunan, akan tetapi juga pada kendaraan kesayangan Anda. Perlu Anda ketahui bahwa ketika Anda memilih jenis asuransi mobil untuk gempa bumi ternyata jenis asuransi ini bisa mengcover biaya lain yang disebabkan oleh bencana alam.

Jadi memang asuransi gempa bumi ini bisa mengcover dan memberikan jaminan untuk mobil Anda, khususnya saat terjadi bencana alam seperti letusan gunung Merapi, kebakaran, hingga tsunami.

Apabila Anda memiliki asuransi mobil yang satu ini, tentu akan merasa lebih tenang saat terjadi bencana. Mobil Anda akan lebih terlindungi dan apabila memang harus mengeluarkan biaya untuk perbaikan, perusahaan asuransi akan membantu mengatasi masalah tersebut.

Manfaat Asuransi Bencana Alam

Masyarakat banyak yang mengartikan jika asuransi ini sama dengan Asuransi gempa bumi. Selain bisa memberikan jaminan perbaikan pada kerusakan yang disebabkan oleh gempa bumi, Anda juga bisa mendapatkan jaminan perbaikan jika terjadi letusan gunung berapi.

Bahkan, ketika Anda memiliki asuransi ini juga akan mendapatkan jaminan perbaikan akibat kebakaran atau ledakan yang mungkin terjadi saat terjadi gempa bumi.

Perlu Anda pahami bahwa memang bencana yang cukup sering menyebabkan kerusakan pada mobil adalah gempa bumi juga kebakaran. Bahkan Indonesia juga termasuk negara yang sering mengalami bencana seperti banjir hingga tsunami.

Oleh karena itu, Anda perlu memikirkan tentang bagaimana cara untuk memberikan perlindungan optimal bagi kendaraan Anda. Sebenarnya asuransi gempa bumi atau bencana alam bukan hanya cocok untuk mobil Anda. Akan tetapi banyak masyarakat yang mengasuransikan bangunan barang-barang berharga perabotan rumah tangga dan lain sebagainya.

Hal-hal yang Tidak Dijamin Asuransi Gempa Bumi

Memang dengan memiliki asuransi semacam ini, Anda akan merasa lebih terlindungi dalam situasi-situasi yang tidak terduga. Tetapi, Anda juga harus memahami bahwa jenis asuransi ini mungkin tidak mengcover semua hal atau semua resiko.

Apabila Anda memutuskan untuk memilih asuransi gempa bumi, maka nantinya tidak bisa melakukan klaim Apabila terjadi kerusakan yang diakibatkan oleh berbagai hal Misalnya saja seperti terorisme, kerusuhan, penjarahan, dan yang sejenisnya.

Selain itu, asuransi ini juga tidak akan mengcover biaya apabila terjadi kerusakan akibat reaksi nuklir, tertabrak kendaraan lain, terjadi banjir, angin topan, pencurian, dan yang lainnya. Oleh karena itu, penting sekali untuk membaca polis asuransi dengan seksama agar Anda mendapatkan perlindungan yang sesuai keinginan.

Asuransi Mobil Bencana atau Gempa Bumi

Memiliki asuransi mobil untuk resiko gempa bumi menjadi salah satu hal yang menarik. Akan tetapi perlu Anda ketahui bahwa terdapat dua jenis pertanggungan yang bisa didapatkan yaitu komprehensif atau all Risks dan total loss only.

Penting sekali untuk memahami dua jenis pertanggungan tersebut agar Anda tidak merasa kecewa saat melakukan klaim. Orang banyak yang salah paham dengan Asuransi hanya karena tidak teliti dalam membaca polis.

Jangan ragu juga untuk berkonsultasi dengan penyedia asuransi. Pastikan Anda mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan sebelum memutuskan untuk membeli asuransi untuk mobil.

Asuransi Komprehensif

Jenis asuransi yang pertama adalah asuransi komprehensif atau asuransi All Risks. Asuransi komprehensif adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan dan menjamin kerugian seperti tergores dan juga penyok.

Asuransi Total Loss Only

Sedangkan jenis yang kedua yaitu total loss only merupakan asuransi yang akan menjamin pemegang polis apabila mengalami kehilangan kendaraan dengan penggantian total.

Berbagai macam resiko yang dapat di cover atau dijamin oleh jenis asuransi ini antara lain seperti tabrakan, terbalik, kebakaran, tergelincir, atau mengalami perbuatan jahat. Sedangkan jika Anda mengalami gempa bumi nantinya harus melakukan perluasan jaminan.

Melakukan Perluasan Jaminan

Hal yang sering dilakukan oleh nasaah yang memiliki asuransi adalah dengan selalu mengupdate jenis asuransi yang dipilih. Salah satu cara efektif yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan perluasan jaminan. Dengan melakukan perluasan jaminan, Anda akan lebih terlindungi dari berbagai resiko baik itu bencana alam, hingga bencana yang disebabkan oleh manusia.

Keuntungan dari perluasan jaminan ini adalah Anda akan merasa tenang dari berbagai resiko seperti gempa bumi, letusan gunung Merapi pohon banjir, tanah longsor dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan perluasan jaminan yang khusus untuk resiko-resiko yang disebabkan oleh manusia seperti resiko kerusuhan, vandalisme, huru-hara, terorisme, dan sabotase. Bahkan Anda juga bisa memperluas jaminan dengan meningkatkan perlindungan bukan hanya pada mobil namun juga pada pengemudinya.

Dapatkan Asuransi Mobil Terbaik Bersama Cekpremi

Memiliki asuransi memang menjadi salah satu hal yang dapat memberikan ketenangan. Apalagi jika saat ini Anda sering berkendara menggunakan mobil kesayangan. Tentu Anda tidak ingin jika ada resiko yang menyebabkan kerugian finansial.

Bila Anda saat ini belum memiliki asuransi mobil dan berencana untuk memilikinya, hal pertama yang harus dilakukan adalah membandingkan beberapa layanan asuransi terlebih dahulu. Cara yang sangat direkomendasikan adalah dengan membuka website Cekpremi. Melalui website ini, Anda bisa membandingkan berbagai macam layanan asuransi terbaik di Indonesia beserta preminya.

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat dan pilihan asuransi mobil yang bisa Anda dapatkan. Jangan ragu untuk membuka website CekPremi untuk mendapatkan gambaran mengenai pilihan mana yang terbaik. Semoga bermanfaat.

Sumber :

Mitsubishi

Bengkulu Network

Liputan 6