Pilih Asuransi Mobil Bekas Terbaik, Ini Cara Klaimnya!

Asuransi Mobil Bekas terbaik

Anda baru saja membeli mobil bekas? Sudahkah Anda memiliki perlindungan asuransi mobil bekas terbaik sebagai langkah proteksi di kemudian hari? Banyak alasan mengapa banyak orang cenderung memilih membeli mobil bekas. Salah satunya adalah karena harga kendaraan yang cenderung lebih rendah dan sifat asetnya bukanlah untuk konsumtif.

Namun sayangnya, membeli mobil bekas seringkali membuat pemiliknya dihadapkan pada risiko kerugian. Misalnya saja perbaikan pada berbagai komponen yang rawan mengalami kerusakan. Di sinilah pentingnya perlindungan mobil bekas.

Manfaat Memiliki Jaminan Asuransi untuk Mobil Bekas

Asuransi mobil menjadi salah satu proteksi umum terhadap kendaraan yang ada di Indonesia. Manfaatnya adalah memberikan pertanggungan atas biaya perbaikan akibat kerusakan hingga ganti rugi mobil yang hilang. Bahkan, manfaatnya juga bisa menjamin perlindungan atas perbaikan mobil bekas melalui asuransi mobil bekas.

Pasalnya, kita tidak tahu bagaimana kondisi mobil secara detail pada saat pembelian. Hal inilah yang seringkali mengharuskan pemilik baru melakukan berbagai perawatan dan perbaikan yang lebih banyak. Memiliki jaminan asuransi bisa memberikan manfaat pertanggungan biaya dalam hal perawatan atau perbaikan berkala pada mobil, pemeliharaan rutin, serta pengecekan rutin lainnya.

Perusahaan akan memberikan penggantian biaya atau pertanggungan atas nilai kendaraan bila terjadi kerusakan. Memiliki jaminan asuransi mobil bekas merupakan langkah yang tepat, pasalnya ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan terkait kondisi mobil.

Cara Memilih Polis Asuransi Mobil Bekas Terbaik

Banyak sekali pilihan produk asuransi yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan pemberi perlindungan kendaraan. Supaya tidak salah pilih, beberapa cara ini bisa Anda perhatikan saat ingin membeli polis asuransi.

  1. Tahun Keluaran Mobil

Pertama, perhatikan tahun keluaran mobil. Perlu Anda pahami, bahwa ternyata ada batasan usia kendaraan yang perlu Anda perhatikan dan biasanya menjadi salah satu syarat dari perusahaan asuransi. Seperti untuk asuransi all-risk, pemberi manfaat hanya akan menerima mobil bekas yang usianya masih cukup muda di bawah 10 tahun. Sementara asuransi TLO bisa menerima mobil tua berusia di atas 15 tahun.

  1. Cari Perusahaan Asuransi Terbaik

Penting memilih perusahaan asuransi yang bisa memberikan layanan berkualitas. Sehingga mereka akan membantu Anda menemukan produk sesuai kebutuhan. Perusahaan juga perlu melayani secara responsif dan profesional yang memudahkan pelanggan ketika menghadapi kesulitan.

  1. Proses Pembelian Asuransi

Dalam memilih asuransi mobil bekas, pertimbangkan pula mengenai kondisi mobil, apakah mobil masih bisa mendapatkan asuransi ataukah tidak. Pasalnya, proses mengasuransikan mobil bekas cenderung lebih rumit dibandingkan asuransi mobil baru. Pihak pemberi jaminan perlu melakukan survei atas kondisi mobil Anda guna memprediksi risiko dan harganya.

  1. Harga Premi

Perlu Anda tahu, bahwa biaya untuk mengasuransikan mobil bekas cenderung lebih mahal dibanding mobil baru. Mengingat risiko kerusakan yang dialami juga lebih besar, ditambah lagi bila suku cadangnya juga sudah sulit ditemukan.

  1. Perhatikan Syarat dan Ketentuan

Selanjutnya, jangan sampai Anda mengabaikan syarat dan ketentuan dalam pembelian asuransi yang berujung penolakan. Syarat dan ketentuan ini berkaitan dengan manfaat yang akan Anda dapatkan ketika pengajuan klaim, apakah manfaatnya sama dengan mobil baru ataukah tidak.

  1. Ketahui Jenis Polis

Perlu Anda tahu, bahwa polis asuransi mobil terbagi menjadi dua. Pertama, asuransi mobil all risk yang menanggung berbagai jenis risiko kerusakan, mulai dari lecet hingga rusak total. Sementara Total Loss Only (TLO) bisa menanggung jenis perbaikan besar hingga lebih dari 75% harga mobil tersebut. Jelas, bahwa polis asuransi ini lebih cocok untuk proteksi mobil bekas, mengingat mobil lebih rentan rusak dan tarif preminya cenderung lebih murah.

  1. Rekomendasi Dari Dealer

Selanjutnya, Anda dapat mempertimbangkan rekomendasi asuransi dari pihak dealer saat membeli mobil. Pasalnya, kemungkinan besar pihak dealer sudah memiliki pengalaman dalam merekomendasikan jenis dan produk asuransi terpercaya.

Cara Klaim Asuransi Mobil Bekas

Dalam memilih polis asuransi untuk mobil bekas, penting untuk mempertimbangkan kemudahan klaim dan persyaratannya. Berikut ini adalah langkah-langkah umum yang bisa Anda lakukan untuk mengklaim proteksi mobil bekas.

  1. Periksa Polis Asuransi

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan Anda memiliki salinan polis asuransi mobil bekas kendaraan Anda. Dalam melakukan pemeriksaan ini, bacalah dengan seksama agar Anda memahami detail cakupan dan batasan klaim untuk pengajuan klaim asuransi. Periksa apakah kerusakan atau jenis perbaikan yang Anda perlukan tercover dalam polis asuransi tersebut.

  1. Hubungi Perusahaan Asuransi

Setelah memeriksa polis, segeralah menghubungi perusahaan asuransi Anda sesaat setelah Anda membeli mobil bekas dan melakukan pengecekan. Biasanya, perusahaan akan memberikan nomor telepon klaim yang dapat dihubungi untuk melaporkan klaim Anda. Dalam hal ini, Anda perlu mencatat semua detail penting seperti nomor polis, tanggal kejadian, dan deskripsi kejadian dengan jelas.

  1. Pelaporan Dokumen

Dalam klaim polis asuransi, penting memastikan bahwa Anda mengerti dan mengikuti semua detail instruksi dengan cermat. Salah satunya terkait pelaporan dokumen pendukung, seperti kwitansi perbaikan, jenis kerusakan dan perbaikan dari bengkel, dll.

Tidak lupa, sertakan pula dokumen lainnya seperti surat persetujuan dari pemilik sebelumnya jika Anda membeli mobil bekas dari seseorang. Dalam membuat laporan, sertakan pula jumlah kerusakan dan bukti seperti foto-foto kendaraan.

  1. Tunggu Peninjauan Klaim

Setelah semua dokumen diterima oleh perusahaan asuransi, pihak perusahaan akan meninjau dan mengevaluasi klaim Anda. Mereka mungkin ingin melakukan peninjauan lapangan atau menghubungi Anda sebagai informasi tambahan. Dalam proses peninjauan ini Anda perlu bersabar. Sebaiknya, siapkan diri untuk kemungkinan pertanyaan yang diajukan pihak asuransi.

  1. Terima Keputusan Klaim

Proses terakhir, yakni penerimaan keputusan klaim dari pemberi jaminan. Setelah menyelesaikan peninjauan klaim, perusahaan asuransi akan memberikan keputusan klaim kepada Anda. Jika klaim Anda ternyata disetujui, maka Anda akan menerima pertanggungan sesuai dengan ketentuan polis asuransi.

Namun, jika klaim tersebut ditolak, pastikan Anda memahami secara detail mengenai alasan penolakan tersebut. Bahkan jika perlu, sebaiknya Anda mencari tahu hak-hak Anda sebagai pemegang polis. Apakah biaya perbaikan yang Anda lakukan terjamin di dalam polis ataukah tidak.

Untuk mendapatkan berbagai kemudahan terkait klaim asuransi mobil bekas terbaik, pastikan Anda memilih produk yang tepat sesuai kebutuhan dan juga budget. Mempercayakan pilihan produk asuransi di Cekpremi bisa menjadi solusi. Tim-tim ahli akan merekomendasikan produk yang tepat dari mitra terpercaya. Temukan produk asuransi terbaik kendaraan Anda melalui Cekpremi.com!