Apa Itu Asuransi Pengiriman Barang, Manfaat dan Jenisnya

asuransi pengiriman barang

Punya bisnis online? Anda harus mempertimbangkan penggunaan asuransi pengiriman barang. Apalagi jika Anda menjual produk dengan nilai tinggi, maka keamanan pengirimannya perlu dijamin dengan asuransi.

Banyak keuntungan yang diberikan dan tentunya bisa meningkatkan daya jual bisnis Anda karena konsumen jadi percaya dengan proses pengiriman yang aman. Bagi Anda yang masih belum paham dengan asuransi ini bisa cek pengertian hingga jenisnya.

Pengertian Asuransi Pengiriman Barang

Melansir sikapiuangmu.ojk.go.id, asuransi ini memberikan perlindungan bagi tertanggung dari kerugian atau kerusakan barang selama menjalani pengangkutan atau pengiriman. Tertanggung yang dimaksud adalah eksportir, importir, pengirim, pemesan barang hingga pemilik barang pindahan.

Ada dua model yang saat ini dijalankan yaitu perlindungan barang besar, banyak dipilih bagi eksportir dan juga importir. Biasanya pemilik bisnis akan langsung bekerja sama dengan perusahaan asuransi demi mendapatkan perlindungan.

Model yang kedua adalah perlindungan yang didapatkan pelanggan dari jasa ekspedisi. Jika Anda berjualan melalui e-commerce maka layanan asuransi ini akan didapatkan oleh konsumen berdasarkan jasa ekspedisi yang dipilih.

Premi dalam asuransi dari jasa ekspedisi ini biasanya ditanggung oleh konsumen sebagai pemesan barang. Nominalnya pun bervariasi tergantung kebijakan dari masing-masing jasa ekspedisi yang menyediakan asuransi.

Manfaat Adanya Asuransi untuk Mengirim Barang

Mendapatkan perlindungan atas paket yang dikirimkan memberikan keuntungan bagi pemilik bisnis maupun konsumen. Aktivitas perdagangan pun bisa menjadi lancar. Lebih dari itu, masih ada beberapa manfaat yang akan didapatkan sebagai berikut:

Mendapat Penggantian Penuh

Penggantian kerusakan paket, kehilangan atau tertukar akan ditanggung secara penuh. Baik itu pada saat terjadi masalah pengiriman karena alat transportasi bermasalah, bencana alam, kerusuhan dan lainnya.

Tidak heran, manfaat ini membuat berbagai barang dengan nilai tinggi biasanya diasuransikan. Mulai dari paket berisi surat berharga, emas, barang rawan pecah hingga asuransi barang elektronik semuanya tersedia.

See also Apotek Online BPJS, Ketahui Pengertian dan Manfaatnya Disini

Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Bagi pemilik bisnis, menyediakan asuransi pengiriman barang akan meningkatkan kredibilitas. Hal ini berdampak pada kepercayaan konsumen yang semakin meningkat. Tidak banyak konsumen yang ragu untuk menjadi pelanggan setia Anda karena barang sudah ter-cover oleh asuransi.

Biasanya pemilik bisnis partai besar akan bekerja sama langsung dengan perusahan asuransi. Sedangkan untuk pemilik bisnis UMKM bisa menggunakan layanan asuransi yang telah disediakan oleh jasa ekspedisi. Anda bisa memanfaatkan penawaran ini untuk mendapatkan perlindungan paket.

Mudah Diakses

Saat ini ada begitu banyak asuransi untuk mengirim barang, baik itu dari perusahaan asuransi atau jasa ekspedisi. Jadi Anda tidak perlu bingung lagi mencari asuransinya. Selain itu biaya asuransi pengiriman barang juga tergolong terjangkau, di mana preminya akan disesuaikan dengan nilai barang.

Rata-rata biaya asuransi adalah mulai dari 0,2% sampai dengan 0,35% dari nilai barang yang diasuransikan. Apabila Anda berjualan melalui platform e-commerce maka asuransinya akan dipilih oleh konsumen secara langsung.

Bebas Biaya Beban Pribadi

Kini Anda tidak perlu khawatir barang hilang atau rusak saat sampai ke tangan konsumen. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya pribadi untuk ganti rugi karena semuanya telah ditangani oleh asuransi.

Bebasnya penggantian beban pribadi ini membuat Anda bisa lebih fokus dalam pengembangan bisnis. Konsumen pun akan ikut senang karena barang yang dikirim memiliki perlindungan.

Jenis-jenis Asuransi Pengiriman Barang

Anda berencana untuk menggunakan asuransi ini pada bisnis? Kenali dulu jenis-jenis asuransinya agar tidak salah pilih. Sama seperti asuransi yang lainnya, asuransi untuk mengirim barang ini ada banyak jenis sesuai dengan metode pengiriman.’

Asuransi Pengangkutan Laut

Disebut juga sebagai marine cargo, sesuai dengan namanya asuransi ini diberikan untuk pengiriman barang via laut baik skala besar atau kecil. Asuransi ini menanggung beberapa kerugian seperti kerusakan karena goncangan hingga badai selama proses pengiriman.

See also Asuransi Investasi Terbaik: Definisi, Jenis, dan Produk

Hanya saja ada beberapa pengecualian kerusakan dari asuransi ini seperti kerusakan karena keterlambatan, sifat alamiah barang, tidak cocok packing, keausan ilmiah hingga senjata perang. Memiliki asuransi ini sangat penting mengingat risiko yang didapatkan cukup besar.

Asuransi Pengangkutan Darat

Pengertian dari asuransi pengangkutan darat adalah perlindungan yang didapatkan selama pengiriman dari jalur darat. Baik itu kerugian hingga kehilangan barang dapat terjadi bagi pemilik bisnis dan juga penerimanya.

Beberapa jenis perlindungan yang bisa diperoleh antara lain pengiriman barang yang mudah pecah atau rusak, barang mudah basi, sampai barang pertanian dan perkebunan. Pengiriman via darat juga penuh risiko sehingga penting untuk memiliki asuransi ini.

Asuransi Pengangkutan Udara

Asuransi ini akan memberikan perlindungan pada paket yang dikirimkan via udara yaitu pesawat. Bisa dibilang risiko pengiriman via udara memang sangat minim namun tetap saja perlu adanya perlindungan paket. Mengingat banyak juga pengiriman ekspor dan impor yang juga memanfaatkan jalur udara.

Perlindungan yang diberikan antara lain ketika terjadi kecelakaan, barang hilang atau tertukar dan masih banyak lagi. Cukup banyak juga perusahaan ekspor impor yang memiliki asuransi ini demi keamanan pengiriman.

Perhitungan Biaya Asuransi Pengiriman Barang

Biaya asuransi dihitung berdasarkan nilai barang dikalikan dengan premi yang harus dibayarkan. Besar kecilnya premi tergantung kebijakan dari masing-masing perusahaan namun normalnya adalah maksimal 0,35%.

Sebagai contoh, Anda hendak membeli smartphone melalui e-commerce dengan harga Rp3.500.000. Anda kemudian menambahkan asuransi sebesar 0,3% dalam pengirimannya. Maka premi yang Anda dapatkan adalah Rp3.500.000 X 0,3% = Rp10.500.

Artinya dengan premi tersebut maka total barang dan asuransinya menjadi Rp3.510.500 harus Anda bayarkan saat berbelanja. Kini Anda bisa menghitung premi asuransi pengiriman barang Anda bisa tahu benar berapa biaya yang harus dikeluarkan demi paket lebih aman.

See also Mobil Mogok Karena Banjir: Penyebab dan Cara Klaim Asuransinya

Anda pemilik bisnis harus memiliki asuransi pengiriman barang supaya bisa menikmati berbagai manfaatnya. Kini untuk memilih asuransi yang tepat Anda bisa mengunjungi Cekpremi. Berbagai informasi asuransinya telah tersedia yang bisa meningkatkan kelancaran bisnis Anda.

Anda hanya perlu mengisi data barang dan jenis pengiriman yang digunakan, maka informasi pilihan asuransinya tersedia. Anda pun bisa membandingkan langsung mana asuransi yang perlindungannya paling sesuai. Tunggu apalagi, yuk cek asuransi Cekpremi sekarang.