Asuransi Perjalanan Syariah, Proteksi Liburan Berbasis Syari

Asuransi Perjalanan Syariah

Anda akan melakukan perjalanan berbasis Islam? Sudahkah Anda memiliki jaminan proteksi asuransi perjalanan syariah? Aktivitas perjalanan wisata di seluruh dunia mengalami pertumbuhan pesat, baik dalam maupun luar negeri. Salah satunya adalah perjalanan dengan konsep syariah.

Banyak orang maupun wisatawan muslim, kini mencari destinasi yang memprioritaskan prinsip syariat Islam, termasuk akomodasi, makanan, tempat ibadah, dan aspek lainnya. Hal ini untuk mendukung tujuan dari perjalanan yang sesuai aturan Islam itu sendiri.

Perjalanan semacam ini bisa meliputi ziarah ke tempat-tempat suci, seperti Makkah, Madinah, atau tujuan lain yang mendukung pemahaman dan ilmu syariah Islam. Sebagai jawaban terhadap kebutuhan ini, konsep baru mulai muncul, mulai dari istilah perjalanan syariah hingga asuransi perjalanan berbasis syariah. Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjelasan berikut ini.

Apa Itu Perjalanan Syariah?

Perjalanan menjadi kebutuhan bagi banyak orang, terutama di kota-kota besar. Masa liburan sangat dinantikan untuk istirahat, bersama keluarga, atau menikmati hasil kerja keras. Ketika liburan tiba, banyak yang memilih untuk melakukan perjalanan ke tempat-tempat menarik.

Ditambah lagi, berlibur atau traveling juga telah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia dan dunia. Dalam Islam sendiri, tata cara hidup seorang muslim diatur dalam setiap aktivitasnya, termasuk ketika melakukan perjalanan atau pariwisata. Dimana para muslim harus menjalankannya sesuai dengan syariat Islam.

Begitupun dalam memilih jaminan proteksi perjalanan Anda, penting juga memiliki asuransi berbasis syariah. Penambahan istilah syariah dalam aspek ini menjelaskan bahwa setiap elemen dalam industri tersebut harus sesuai dengan prinsip-prinsip syariah Islam. Aspek ini memastikan bahwa perjalanan yang terkait harus mematuhi aturan halal yang ditetapkan oleh agama.

Aspek dalam Asuransi Perjalanan Berbasis Syariah

Asuransi syariah bertujuan mempersiapkan diri menghadapi risiko tanpa berupaya mendahului takdir. Prinsipnya adalah berbagi risiko, dimana setiap pemegang polis turut menanggung risiko satu sama lain. Dalam perjalanan syariah, asuransi ini melibatkan beberapa aspek, termasuk seperti berikut.

Sumber : https://elements.envato.com/travel-insurance-documents-to-help-travelers-feel–P8SKXQV

1. Aspek Objek / Destinasi

Dalam melakukan perjalanan berbasis syariah, tujuan atau destinasi harus menyediakan fasilitas yang mendukung penerapan hukum syariah. Sebagian tempat wisata masih kekurangan sarana ibadah, seperti mushalla, yang diperlukan oleh wisatawan muslim.

Meskipun beberapa tempat sudah memiliki fasilitas tersebut, masih ada kekurangan yang perlu diperhatikan. Sehingga nantinya tidak terjadi kesenjangan antara objek wisata yang mewah dengan sarana ibadah yang kurang memadai.

Destinasi berbasis syariah ini tidak terbatas pada tempat atau warisan budaya Islam saja. Tetapi juga dapat mencakup segala sesuatu yang menarik dan menghibur selama mematuhi prinsip-prinsip syariah. Mulai dari pantai, gunung, gua, sejarah hingga budaya lokal, semua dapat menjadi pilihan untuk wisata syariah.

2. Aspek Sarana Akomodasi

Semua bentuk akomodasi, seperti hotel, guest house, villa, harus mematuhi prinsip syariah Islam dalam pelayanan dan aturan. Termasuk diantaranya adalah penyediaan tempat ibadah seperti mushalla dan penerapan aturan mengenai ketidakbolehan menginap bagi yang bukan mahram.

Setiap akomodasi harus memastikan bahwa mereka menerapkan aturan yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah Islam. Hotel seringkali menjadi masalah utama terkait akomodasi, karena umumnya mereka tidak mempertimbangkan prinsip syariah.

Oleh karena itu, konsep hotel dalam perjalanan syariah muncul, di mana fasilitasnya disesuaikan dengan ketentuan syariah Termasuk menyediakan makanan dan minuman yang halal serta menghindari kegiatan yang bertentangan dengan prinsip syariah.

Nah, untuk memastikan semua perjalanan Anda aman dan nyaman, pastikan Anda telah melindungi diri maupun perjalanan Anda dengan proteksi. Jaminan perlindungan dengan asuransi perjalanan syariah dapat membantu Anda dalam menghadapi setiap risiko yang mungkin terjadi di masa depan selama perjalanan Anda.

Manfaat Perlindungan Asuransi Perjalanan Syariah

Berbagai manfaat bisa Anda dapatkan dengan membeli polis asuransi perjalanan syariah.

1. Medis

Ketika melakukan perjalanan, kepemilikan asuransi perjalanan syariah mempunyai peran penting, terutama dalam mengatasi risiko medis. Saat Anda sakit di luar kota atau negara, asuransi perjalanan dapat menutupi biaya pengobatan, menghindarkan Anda dari beban keuangan yang tidak terduga. Khususnya saat berpergian ke luar negeri, di mana biaya pengobatan cenderung lebih tinggi.

2. Kecelakaan

Kecelakaan juga merupakan ancaman serius saat melakukan perjalanan dengan prinsip syariah, baik disebabkan oleh cuaca buruk maupun kesalahan manusia. Asuransi perjalanan dapat memberikan jaminan perlindungan atas setiap risiko yang mungkin terjadi yang tertera di dalam polis.

Seperti halnya biaya pengobatan dan santunan dalam kasus kecelakaan. Jika tertanggung meninggal dunia, maka penanggung yaitu perusahaan asuransi akan bertanggung jawab atas pengurusan jenazah hingga pemulangannya.

3. Ketidaknyamanan

Manfaat jaminan asuransi perjalanan syariah juga melibatkan ketidaknyamanan yang mungkin terjadi selama perjalanan. Seperti halnya risiko kehilangan bagasi, keterlambatan pesawat, atau penggantian tiket akibat pembatalan perjalanan. Semua ini menjadi pertimbangan penting untuk menjaga kenyamanan dan keamanan selama bepergian.

4. Bencana Alam dan Terorisme

Bencana alam dan terorisme, sebagai dua situasi yang sulit diprediksi, dapat menimbulkan kerugian signifikan, baik secara mental, finansial, maupun fisik. Untuk melindungi diri, memiliki asuransi menjadi yang tepat saat bepergian. Seluruh kerugian yang mungkin timbul dapat ditanggulangi oleh asuransi, memberikan rasa aman kepada pemegangnya.

5. Risiko Kematian

Di sisi lain, kematian merupakan risiko atas ketidakpastian yang sulit diprediksi. Meskipun begitu, persiapan dapat dilakukan. Dalam aspek perjalanan, memiliki perlindungan asuransi kematian memberikan jaminan bahwa keluarga yang ditinggalkan akan menerima santunan atau uang pertanggungan. Sehingga ketika tertanggung sebagai pencari nafkah, keluarga yang ditinggalkan akan mendapatkan perlindungan finansial.

Jaminan Asuransi Perjalanan Syariah Mitra Cekpremi

Asuransi perjalanan syariah, seperti kita tahu dijalankan berdasarkan prinsip syariah, menekankan tolong-menolong dan transparansi. Hal ini jelas akan menguntungkan bagi Anda selaku nasabah atau pemegang polis dan juga perusahaan asuransi. Selain itu, dana premi yang Anda bayarkan juga tidak hangus.

Bahkan, meski polis Anda tanpa klaim selama masa perlindungan. Nantinya, premi tersebut diakumulasikan dalam dana terbaru karena Anda adalah pemegang polis. Anda bisa mendapatkan semua informasi dan keunggulan asuransi perjalanan tersebut di Cekpremi.

Di sini Anda juga dapat membandingkan produk maupun polis asuransi dari mitra perusahaan terbaik. Portal ini memungkinkan Anda lebih mudah memperoleh perbandingan antara perusahaan asuransi dan premi terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk lebih jelasnya, kunjungi situs resmi portal Cekpremi.com!