Penyebab ATM Terblokir dan Cara Mengatasinya!

ATM terblokir

ATM terblokir adalah salah satu masalah yang bisa membuat sebagian orang panik. Kartu ATM adalah salah satu fasilitas yang disediakan oleh bank untuk nasabah saat buka rekening. Kartu ATM bisa Anda manfaatkan, untuk melakukan transaksi seperti melakukan pembayaran atau tarik tunai. Kartu ATM ini mempermudah kegiatan perbankan banyak orang, namun salah satu kendalanya adalah ATM bisa terblokir karena beberapa hal.

Jika ATM sudah terblokir secara otomatis, Anda tidak bisa menggunakannya terlebih dahulu untuk transaksi. Apa saja penyebab ATM bisa terblokir dan solusi yang bisa dicoba?

Penyebab ATM Terblokir

  • Salah Memasukkan PIN

Ini merupakan penyebab paling umum yang sering terjadi pada sebagian orang. Di mana seseorang memasukkan PIN yang salah tiga kali berturut-turut. Aturan umum pada ATM adalah melakukan kesalahan dengan memasukkan PIN 3 kali berturut-turut, biasanya kartu ATM Anda bisa langsung terblokir untuk sementara.

  • Menggunakan di Lokasi Berbeda

Hal ini terjadi karena bisa saja karena menggunakan di lokasi berbeda. Maksudnya adalah ketika Anda sengaja menggunakan kartu ATM di luar negeri. Hal ini karena sistem akan mengidentifikasi bahwa Anda melakukan tindakan mencurigakan sehingga dilakukan pemblokiran. Anda bisa buka blokir tersebut dengan menghubungi bank terkait.

  • Kartu ATM Kadaluarsa

Bisa juga disebabkan karena kartu ATM mengalami kadaluarsa atau expired. Biasanya setiap kartu ATM punya masa berlaku yang berbeda-beda, ada yang 5 tahun ada juga yang hanya 3 tahun. Jika ATM Anda sudah melewati tanggal kadaluarsa biasanya tidak bisa digunakan lagi dan harus diganti.

Sementara kartu lama yang sudah expired tersebut sudah diblokir dan tidak bisa melakukan transaksi perbankan. Anda harus langsung datang ke bank untuk ganti kartu ATM baru.

  • Di Blokir Karena Permintaan Pribadi

Ini biasanya terjadi pada kasus di mana kartu ATM tertelan di mesin ATM. Kartu ATM yang tertelan, biasanya membuat panik orang-orang sehingga solusinya adalah dengan memblokir kartu tersebut untuk keamanan transaksi. Dengan diblokir, maka kartu ATM yang tertelan tidak akan bisa melakukan transaksi jika nantinya sudah keluar dari mesin ATM.

Selain ATM yang tertelan biasanya permintaan pribadi untuk pemblokiran kartu adalah karena kartu ATM yang hilang.

  • Kesalahan Teknis

Berikutnya, penyebab ATM terblokir bisa juga terjadi karena kesalahan teknis dari pihak bank. Kasus ini terbilang jarang terjadi, namun penyebabnya lebih sering karena sedang peningkatan sistem pembayaran ke yang lebih canggih.

Misalnya Anda belanja dengan sistem cashless menggunakan ATM, lalu tempat belanja tersebut belum memperbarui sistem atau terdapat kendala dari pihak bank itu sendiri.

  • Pembelian Jarang

Keamanan seputar aktivitas transaksi bank tentu saja diperhatikan cukup ketat oleh pihak bank. Maka dari itu pemblokiran kartu ATM bisa saja terjadi, ketika Anda melakukan transaksi dengan nominal yang sangat tinggi secara tiba-tiba sementara pola pengeluaran normal kartu ATM Anda sebelumnya jarang bernilai tinggi.

Solusi Mengatasi ATM Terblokir

  • Mengatasi ATM Terblokir Karena Lupa PIN

Jika mengalami ATM terblokir karena lupa PIN maka solusinya adalah datang ke bank cabang terdekat.

  • Pastikan Anda tidak lupa untuk membawa buku tabungan, kartu ATM yang terblokir beserta identitas diri yaitu KTP.
  • Anda juga wajib membawa sejumlah uang untuk pengaktifan kembali kartu yang terblokir. Untuk dana yang harus dikeluarkan biasanya tergantung dari kebijakan bank masing-masing.
  • Mengatasi ATM Terblokir dengan Internet Banking

Anda mungkin mengira bahwa tidak ada kemungkinan untuk mengurusnya lewat internet banking. Adanya internet banking, memang memudahkan segala aktivitas perbankan, tidak hanya transfer atau pembayaran namun beberapa bank sudah menyediakan layanan pembukaan rekening lewat aplikasi.

Selain itu beberapa bank juga sudah menghadirkan fitur mengurus ATM terblokir lewat internet banking.

  • Biasanya lewat fitur ini Anda tinggal menghubungi kontak bank lewat aplikasi chat.
  • Setelah itu Anda tinggal sampaikan keluhan dan penyebabnya.
  • CS akan meneruskan keluhan Anda ke bagian yang berwenang.
  • Namun perlu diketahui bahwa tidak semua kantor cabang menyediakan layanan mengurus ATM terblokir lewat internet banking.
  • Menghubungi Call Center

Beberapa bank juga menghadirkan pembukaan blokir ATM tanpa harus ke bank dengan menghubungi call center. Berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk atasi kartu ATM terblokir.

  • Siapkan nomor rekening, nomor ATM dan juga nomor KTP. Adapun hal ini untuk melakukan verifikasi bahwa Anda memang pemilik kartu ATM tersebut.
  • Hubungi Call Center Bank sampaikan keluhan maka CS akan melakukan pengecekan data yang ada di sistem bank.
  • Jika data Anda sudah sesuai maka CS akan menanyakan apakah Anda masih ingat PIN ATM atau tidak.
  • Jika masih ingat, maka kartu ATM akan digunakan kembali dengan pin awal saat ATM terblokir.
  • Mengurus Langsung ke Bank

Solusi paling efisien saat mengalami ATM terblokir adalah dengan langsung datang ke bank. Meski biasanya mengurus perihal ini membuat Anda harus meluangkan waktu yang cukup banyak untuk berkunjung ke bank belum lagi menunggu antrian yang panjang.

  • Saat ingin membuka blokir ATM, pastikan datang ke bank pada hari dan jam operasional.
  • Anda wajib membawa buku tabungan, KTP sebagai identitas diri dan kartu ATM yang terblokir.

Sekarang tentu Anda sudah tahu apa saja penyebab ATM terblokir dan solusi yang bisa dicoba untuk membuka kembali blokiran tersebut. ATM yang diblokir ketika Anda sedang memiliki kebutuhan mendesak untuk ambil uang, memang sangat membuat panik. Misalnya saja ketika kebutuhan uang tersebut untuk bayar perbaikan mobil yang rusak terlebih untuk kategori rusak parah di mana membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Berbicara soal kerusakan mobil, penting bagi Anda untuk melindungi aset satu ini dengan punya asuransi mobil. Karena asuransi mobil dapat membantu Anda, untuk meringankan biaya perbaikan mobil itu sendiri baik untuk kerusakan ringan maupun berat. Untuk memilih asuransi mobil terbaik Anda bisa lakukan perbandingan lewat portal online Cekpremi. Di platform ini tentu Anda bisa menemukan pilihan asuransi mobil dari perusahaan terbaik, yang memberikan banyak keuntungan untuk para pemegang polis.

sumber :

Kata Data

Jumanto