Pentingnya Asuransi Perjalanan untuk Backpacker

Backpacker

Beberapa waktu belakangan ini, istilah backpacker menjadi tren di kalangan penyuka traveling. Istilah tersebut menjadi gebrakan baru di tengah pemahaman lama tentang apa itu traveling. Traveling atau perjalanan wisata selama ini dianggap sebagai perjalanan dengan banyak persiapan yang merepotkan dan barang bawaan yang memberatkan.

Sementara, backpacker diartikan sebagai perjalanan wisata dengan persiapan yang sedikit, terutama dalam hal membawa barang keperluan. Seorang yang melakukan perjalanan ini biasanya tidak akan membawa koper, melainkan hanya sebuah tas yang berisi beberapa barang yang benar-benar diperlukan.

Backpacker menjadi tren yang diganderungi anak muda. Sesuai dengan karakter mereka yang tidak suka hal yang rumit, tren perjalanan tersebut seolah menjadi pilihan baru yang sangat menyenangkan. Dengan hanya membawa sedikit barang, bukan hal yang tidak mungkin untuk menciptakan pengalaman perjalanan yang berkesan.

Sebagaimana perjalanan pada umumnya, backpacker juga sangat berisiko terhadap keselamatan. Oleh karena itu, perjalanan tersebut harus dipastikan aman dengan memiliki asuransi perjalanan. Apa itu asuransi perjalanan? Dan apa pentingnya punya asuransi perjalanan? Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Pengertian Asuransi Perjalanan

Dikutip dari OJK, asuransi perjalanan diartikan jenis asuransi yang bermanfaat sebagai perlindungan terhadap risiko finansial selama perjalanan dalam maupun di luar negeri. Perjalanan merupakan suatu hal yang berisiko dan tidak bisa ditebak apa yang bisa terjadi. Seringkali kemungkinan semacam itu menimbulkan kekhawatiran.

Asuransi penting dimiliki untuk mengurangi kemungkinan kerugian dan risiko akibat perjalanan. Sehingga perjalanan bisa dilakukan dengan lebih tenang dan nyaman. Manfaat yang demikian tentu merupakan hal yang diharapkan oleh para penyuka traveling agar hobinya melakukan perjalanan tidak terhambat apapun.

Selain sebagai jaminan keselamatan, asuransi perjalanan juga merupakan dokumen penting yang wajib dimiliki. Beberapa negara besar di dunia memberikan syarat yang wajib dipenuhi oleh wisatawan yang datang, salah satunya memiliki asuransi perjalanan. Jadi asuransi jenis ini sebenarnya memiliki manfaat yang lebih luas.

Cakupan Asuransi Perjalanan

Setelah mengetahui pengertian backpacker, Anda juga perlu memahami cakupan asuransi perjalanan atau apa saja risiko yang ditanggung oleh asuransi tersebut. Risiko yang ditanggung meliputi hal-hal yang tentu berhubungan dengan perjalanan tersebut. Berikut ini adalah cakupan asuransi perjalanan.

1.Pembatalan Perjalanan

Tidak hanya perjalanan yang menggunakan transportasi udara, risiko pembatalan perjalanan juga mungkin menimpa wisatawan yang menggunakan alat transportasi lain, seperti bus, kereta dan kapal laut. Alasannya bisa karena cuaca buruk atau kendala teknis. Jika mengalami situasi ini, Anda dapat mengajukan klaim asuransi perjalanan untuk mendapatkan ganti rugi.

2. Keterlambatan Penerbangan

Selain pembatalan, keterlambatan penerbangan juga hal yang umum terjadi pada perjalanan yang menggunakan pesawat. Penyebabnya bisa karena cuaca buruk, bencana alam, kerusuhan atau masalah teknikal. Keterlambatan penerbangan bisa menjadi hal yang merugikan backpacker, sehingga kerugian dari situasi ini ditanggung oleh asuransi perjalanan.

3. Kehilangan atau Kerusakan Bagasi

Asuransi perjalanan juga memberikan perlindungan terhadap bagasi. Apabila Anda mengalami kehilangan atau kerusakan pada bagasi, Anda bisa mengajukan klaim asuransi perjalanan untuk mengurangi risiko kerugian. Cakupan ini tentu hanya berlaku bagi wisatawan yang menggunakan pesawat.

4. Pengobatan selama Perjalanan

Pengobatan selama perjalanan menjadi hal yang ditanggung oleh asuransi perjalanan, baik pengobatan karena sakit maupun kecelakaan. Cakupan ini berbeda dengan risiko yang ditanggung oleh asuransi kesehatan. Asuransi perjalanan tidak menanggung risiko dari penyakit yang sudah ada sebelumnya.

Jenis-jenis Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan bisa dimanfaatkan untuk kebutuhanan perjalanan apa saja, mulai dari perjalanan wisata hingga perjalanan bisnis. Namun jika Anda ingin melakukan perjalanan backpacker, Anda harus tahu jenis-jenis asuransi perjalanan agar bisa memilih jenis yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda. Berikut adalah pilihan asuransi perjalanan.

1.Asuransi Perjalanan Individu

Asuransi perjalanan individu (individual travel insurance) adalah asuransi untuk orang yang bepergian sendirian. Inilah jenis asuransi yang cocok untuk backpacker. Seperti namanya, polis yang berlaku di asuransi ini hanya untuk satu orang dalam satu kali perjalanan. Asuransi ini termasuk dalam persiapan melakukan perjalanan individu.

2. Asuransi Perjalanan Grup

Berbeda dengan jenis sebelumnya, jenis asuransi perjalanan ini berlaku untuk perjalanan beramai-ramai. Asuransi ini cocok untuk Anda yang suka berwisata bersama teman atau keluarga. Kelebihan asuransi perjalanan grup (group travel insurance) adalah harganya yang lebih murah karena berlaku untuk banyak orang.

3. Asuransi Perjalanan Tunggal

Tidak hanya dari jumlah orang yang bepergian, jenis asuransi perjalanan juga mencakup jumlah perjalanan yang dilakukan. Asuransi perjalanan tunggal (single trip insurance) berlaku untuk satu kali perjalanan. Jenis asuransi ini cocok bagi orang yang jarang melakukan perjalanan. Asuransi perjalanan tunggal termasuk kategori asuransi jangka pendek.

4. Asuransi Perjalanan Tahunan

Jika Anda sering bepergian untuk urusan pekerjaan, pendidikan atau liburan, Anda bisa memilih jenis asuransi perjalanan tahunan (annual trip insurance). Asuransi ini mencakup perjalanan yang dilakukan selama kurun waktu tertentu bahkan hingga satu tahun. Dengan memiliki asuransi ini, Anda tidak perlu mengurus asuransi baru setiap akan bepergian.

Manfaat Asuransi Perjalanan untuk Backpacker

Saat melakukan perjalanan, hal yang penting untuk diperhatikan tidak hanya kenyamanan transportasi yang digunakan dan kelengkapan barang yang dibawa. Keselamatan diri dan keamanan finansial juga hal penting yang harus diperhatikan. Asuransi perjalanan memberikan perlindungan pada perjalanan backpacker dengan beberapa manfaat.

Manfaat yang pertama dari asuransi perjalanan adalah ketenangan selama perjalanan. Anda tidak perlu khawatir atau takut akan berbagai risiko, seperti kecelakaan. Asuransi perjalanan bisa memberikan ganti rugi atas situasi buruk tersebut.

Selain itu, asuransi perjalanan juga memberikan perlindungan finansial. Anda akan terbebas dari kerugian materi karena pembatalan atau penundaan perjalanan. Jadi Anda bisa menggunakan kembali uang tersebut untuk perjalanan lainnya.

Terakhir, asuransi perjalanan bisa memberikan bantuan darurat. Termasuk jika Anda traveling sendirian atau backpacker, asuransi ini memastikan keamanan Anda. Asuransi perjalanan bisa menanggung biaya evakuasi medis dan pemulangan jenazah.

Dengan memiliki asuransi perjalanan, maka perjalanan Anda untuk urusan apapun bisa bebas dari rasa khawatir akan kerugian materi maupun masalah kesehatan. Jadi jangan ragu lagi untuk memiliki asuransi perjalanan.

Bingung mencari asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda? Kunjungi cekpremi.com untuk mendapatkan informasi tentang banyak pilihan produk asuransi dari jasa penyedia terbaik dan terpercaya.

Referensi:

Sikapi Uangmu