Bagaimana Memilih Asuransi Mobil yang Tepat? Simak Di Sini!

Bagaimana memilih asuransi mobil yang tepat

Saat punya mobil, tentu saja wajib melindungi aset satu ini dengan asuransi mobil. Anda juga tidak perlu susah untuk menemukan asuransi mobil karena ada banyak pilihan perusahaan asuransi yang menyediakan jenis asuransi kendaraan tersebut. Namun pertanyaannya di sini adalah bagaimana memilih asuransi mobil yang tepat?

Hal ini dikarenakan ketika memilih punya asuransi mobil tentu saja ada kewajiban untuk membayar premi. Premi dari asuransi mobil tentu biayanya besar sehingga Anda harus bijak dan tepat dalam memilih asuransi. Hal apa yang perlu dipertimbangkan?

Bagaimana Memilih Asuransi Mobil yang Tepat

Perlu diketahui bahwa tidak semua jenis asuransi mobil cocok untuk setiap mobil. Maka dari itu Anda wajib tahu cara cerdas bagaimana memilih asuransi mobil yang tepat.

Tentukan Jenis Asuransi Berdasarkan Kebutuhan

Tips memilih asuransi mobil adalah dengan menentukan jenis asuransi mobil sesuai dengan kebutuhan. Di mana ada tiga jenis asuransi mobil yang bisa dipilih yaitu All Risk , TLO dan juga TPL.

  • Asuransi mobil All Risk, merupakan jenis asuransi mobil yang menawarkan perlindungan lebih luas dan komprehensif, agar mobil mendapatkan perlindungan dari berbagai resiko yang mungkin terjadi baik kerusakan ringan maupun berat. Karena perlindungannya jauh lebih luas, jenis asuransi ini juga menawarkan premi yang lebih mahal.
  • Asuransi mobil TLO, untuk jenis asuransi ini perlindungan yang diberikan hanya untuk risiko kerusakan total atau kehilangan yang disebabkan oleh kecelakaan, pencurian, bencana alam dan faktor-faktor tertentu lainnya. Jadi jika mobil Anda mengalami kerusakan ringan, maka tidak bisa klaim asuransi jenis ini.
  • Asuransi mobil TPL, Third Party Liability atau TPL merupakan perlindungan asuransi baik kerusakan atau kehilangan pada pihak ketiga yang terlibat dalam kecelakaan. Pihak ketiga di sini ada pengendara mobil, pejalan kaki sampai pihak lain yang menderita kerugian akibat kecelakaan.

Tergantung Besaran Premi

Bagaimana memilih asuransi mobil yang tepat? Tentu saja harus dengan mempertimbangkan besaran harga premi. Premi biasanya dibayarkan setiap bulan atau tahunan, agar tetap bisa mendapatkan perlindungan asuransi kapanpun. Semakin besar biaya premi yang harus dibayar, biasanya semakin besar pula perlindungan yang akan Anda dapatkan.

Namun di sisi lain, pastikan besaran premi disesuaikan dengan keuangan dan juga kebutuhan. Seperti misalnya Anda yang tinggal di perkotaan tentu membutuhkan perlindungan kendaraan yang cenderung lebih sedikit dibanding yang tinggal di daerah. Dengan situasi tersebut jika premi yang terlalu tinggi dengan perlindungan yang terlalu luas, akan membuat uang yang Anda keluarkan bisa sia-sia..

Premi yang terlalu tinggi juga bisa memberatkan keuangan, jadi pastikan bijak dalam menentukan premi.

Perhatikan Syarat dan Ketentuan Polis Asuransi

Bagaimana memilih asuransi mobil yang tepat? Saat memutuskan untuk menggunakan asuransi mobil maka pastikan Anda membaca dan memahami syarat dan ketentuan polis. Pada polis asuransi, sudah tertera syarat dan ketentuan yang berisi apa saja hal yang bisa Anda lakukan dan tidak boleh saat mobil mengalami kerusakan atau kehilangan.

Tentu saja sebelum memilih asuransi yang tepat, Anda bisa bertanya kepada pihak perusahaan asuransi jika ada hal-hal yang belum dipahami terkait syarat dan ketentuan yang sudah tertera.

Kemudahan Klaim Asuransi

Bagaimana memilih asuransi mobil yang tepat? Tentu Anda harus perhatikan dari sisi kemudahan dalam klaim asuransi. Anda wajib memilih perusahaan asuransi terpercaya yang memang memberikan kemudahan, saat proses klaim apalagi dalam situasi darurat ketika mobil mengalami kecelakaan ataupun pencurian dan hal-hal tidak terduga lainnya.

Ketika proses klaim mudah dan cepat, maka Anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan penggantian biaya. Proses klaim yang mudah juga dapat mempersingkat waktu terutama bagi Anda yang punya banyak kesibukan.

  • Lakukan Perbandingan

Tidak ada salahnya membandingkan produk asuransi mobil yang memang sangat beragam saat ini, karena hanya mengetahui satu produk saja tentu tidak efektif. Dengan melakukan perbandingan maka Anda bisa tahu apa saja keuntungan yang didapatkan dari produk asuransi mobil yang satu dan lainnya sehingga bisa menemukan yang terbaik.

Tidak perlu melakukan perbandingan dengan survei ke perusahaan asuransi langsung, karena bisa buang waktu dan kurang efektif. Anda bisa mengunjungi situs resmi perusahaan asuransi atau memanfaatkan portal online yang memudahkan untuk membandingkan produk asuransi mobil yang satu dan lainnya agar bisa menemukan rekomendasi asuransi mobil terbaik.

Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Bagaimana memilih asuransi mobil yang tepat dan aman? Tentu saja harus dipertimbangkan dari sisi kredibilitas perusahaan apakah perusahaan asuransi yang dipilih memang dipercaya atau tidak. Bisa Anda lihat dari sudah berapa lama perusahaan asuransi tersebut berdiri dan pertimbangkan reputasi perusahaan asuransi di tengah masyarakat.

Perusahaan asuransi dengan reputasi yang baik, pastinya banyak dipilih oleh orang-orang bahkan populer di kalangan masyarakat. Sehingga sebenarnya tidak terlalu susah untuk menemukan perusahaan asuransi yang terpercaya saat ini.

Bengkel Rekanan Perusahaan

Bagaimana memilih asuransi mobil yang tepat, bisa ditinjau dari seberapa banyak bengkel rekanan yang dimiliki oleh perusahaan asuransi mobil. Anda wajib memilih perusahaan asuransi yang punya banyak bengkel rekanan terpercaya, sehingga memudahkan Anda untuk melakukan perbaikan.

Dengan banyaknya pilihan bengkel rekanan tentu saja memudahkan Anda untuk memilih bengkel yang jaraknya dekat dengan rumah. Sehingga saat ingin melakukan perbaikan mobil tidak membutuhkan waktu lama untuk pergi ke bengkel tersebut.

Itu tadi beberapa hal yang membahas bagaimana memilih asuransi mobil yang tepat, aman dan membuat nyaman sebagai pemegang polis asuransi. Anda tentu tidak boleh salah pilih asuransi mobil apalagi hanya mempertimbangkan berdasarkan rekomendasi teman saja. Sangat penting bagi Anda untuk mempertimbangkan dari berbagai sudut pandang untuk menemukan produk asuransi mobil terbaik.

Jika masih cukup sulit untuk memilih asuransi mobil yang tepat pastikan untuk melakukan perbandingan lewat portal online Cekpremi. Di Cekpremi, Anda tidak perlu susah untuk mengunjungi website resmi perusahaan asuransi mobil satu persatu. Tinggal buka website Cekpremi, bisa temukan beragam pilihan perusahaan asuransi mobil. Lalu kemudian lakukan perbandingan untuk mendapatkan asuransi mobil terbaik sesuai dengan kebutuhan dan juga kemampuan untuk bayar premi.