7 Bahan Bakar Ramah Lingkungan Mampu Menyelamatkan Bumi

bahan bakar ramah lingkungan

Bahan bakar ramah lingkungan adalah solusi untuk menyelamatkan bumi yang sampai hari ini masih terus dikembangkan. Pasalnya sampai saat ini penggunaan bahan bakar fosil masih belum bisa dihapuskan sepenuhnya.

Penting bagi Anda para pengguna energi untuk menggerakkan kendaraan seperti motor, mobil untuk mengetahui seperti apa bahan bakar terbarukan. Jangan sampai saat penggunaannya sudah meluas Anda masih ketinggalan menggunakan bahan bakar fosil. Yuk ikuti informasinya.

7 Bahan Bakar Ramah Lingkungan untuk Melindungi Bumi

Dampak buruk penggunaan bahan bakar fosil sejak ratusan tahun lalu akhir-akhir ini sangat terasa. Cuaca semakin panas setiap tahunnya diikuti dengan perubahan iklim ekstrim yang membuat gagal panen terus menerus. Dampak yang merugikan ini tentunya harus segera diatasi dengan benar.

Selain itu bahan bakar fosil termasuk yang tidak bisa diperbaharui dan semakin tahun jumlahnya menipis. Saat inilah bahan bakar ramah lingkungan diperlukan, demi memperbaiki cuaca, iklim dan membuat lingkungan di masa depan menjadi lebih baik.

Lalu apa saja bahan bakar yang ramah lingkungan ini? Seperti apa proses pembuatan dan apakah terdapat dampak yang signifikan? Simak deretannya berikut:

  • Listrik

Sudah cukup banyak kendaraan baik itu motor dan mobil yang diciptakan dengan memanfaatkan tenaga listrik. Kendaraan yang menggunakan energi listrik tidak menimbulkan emisi, sehingga sangat aman untuk lingkungan.

Listrik dihasilkan dalam bentuk baterai yang bisa diisi ulang. Pada prosesnya sel bahan bakar listrik diproduksi dari reaksi kimia. Energi bisa dihasilkan ketika oksigen dan hidrogen bercampur sehingga bisa menggerakan kendaraan.

Jauh lebih efisien dibandingkan bahan bakar fosil, sayangnya penggunaan kendaraan listrik masih belum menyeluruh. Selain itu belum banyak pula pos pengisian listrik yang sangat membantu ketika Anda melakukan perjalanan jarak jauh.

  • Biogas

Tidak hanya kendaraan, energi yang digunakan untuk memasak atau bahan bakar pembangkit generator juga banyak yang mengandalkan bahan bakar fosil. Kini telah muncul biogas yang jadi bahan bakar alternatif ramah lingkungan.

See also Sederet Harga Mobil Bekas di Bawah 50 Juta Terbaik

Biogas merupakan bahan bakar yang terdiri dari gas metana dan gas lainnya. Gas ini dihasilkan dari fermentasi bahan organik, misalnya kotoran hewan atau manusia. Ada juga yang berasal dari sisa sampah organik. Beberapa rumah tangga di Indonesia bahkan telah memanfaatkan sampah organik untuk menghasilkan biogas mandiri.

Satu hal yang harus diperhatikan saat menggunakan biogas adalah harus dengan kehati-hatian. Pasalnya, gas metana yang menjadi sumber utamanya memiliki kandungan metana terbesar dan mudah terbakar.

  • Bioetanol

Bahan bakar ramah lingkungan yang selanjutnya sangat populer akhir-akhir ini. Proses pembuatan bahan bakar ini mirip dengan bir yaitu dengan fermentasi mikroba pada gula. Oleh karena itu dibutuhkan tanaman yang ditanam secara khusus seperti kentang, jagung, singkong dan juga tebu.

Penggunaannya sangat bervariasi, bioetanol bisa digunakan secara mandiri atau sebagai bahan campuran bensin. Menariknya tidak perlu adanya modifikasi mesin pada kendaraan supaya bisa menggunakan bioetanol.

Selain itu bioetanol juga mampu membantu pelumasan mesin sehingga meminimalisir keausan. Mesin pun tidak cepat panas dan tidak mengeluarkan emisi. Saat ini bioetanol banyak digunakan di beberapa wilayah Amerika Serikat dan Brazil.

  • Biodiesel

Industri perkapalan sudah menerapkan penggunaan biodiesel beberapa tahun terakhir menggantikan solar. Bahan bakar yang dibuat dari minyak nabati ini dibuat dengan menciptakan reaksi kimia minyak dan alkohol. Biaya untuk pembuatannya pun jauh lebih murah dibandingkan bahan bakar fosil.

Sifat pembakarannya mirip dengan solar, oleh karena itu dijadikan sebagai pengganti solar. Namun biodiesel jauh lebih ramah lingkungan. Rata-rata transportasi umum seperti bus saat ini juga sudah mulai beralih menggunakan biodiesel di Indonesia.

  • Biopelet

Mirip dengan biogas, bahan bakar ramah lingkungan biopelet juga memanfaatkan sampah seperti ampas kelapa, serbuk gergaji dan juga ampas kopi. Bahan baku yang mudah didapatkan membuat bahan bakar ini jauh lebih murah. Jika biogas mengandung gas metana, biopelet tidak berbahaya sama sekali.

See also Glass Coating, Solusi Perlindungan Cat Mobil

Pasalnya bahan bakar ini mengandung sedikit polutan air dan udara serta menghasilkan CO2 yang rendah. Penggunaannya minim risiko kebakaran dan sebagian besar masyarakat telah mulai beralih menggunakan biopelet.

Prinsip pembuatannya adalah dengan memasukkan bahan baku yang sudah dikeringkan secara terus menerus di lingkaran baja yang memiliki lubang. Bahan baku yang dikeringkan juga sudah disaring dan dihaluskan dengan teknik penyaringan khusus.

  • Dimetil Eter (DME)

Bahan bakar ramah lingkungan contohnya sangat banyak seperti DME yang banyak juga digunakan untuk kendaraan. Bahan dasarnya adalah metanol atau gas alam yang juga sering digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, pembangkit listrik bahkan sebagai bahan baku produk kimia.

Mengapa DME masuk kategori ramah lingkungan, karena non toksik dan rendah tekanan. Bahkan DME disebut-sebut sebagai bahan bakar masa depan karena bisa digunakan untuk menggantikan gas elpiji. Komposisi 20% DME dan 80% elpiji bisa dimanfaatkan pada kompor gas eksisting.

  • Biosolar B30

Meskipun tidak meninggalkan bahan bakar fosil sepenuhnya, namun Biosolar B30 yang terbuat dari 30% solar dan 70% minyak nabati cukup ramah lingkungan. Minyak nabati yang dipilih adalah crude palm oil.

Penggunaan Biosolar B30 menciptakan residu pembakaran lebih bersih sehingga mampu meminimalisir emisi karbon. Kelebihan lain adalah dengan adanya minyak nabati sebagai bahan bakar, membuat petani kelapa sawit semakin berdaya.

Campuran minyak nabati juga bisa mengatasi kelangkaan minyak bumi sebagai bahan utama pembuatan solar. Satu-satunya kekurangan adalah tidak bisa digunakan untuk kendaraan yang membutuhkan kecepatan tinggi.

Bahan bakar ramah lingkungan diperlukan untuk mengurangi dampak pemanasan global. Banyaknya pilihan bahan bakar membuat Anda bisa lebih aman dan nyaman berkendara di masa depan. Begitu juga dengan Anda yang saat ini sudah menggunakan motor atau mobil listrik.

See also Fungsi Evaporator AC Mobil Serta Cara Merawatnya

Lebih aman dan nyaman lagi jika Anda telah memiliki asuransi mobil sebagai perlindungan penting saat berkendara. Cekpremi dapat membantu Anda untuk menemukan asuransi yang tepat dengan menyajikan informasi seputar asuransi mobil secara lengkap.

Anda bisa memasukkan informasi lengkap mengenai mobil yang digunakan saat ini baik pribadi maupun untuk bisnis. Saat informasi asuransi mobil muncul Anda bisa membandingkan satu sama lain untuk mendapatkan yang paling tepat. Kunjungi Cekpremi sekarang agar tidak ketinggalan informasinya.

Sumber:

Shell