Otomotif

Baru Mejeng di IIMS 2024, Deretan Mobil Ini Banyak Diminati

Ajang bergengsi Indonesia International Motor Show atau IIMS 2024 usai diselenggarakan 15-25 Februari kemarin. Tema yang diusung pada tahun ini adalah “Your Infinite Autotainment Experience” yang maknanya adalah menciptakan pengalaman tanpa batas untuk pengunjung. 

Benar saja, dengan harga tiket Rp50.000-Rp150.000, seluruh pengunjung dimanjakan oleh berbagai mobil baru dari berbagai merk ternama. Berbagai merk kendaraan motor dari berbahan bakar bensin hingga listrik terbaru ada di sini. Lantas apa saja mobil yang baru launching dengan nilai jual terbaik? 

Deretan Mobil Baru di IIMS 2024 yang Paling Laris

Berawal dari tahun 1989, IIMS dulunya bernama Jakarta Auto Expo diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC). Sejak tahun tersebut, perkembangan pameran otomotif ini pun semakin besar menyusul banyaknya perusahaan mobil yang masuk ke Indonesia. 

Sempat pula berganti nama menjadi Gaikindo Auto Expo, pameran yang berlangsung di tahun 2006 beralih menjadi skala internasional. Bahkan pada tahun 2013, pameran tersebut masuk kategori terbesar se-Asia Pasifik dengan total transaksi mencapai 4,9 miliar rupiah. 

Perkembangan dari tahun ke tahun menandakan bahwa IIMS menjadi ajang yang paling dinantikan. Menariknya pada tahun 2024 ini, total penjualan mencapai angka 9,7 triliun rupiah yang meningkat 27,7% dari tahun lalu. 

Pada IIMS 2024 sederetan perusahaan otomatis mengeluarkan mobil-mobil seri terbarunya. Di antaranya yang memiliki nilai jual terbaik sebagai berikut:

All New Kijang Innova Zenix HEV

Toyota yang tidak pernah melewatkan IIMS ikut mengeluarkan mobil terbarunya yaitu All New Kijang Innova Zenix HEV. Mobil keluarga yang bisa menampung 7 orang penumpang ini menjadi salah satu yang terlaris di IIMS dengan angka pemesanan unit (SPK) 411 unit. 

Mengandalkan mesin hybrid yang hemat bensin, ini ditenagai oleh mesin canggih TNGA 2.0 yang diklaim memiliki kinerja optimal. Demi menjaga keberlangsungan mesin, pemilik kendaraan disarankan untuk rutin mengganti oli mesin. 

Daya tarik lain yang ditawarkan oleh mobil ini adalah menggunakan Aditif Synthetic Ester Technology yang bisa memaksimalkan potensi oli mesin. Berkat teknologi yang digunakan inilah banyak orang tertarik untuk membelinya. 

Honda WR-V

Honda turut beruntung mengikuti IIMS kali ini karena berhasil mendapatkan penjualan total 1.297 unit dengan seri Honda WR-V yang paling laris dibandingkan lainnya. Modal terbaru dari Honda ini masuk kategori mobil crossover dengan 5 seater

Mobil yang juga ditenagai oleh dua mesin ini memiliki kapasitas 1498 cc dan tersedia dalam transmisi manual serta CVT. Sistem keamanannya menggunakan Central Locking dan Power Door Locks terbaru. Mesinnya sendiri bisa memiliki tenaga sampai 119 hp dan torsi puncak 145 Nm. 

Mitsubishi Xpander Cross

Kabar baik datang dari Mitsubishi karena berhasil melebihi target penjualan yang tadinya 2.000 unit menjadi 2.719 unit. Mobil yang paling populer dari Mitsubishi adalah Xpander Cross. 

Ada cukup banyak pembaruan yang ditawarkan oleh Mitsubishi baik dari model grill depan yang baru hingga model T-Shape untuk lampunya. Dimensi mobil juga tampak lebih besar dibandingkan Xpander biasa dengan ground clearance yang lebih tinggi yakni 220. 

Sekali melihat mobil ini tampak lebih tangguh dan tidak kalah dengan mobil buatan Eropa. Bagian kabinnya juga dilengkapi dengan pengecasan nirkabel di area depan dan juga kamera 360. 

Jimny 5-door

Suzuki yang berhasil mendapatkan SPK lebih dari 1.200 unit diuntungkan dengan mobil barunya yaitu Jimny 5-door. Mobil yang tampak gagah ini sangat menarik banyak perhatian banyak pengunjung. 

Suzuki sendiri telah membuka permintaan inden untuk Jimny 5-door sejak 1 Januari hingga 15 Februari 2024. Namun dengan hadirnya di ajang IIMS, terjual sebanyak 263 unit yang di luar ekspektasi. 

Suzuki New XL7 Hybrid

Suzuki juga mengeluarkan mobil terbarunya di IIMS 2024 Indonesia yang juga mengusung sistem hybrid. Kendaraan yang ramah lingkungan ini memiliki desain maskulin dan juga tangguh, berhasil mencetak SPK hingga 508 unit. 

Varian mobil SUV dari Suzuki ini menggunakan mesin K15B terbaru yang dikombinasikan dengan Smart Hybrid Vehicle. Baterainya sendiri menggunakan Lithium-ION yang bisa menyimpan energi ketika kecepatan mobil menurun. Garansi baterainya sendiri sampai 8 tahun. 

Omoda E5

Meskipun tidak sebanyak SPK dari merk mobil lain, namun Chery Sales Indonesia masuk kategori yang berhasil melakukan penjualan terbanyak. Ada 864 unit mobil yang berhasil dijual dan angka terbanyak ada di mobil listrik keluarannya yaitu Omoda E5. 

Omoda E5 termasuk IIMS 2024 mobil baru yang jadi favorit dan mendominasi penjualan sebesar 80% dari Chery. Omoda E5 tampil lebih sederhana dibandingkan versi mesin bensinnya. Desainnya lebih ke arah futuristik dengan lampu LED panjang di bagian depan. 

Pada bagian kabin terdapat layar sentuh dengan model curve yang berukuran 24,6 inci. Kualitas gambar pada layar juga sudah HD dan dilengkapi juga dengan sistem audio dari Sony yang memukau. 

MG 4 EV

Salah satu produsen mobil terbaru di IIMS 2024 juga menorehkan angka SPK tertinggi sebanyak 1.668 unit untuk model EV. Mobil listrik yang ramah lingkungan ini merupakan produksi lokal yang bisa dibeli dengan harga 423 juta rupiah. 

MG sendiri menyediakan jaminan baterai sehingga memberikan keamanan bagi para konsumennya. Adanya garansi catu daya seumur hidup diberikan langsung oleh MG kepada 3 ribu konsumen pertamanya. 

Desainnya sendiri cukup agresif sekaligus maskulin di mana bagian depannya tampak lampu yang menyipit. Selain ini bagian pelek serta eksterior lainnya lebih ke arah futuristik yang elegan. 

Inilah deretan mobil baru yang terlaris di IIMS 2024 dan mampu memecahkan rekor penjualan. Jika dilihat dari antusiasme para pembeli, bisa dikatakan mobil menjadi kendaraan penting bagi masyarakat Indonesia. 

Bagi Anda yang sudah membeli mobil di IIMS pekan lalu atau sudah memiliki mobil sebelumnya penting pula untuk mendapat perlindungan dari asuransi mobil. Memiliki asuransi adalah jaminan terbaik soal perawatan mobil. 

Sedangkan pemilihan asuransinya bisa melalui Cekpremi yang siap menyuguhkan berbagai informasi produk asuransi mobil di Indonesia secara gratis. Anda hanya perlu mengunjungi Cekpremi sekarang juga untuk mencari dan membandingkan langsung. 

Meitha Kurniawati

Recent Posts

Begini Cara Menghitung Kapasitas AC Gedung Supaya Sesuai Kebutuhan

Semakin hari kita dihadapkan dengan perubahan iklim yang menyebabkan kenaikan suhu udara semakin tinggi dan…

July 5, 2024

8 Manfaat Peach Gum, Makanan Enak dan Baik Bagi Tubuh!

Peach gum belakangan ini memang sedang populer dikarenakan rasanya yang enak dan berbagai manfaat yang…

July 5, 2024

Rating NCAP adalah Awal Mula dan Manfaat dari Uji NCAP

Banyak yang belum mengenal apa itu rating New Car Assessment Program (NCAP) di Indonesia. Dengan…

July 2, 2024

5 Makanan Sehat Ini Bisa Cegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah suatu keadaan dimana kualitas serta kepadatan tulang kamu berkurang dengan sangat cepat. Penyakit…

July 2, 2024

Yuk Intip 5 Tips Susun Portofolio Investasi Pasca Kuliah

Setelah lulus kuliah, Anda perlu mulai memikirkan bagaimana agar kondisi finansial Anda semakin baik dari…

July 2, 2024

Bocoran Merek Mobil yang Akan Launching di GIIAS 2024

Sebagai pecinta otomotif, pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan pameran GIIAS. Melalui ajang ini,…

July 2, 2024